Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Berita: PNS Wajib Lakukan Registrasi Ulang melalui e-PUPNS
Jumat, 21 Agustus 2015-17:34:09WIB
Dibaca: 4011 kali

Foto berita

Pangkalan Kerinci - e-PUPNS merupakan bagian dari amanat pelaksanaan Undang-Undang No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, khususnya tentang sistem informasi ASN, untuk memperoleh data yang akurat, terpercaya dan terintegrasi, sebagai dasar kebutuhan dalam mengembangkan sistem informasi kepegawaian ASN yang mendukung pengelolaan manajemen ASN yang rasional sebagai sumber daya aparatur negara, dan mampu menyederhanakan birokrasi serta menciptakan administrasi kepegawaian yang terstruktur, serta untuk membangun kepedulian dan kepemilikan PNS terhadap data kepegawaiannya.

Pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil nasional merupakan kegiatan pemutakhiran data PNS yang dilakukan secara online dan dilaksanakan sejak bulan Juli dan berakhir pada Desember 2015. Untuk proses pemutakhiran data ini setiap PNS memulai dengan melakukan pemeriksaan data yang tersedia dalam database kepegawaian BKN dan selanjutnya PNS, melakukan perbaikan data yang tidak sesuai serta menambahkan/melengkapi data yang belum lengkap/tersedia di database BKN.

Pelaksanaan e-PUPNS ini berpedoman pada Peraturan Kepala BKN nomor 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015. e-PUPNS atau pendataan ulang PNS secara elektronik merupakan proses pendataan ulang PNS melalui sistem teknologi informasi yang meliputi tahap pemutakhiran data oleh setiap PNS, serta validasi dan verifikasi data secara menyeluruh oleh instansi pusat/daerah sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Melalui e-PUPNS di harapkan proses pemutakhiran data PNS dapat berlangsung lebih cepat dan efektif. PNS yang tidak memutakhirkan datanya akan mengalami kerugian, mengingat data mutakhir akan menjadi salah satu acuan penentuan grade yang berkorelasi dengan besaran tunjangan kinerja yang diterima.

Sebagai informasi, proses e-PUPNS merupakan kegiatan pemutakhiran data PNS yang dilakukan secara online melalui situs http://pupns.bkn.go.id dimulai tanggal 1 September 2015 s.d 31 Desember 2015. Untuk proses pemutakhiran data ini, setiap PNS memulai dengan melakukan pemeriksaan data yang tersedia dalam database kepegawaian BKN. Selanjutnya, PNS melakukan perbaikan data yang tidak sesuai serta menambahkan/melengkapi data yang belum lengkap/tersedia dalam database BKN.

Pengisian data dalam e-PUPNS dapat dilakukan melalui perangkat PC maupun perangkat mobile / smartphone. Dalam PUPNS 2015 Setiap Pegawai wajib melengkapi data isian yang ada, bagi PNS yang tidak melengkapi datanya, maka Pelayanan Kepegawaian akan dihentikan oleh BKN / Dianggap Pensiun. (Adr)


Berita Terkait