Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

OLAHRAGA RINGAN YANG BAIK UNTUK KESEHATAN JANTUNG
Selasa, 01 Agustus 2017-10:16:50WIB
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 132 kali

Kesehatan merupakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Tuhan YME kepada hamba-Nya. Tanpa kesehatan, hidup tak akan berarti. Namun terkadang orang lupa akan nikmat kesehatan yang dimilikinya karena terhanyut akan mimpi-mimpi indahnya.

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, mengingat jantung sebagai organ utama dalam saluran peredaran darah. Dari itu penting bagi kita untuk melakukan pencegahan dini agar tidak mengalami gangguan ke depannya.

Jantung merupakan organ utama dalam menentukan hidup manusia dan sentral organ yang menentukan reaksi kinerja organ tubuh yang lain. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi kita terutama yang sudah menginjak usia 40 tahun ke atas untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Waspadai Nyeri Dada

Rasa nyeri pada bagian dada seringkali dianggap remeh dan diabaikan oleh sebagian orang.Bahkan, ada persepsi bahwa keluhan fisik itu merupakan tanda-tanda masuk angin yang bisa diatasi dengan mudah. Padahal, nyeri pada dada itu bisa jadi merupakan gejala seseorang menderita penyakit jantung.

Ada beberapa keluhan penyakit jantung yang sering diabaikan masyarakat hingga akhirnya penyakit yang diderita bertambah parah. Sejumlah keluhan terutama pada usia 40 tahun keatas yang patut diwaspadai sebagai gejala penyakit jantung adalah

  • Nyeri dada.
  • Berdebar-debar.
  • Cepat letih.
  • Sesak nafas
  • Ada riwayat sering pingsan
  • Sesak nafas bila tidur terlentang.
  • Beberapa organ tubuh membiru.
  • Perut dan bagian kaki membengkak.
  • Perut dan bagian kaki membengkak.

Gejala lain yang dialami ketika seseorang terserang penyakit jantung adalah rasa nyeri yang hebat disertai muntah. Tempat nyerinya ada pada bagian belakang tulang dada, kemudian menjalar ke leher dan bahu. Lokasi lain adalah dari dada menjalar ke rahang, kemudian ulu hati dan di daerah punggung di antara kedua belika

Selain menerapkan pola makan yang sehat untuk menjaga kesehatan jantung diperlukan juga gaya hidup yang sehat, salah satunya dengan rajin melakukan olahraga.

Olahraga teratur memiliki efek menguntungkan pada banyak faktor risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Jantung dan Penyakit Kardivaskular

         Menurunkan berat badan

         Menurunkan tekanan darah

         Mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL)

         Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

      •         Meningkatkan sensitivitas insulin.

Olahraga yang teratur dikombinasikan dengan merubah gaya hidup lainnya (seperti memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat, berhenti merokok dan mengkonsumsi obat jantung koroner dapat menjauhkan risiko penyakit jantung koroner. Para ahli kesehatan banyak yang menyarankan supaya rutin melakukan olahraga minimal 75 sampai 150 menit per minggu untuk menjaga kesehatan jantung dan juga untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Dengan melakukan olahraga secara teratur dan disiplin tubuh kita bisa semakin sehat dan bugar serta terhindar dari risiko penyakit jantung koroner dan penyakit kronis lainnya. Banyak jenis olahraga yang baik untuk kesehatan jantung, hal yang perlu diperhatikan adalah jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatan jantung Anda.

Setiap individu memiliki tingkat kekuatan jantung yang berbeda-beda, jadi sebelum Anda melakukan oleharaga berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter. Jangan sampai Anda salah memilih jenis olahraga yang justru dapat memperparah kondisi kesehatan jantung Anda atau bahkan sampai mengancam nyawa Anda.

Jenis Olahraga Ringan Untuk Kesehatan Jantung

Berikut ini adalah jenis olahraga ringan untuk menjaga kesehatan jantung yang dapat Anda lakukan bersama keluarga tercinta.

·         Jalansantai
Anda bisa melakukan jalan santai baik di alam terbuka maupun di rumah dengan menggunakan treadmill. Olahraga ringan ini bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh dan sangat baik untuk pasien jantung. Anda bisa melakukan jalan santi di sekitar rumah Anda pada waktu pagi atau sore hari.

·         Jogging
Lari santai atau jogging sama halnya dengan jalan santai dapat dilakukan setiap hari. Jogging merupakan olahraga ringan yang bisa membuat jantung tetap sehat, menjaga daya tahan tubuh, menambah kebugaran tubuh serta meningkatkan kesehatan jantung.

·         Bersepeda
Besepeda bersama keluarga tercinta pada pagi atau sore hari selain menyenangkan juga dapat menyehatkan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Bersepedah merubapakan olahraga kardiovaskular yang berfungsi untuk melatih ketahanan jantung, melatih persendian dan otot.

·         Berenang
Manfaat berenang selain untuk melatih paru-aru juga bermanfaat untuk melatih katahanan jantung, dua setengah jam berenang per minggu akan memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan jantung. Kelebihan lain dari olahraga ringain ini adalah berenang tidak memberikan tekanan yang lebih pada tulang dan persendian, hal ini bermanfaat bagi Anda yang sedikit kelebihan berat badan atau memiliki masalah persendian seperi arthritis.

·         Berdansa atau menari

Berdansa secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Anda hanya perlu sepatu yang baik, sebuah ruangan dan musik yang Anda sukai. Lakukanlah aktifitas berdansa atau menari sesuai kemampuan Anda dan yang tebaik adalah

sampai denyut jantung Anda antara 120-135 denyut per menit untuk melatihan ketahanan jantung.

Jenis Makanan Sehat Untuk Jantung

 

Berikut ini adalah makanan yang akan membuat jantung Anda sehat. Ini merupakan hasil penelitian asosiasi kesehatan Amerika. 

·     Asparagus Sayur hijau ini ampuh untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Kandungan folate, vitamin C dan vitamin D akan menghindari jantung Anda dari radang.

·    Almond Kacang Almond mengandung vitamin B2 (riboflavin), vitamin E, magnesium dan zinc yang secara keseluruhan akan membuat jantung Anda berada dalam ‘mood’ yang baik.

·       Teh Hijau. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang baik bagi jantung

·       Susu Kedelai. Sebagai pengganti susu hewan ternak

·     Blueberry Hampir semua buah segar baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak perlu diolah macam-macam, Anda langsung bisa mengonsumsinya.

·   Brokoli Brokoli mengandung vitamin B dan foliacid, di mana keduanya membantu mengurangi stres dan kepanikan. Tiriskan lalu masukkan ke dalam wadah di dalam freezer.

·      Tahu. Makanan murah yang ternyata baik untuk jantung.

·    Salmon Dan Ikan Lainnya Mayoritas ikan laut mengandung vitamin B6 dan B12 yang bisa membantu tubuh menghasilkan serotonin, zat yang akan membuat foodlovers rileks dan bahagia.

·     Daging Tanpa Lemak Daging tanpa lemak kaya akan zat besi, zinc, vitamin B yang keseluruhan akan membuat Anda lebih tenang.

·    Gandum Utuh Gandum utuh kaya akan serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, gandum utuh akan memasok serotonin yang akan membuat Anda merasa bahagia.

·     Ubi Manis Tanaman umbi-umbian yang mirip dengan kentang ini mengandung antioksidan yang akan membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

·     Kacang hijau atau kacang merah. Mengandung omega 3 dan vitamin B. Sangat bagus disajikan dalam sup.

·     Wortel. Selain untuk mata baik juga untuk jantung.

·   Coklat Bukan sembarang coklat, tetapi dark chocolate (dengan kadar cocoa setidaknya 75%) akan baik untuk meredakan stres dan baik untuk jantung Anda. Semua nutrisi baik itu juga akan baik untuk jantung Anda. Anda bisa menyimpannya di dalam lemari pendingin dan akan tahan selama seminggu. Daging tanpa lemak ini paling baik foodlovers sajikan dalam bentuk steak.

·         Biji Kenari. Selain almonds, biji kenari sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu mudah didapat dan murah.

·         Beras Merah. Bosan mengkonsumsi beras biasa, cobalah dengan mengganti Beras Merah.

·         Bayam. Ternyata makanan serial tokoh kartun popeye, benar-benar bermanfaat bagi tubuh.

·         Jeruk. Enak dan bervitamin.

·         Tomat. Gunakan dalam masakan, jangan lupa untuk memakannya.

·         Belewah/Semangka. Sangat baik dimakan sebagai pencuci mulut.

·         Buah Pepaya.Mudah diperoleh setiap saat.

 

Percayalah, kesehatan adalah harta yang tak ternilai. Ungkapan itu masih relevan sampai sekarang. Sebelum mengalami sakit, marilah jaga kesehatan. Selalu ingatlah bahwa kesehatan yang penting untuk dijaga karena kesehatan merupakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Allah SWT untuk makhlukNya. Kita bertugas untuk menjaganya dengan baik misalnya dengan istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, menjaga pola makan dan lain sebagainya. Selalu pakailah semboyan lebih baik mencegah daripada mengobati. (idl)

 


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)