Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Berita: Calon Purna Bakti Ikuti Kursus Pembekalan di Kota Bandung
Selasa, 05 Maret 2013-15:09:25WIB
Dibaca: 1229 kali

Foto berita

Pangkalan Kerinci – Tiga Puluh Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan mengikuti Kursus Pembekalan (Suskal) terhadap PNS yang memasuki masa pensiun / Purna Bakti. Mereka terdiri dari 27 PNS laki-laki dan 3 PNS perempuan. Suskal ini diadakan selama lima hari, yaitu dari tanggal 26 Februari 2013 sampai dengan tanggal 2 Maret 2013 di kota Bandung.

BKD Kabupaten Pelalawan bekerjasama dengan PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional,Tbk (BTPN) mengadakan program suskal ini memiliki tujuan yaitu untuk dapat membantu para PNS mempersiapkan memasuki masa Purna Bakti dengan semangat “SIAP PENSIUN BAHAGIA”.

Program ini dikemas sedemikian rupa untuk memberikan pembekalan terhadap PNS dalam menjalani masa-masa Purna Bakti. Benefit yang diharapkan untuk peserta yaitu:

  • Memperoleh Kursus Pembekalan secara menyeluruh  
  • Membantu mempersiapkan diri memasuki masa purna bakti/pensiun dengan merubah paradigma dari pekerja menjadi pengusaha
  • Merupakan suatu program berkelanjutan melalui program Komunitas Daya BTPN 

Materi yang dikembangkan oleh panitia Suskal ini dimulai dari mempelajari perilaku peserta untuk membangun pola pikir. Dengan mengetahui perilaku, akhirnya peserta dapat mengetahui kegiatan yang dapat dilaksanakan di kemudian harinya sesuai bakat yang dimiliki peserta. Setelah peserta dapat mengetahui bakat yang dimiliki, peserta diharapkan mempu melakukan kegiatan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Dan akhirnya peserta Suskal diharapkan dapat mengimplementasikannya dengan baik untuk mencapai visi Siap Pensiun Bahagia tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pelalawan, Andi Yuliandri, ketika kami wawancarai menyatakan, “Kegiatan ini kita adakan agar para PNS yang memasuki masa Purna Bakti Tersebut mendapatkan suatu pencerahan. Kerena perlu diketahui oleh kita bersama, bahwa seseorang yang memasuki masa pensiun seringkali timbul pertanyaan-pertanyaan di benak mereka, Apa saja yang harus saya persiapkan? Apa yang harus saya lakukan?  Dan banyak lagi pertanyaan yang bermunculan sehingga tidak jarang menjadi beban pikiran bagi mereka. Untuk itu dengan diadakan program Suskal ini dapat menjadi acuan bagi seluruh peserta.”

Selain itu Andi pun menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membantu PNS yang mengikuti Suskal dapat menghindari efek Post Power Syndrome, yaitu suatu gejala yang terjadi di mana penderita hidup dalam bayang-bayang kebesaran masa lalunya apakah itu karirnya, kecantikannya, ketampanannya, kecerdasannya, atau hal yang lain, dan seakan-akan tidak bisa memandang realita yang ada saat ini. Seperti yang terjadi pada kebanyakan orang pada usia mendekati pensiun.

Hal ini selalu menjadi momok bagi seseorang yang mengalami beberapa peristiwa di dalam hidupnya. Beberapa contoh pada dunia kerja, diantaranya  ketika seseorang mengalami PHK,  atau ketika seseorang masa jabatan berakhir, SK-nya tidak diperpanjang, mengalami pensiun dini oleh berbagai sebab. Dan umumnya gejala ini terjadi pada orang yang tadinya mempunyai jabatan dan ketika jabatan itu sudah tak lagi dipegang, muncullah berbagai gejala kejiwaan atau emosional yang sifatnya kurang positif.

Untuk itu Andi berharap kepada semua peserta untuk dapat menjadikan Suskal ini sebagai pedoman menghadapi masa Purna Bakti tersebut, dan peserta dapat mengarahkan segala potensi yang dimilikinya ke arah yang lebih baik. (Adr)


Berita Terkait