Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

POLA HIDUP SEHAT
Rabu, 06 September 2017-16:15:14WIB
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 187 kali

Pola Hidup Sehat berarti kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan teratur menjadi kebiasaan dalam gaya hidup dengan memperhatikan hal-hal yang mempengaruhi kesehatan tubuh, baik dari konsumsi makanan dan minuman dan olah raga juga istirahat yang cukup. Pelaku pola hidup sehat akan selalu berusaha untuk setiap gerak gerik dalam hidupnya untuk selalu teratur dan seimbang dalam menjaga kesehatan tubuhnya.

Beberapa pola hidup sehat yang bisa anda terapkan sehari-hari :

Istirahat Yang Berkualitas

Tidur saat malam hari sepanjang enam hingga delapan jam dalam sehari amat baik untuk kesehatan. tubuh dapat bekerja mengobati dirinya sendiri waktu anda tertidur. disamping itu juga bisa menyingkirkan stress dikarenakan orang yang kurang tidur kandungan kortisol atau hormon stress dapat lima puluh persen semakin banyak di aliran darah di banding mereka yang tidur cukup. istirahat yang berkwalitas pada malam hari juga bisa menambah kekebalan tubuh dari penyakit.

Merubah Pola Pikir

Perihal yang sangat mendasar untuk menggerakkan gaya hidup sehat ubah pola pikir agar hidup akan serius mencanangkan hidup sehat. sekurang-kurangnya harus ketat mempunyai prinsip untuk menggerakkan pola hidup sehat serta praktiknya layaknya agama, dengan mesti melacak orang atau sosok yang betul-betul dapat sebagai teladan serta akan menyadarkan pentingnya hidup sehat.

Hidup Sehat Dengan Berolahraga

Orang yang rajin berolahraga dapat memiliki daya tahan tubuh yang tambah baik. disamping itu olahraga juga mempunyai banyak faedah yang lain antaralain membuat lancar aliran darah ke beberapa sel otak, metabolisme serta pergantian beberapa sel tubuh berlangsung lebih cepat hingga bikin awet muda, olahraga teratur serta teratur amat pas melindungi tubuh kita dari tumpukan lemak sumber penyakit, serta menambah rasa yakin diri.

Meminum Banyak Air

Amat dianjurkan untuk konsumsi antara delapan sampi sepuluh gelas air dalam sehari. hal ini merupakn panduan yang dapat dikerjakan yaitu dengan minum segelas air sebelum saat makan. terkadang kita tidak betul-betul lapar namun cuma dehidrasi.

Mempunyai Lingkungan Yang Sehat

Pola hidup dibentuk oleh lingkungan. jika anda pingin menukar pola hidup mesti diawali dari lingkungan. ubahnya bermakna anda dapat mempunyai banyak rekan untuk berkomitmen mengaplikasikan hidup sehat.

Makan Buah buahan Fresh

Tahukah anda waktu paling baik makan buah yaitu di antara waktu makan atau sebelum saat makan ? waktu makan buah setelah makan, daya buah cuma dapat disimpan tubuh serta tidak dipakai.

Jauhi Makanan Berlemak

Kurangi terlampau banyak mengomsumsi makanan gorengan, serta makaan yang memiliki kandungan protein serta lemak yanng culkup tinggi seperti makan jeroan.

Kurangi Minuman Memiliki Kandungan Gula

Ada baiknya kurangi minuman yang memiliki kandungan kadar gula yang tinggi, karena gula dapat mempercepat dampak penuaan, obesitas yang menyebabkan pada penimbunan lemak di lever. bisa gunakan pemanis alami layaknya gula aren daripada gula pasir.

Komsusi Suplemen

Ada baiknya Anda memasukkan suplemen sebagai suplemasi tambahan untuk menolong mencukupi nutrisi yang kurang didalam tubuh Anda.

Menghirup Hawa Segar

Dengan anda menghirup Udara fresh itu berarti anda sudah melindungi kesehatan paru-paru. Anda tak perlu pergi ke pegunungan atau tempat pedesaan untuk memperoleh udara yang cukup segar. pola hidup sehat ini bisa anda kerjakan menghirup udara dipagi hari serta upayakan anda terhindar dari lingukungan yang sudah tercemar layaknya asap rokok. disamping itu, Anda juga mesti selalu memeliara kebersihan perabot ditempat tinggal , hedaknya menjaga kebersihan kipas angin serta rutin membersikan AC jika ada.

Hindari Makanan Yang Mengandung Pengawet

Batasilah memakan makanan yang diolah dengan suhu tinggi, serta lama atau dengan pengolahan spesifik yang dapat menyebabkan prokarsinogen layaknya makanan yang diasinkan, diasap, dibakar, dan dipanggang hingga hangus. ada baiknya Anda mengomsumsi makanan yang sudah direbus.

Mengawali Program Olahraga Dengan Teratur

Bila anda tidak memiliki rutinitas berolahraga awalilah dengan latihan mudah serta perlahan-lahan beranjak ke type yang lebih berat. pastikan olahraga yang beri kesegaran, layaknya jalan-jalan saat pagi hari.

Jauhi Berat Badan Berlebih atau Kegemukan

Timbanglah berat badan sekali dalam 1 minggu, penelitian menbuktikan bahwa, efek dari kegemukan sangat beresiko berlangsungnya kanker semakin besar terutama kanker payudara, rahim, usus besar, lambung, ginjal, dan kandung empedu., khusnya bagi kaum wanita

Penuhi Konsumsi Protein

Sebagian sumber protein yang amat baik meliputi ikan, kacang-kacangan, serta daging. tubuh memerlukan protein untuk perkembangan serta ganti beberapa sel yang rusak.

Sebagian Makanan Yang Perlu Dihindari

Makanan yang baiknya dihindari meliputi kentang, roti putih, oatmeal instan, serta kentang goreng. alasannya yaitu makanan ini dapat cepat dipecah tubuh jadi gula.

Berpikir Positif Serta Menghindari Diri Dari Stress

Senantiasa berpikir positif dapat bikin anda jadi bahagia serta dengan demikian kesehatan rohani anda lebih terjaga. berpikirlah positif serta optimis dan selalu bersyukur pada nikmat yang didapatkan tuhan. serta sambutlah hari esok yang lebih cerah.

Bila kita menerapkan pola hidup sehat maka akan mendapatkan berbagai manfaat dalam hidupnya, berikut ini akan dijelaskan berbagai manfaat yang didapatkan bila menerapkan pola hidup sehat.

Contoh menerapkan pola hidup sehat adalah sebagai berikut ini :

  • Bangun pagi sebelum matahari terbit.
  • Berdoa dan ibadah, yakinkan diri untuk mengisi hari ini dengan hal terbaik dan pikiran maupun perbuatan yang positif. Yakini anda bisa melakukan yang terbaik dan bisa bermanfaat untuk orang lain, minimal bermanfat untuk diri sendiri.

 

 

  • Minum air putih secukupnya dengan asumsi dalam sehari memenuhi kebutuhan air yang diperlukan tubuh. Bisa menambahkan madu, karena banyak sekali manfaat madu bagi tubuh dari memberikan kekuatan juga bisa memperbaiki sel-sel yang rusak dan menyegarkan kembali tubuh.
  • Lakukan olah raga ringan bisa dengan jalan-jalan bersama teman atau keluarga di tempat yang rindang banyak pohon dan tempat yang menarik dan menyenangkan.
  • Makan dengan makanan yang bergizi seimbang, sebaiknya makan buah-buah terlebih dahulu baru makan inti dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dan kandungan lainnya yang diperlukan tubuh mencukupi. Banyak menu sehat untuk pagi hari, siang dan makan malam, silahkan mencari berbagai menu sehat tersebut. Makan sayuran hijau sangat penting untuk kebutuhan tubuh agar terjaga kesehatannya.
  • Lakukan berbagai aktivitas kegiatan dirumah secara teratur seperti membesihkan rumah dan menjaganya tetap bersih, meletakkan sesuai tempatnya dan merapikan berbagai perlengkapan rumah tangga. Sapa semua penghuni rumah dengan senyuman dan beri perhatian juga kasih sayang.
  • Bekerjalah dengan semangat yang membara dalam menjemput rizki, bila kalian seorang pelajar maka bersemangatlah dalam mencari ilmu dan yakinilah ilmu itu akan bermanfaat untuk menyongsong masa depan lebih baik dan indah.
  • Istirahat yang cukup dan sesuai prosedur yang baik, perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh, umur dan jenis kelamin untuk setiap orang terkadang ada perbedaan untuk itu perlu penyesuaian yang seimbang. Jangan berlebihan juga jangan kekurangan dalam istirahat dalam sehari.

Manfaat Pola Hidup Sehat

  1. Badan sehat dan segar bugar
  2. Kualitas hidup lebih meningkat
  3. Terhindar dari berbagai macam penyakit
  4. Menjaga daya tahan tubuh tetap dalam kondisi fit stabil
  5. Jasmani, hati dan pikiran akan dapat berfungsi secara baik dan berkualitas
  6. Dapat beraktivitas secara maksimal dan mampu menggunakan potensi dengan optimal
  7. Meningkatkan mood dan memberikan ketenangan hati
  8. Tubuh tidak mudah capek dan pegal karena metabolisme lancar
  9. Jantung kuat, peredaran darah lancar dan suasana hati jadi baik sehingga terhindar dari rasa cemas atau depresi.

Masih banyak lagi manfaat menerapkan pola hidup sehat, pastinya akan mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani dan mampu memaksimalkan segala potensi secara maksimal sehingga menghasilkan karya terbaik dalam hidup ini.

Bila setiap orang melakukan pola hidup sehat secara teratur dan bijaksana maka bisa dipastikan bahwa setiap orang bisa merasakan Manfaat Pola Hidup Sehat dan dalam kehidupan bermasyarakat akan lebih sehat baik individualnya maupun sosialisasinya. Bagi kesehatan masyarakat Indonesia pola hidup sehat akan mampu mengurangi banyaknya masyarakat yang berpenyakit dengan berbagai jenis penyakit yang menyerang. Dengan pola hidup sehat akan mampu menciptakan masyarakat Indonesia sehat yang makmur, tentram dan kehidupan akan tercipta lebih aman dan nyaman juga akan merasakan kebahagian satu sama lain. (nsi).

 


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)