Banner_BKP2D_2017.jpg hut.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN TURUT BERDUKA CITA
ATAS BERPULANGNYA KERAHMATULLAH
SDR. MUSWAR,
PEJABAT LURAH KELURAHAN SEIKIJANG KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG,
SEMOGA AMAL IBADAH BELIAU DITERIMA DI SISI ALLAH SWT,
AAMIIN YAA RABBAL 'AALAMIIN....
 
 

Kalender

ATASI STRES DAN JADIKAN HIDUP LEBIH BAHAGIA
Selasa, 01 Agustus 2017-10:15:05WIB
Kategori: Pengetahuan - Dibaca: 162 kali

Mungkin Anda sekarang sedang merasa tertekan, tak bahagia dan banyak pikiran? Ini akan menjadikan Anda begitu terlihat kurang bersemangat. Seringkali, pikiran yang sedang kacau dan kalut malah justru membuat seseorang bertindak di luar akal sehat. Bertindak nekat yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain bisa saja terjadi ketika sedang stres.

Apa itu stres?

Stres dapat terjadi karena perubahan lingkungan di sekitar kita, sehingga tubuh akan bereaksi dan meresponnya sebagai upaya perlindungan. Tubuh bereaksi terhadap stres dengan memberi respon fisik, mental, dan emosional.

Tubuh bereaksi terhadap segala hal yang dianggapnya sebagai bahaya, entah itu benar-benar membahayakan atau tidak. Ketika tubuh merasa terancam, maka di dalam tubuh akan terjadi reaksi kimia yang memungkinkan Anda untuk mencegah cedera. Reaksi ini disebut dengan “fight-or-flight” atau respon stres. Saat tubuh Anda merespon stres, Anda akan merasakan denyut jantung meningkat, pernapasan lebih cepat, otot menegang, dan tekanan darah Anda naik.

Stres bisa terjadi berbeda-beda antar orang. Apa yang menyebabkan stres pada diri Anda, belum tentu juga bisa menyebabkan stres pada diri orang lain. Ini semua tergantung dari bagaimana Anda melihat sesuatu yang bisa menyebabkan stres dan cara Anda menangani stres. Stres ringan mungkin dapat membantu Anda dalam menyelesaikan tugas. Namun, jika stres berat atau stres kronis terjadi pada Anda, maka bisa merugikan kesehatan Anda.

Bagaimana dampak stres pada tubuh? Saat Anda merasa stres, semua sistem dalam tubuh Anda akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda. Stres kronis dapat berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Berikut 6 tanda Anda mengalami stres berlebihan:

1. Terlalu Banyak Tidur

Dalam beberapa kasus, orang yang mengalami stres biasanya tidur larut malam. Hal ini akan berdampak pada siklus tidur Anda, Anda akan tidur larut malam dan menghabiskan waktu tidur seharian. Maka tidak heran Anda akan terbangun pada siang atau sore hari, setelah itu badan akan terasa lemas dan malas bangun untuk melakukan berbagai aktvitas. Adapaun orang yang stres berlebihan, tidak melakukan apa-apa dan memilih untuk tidur. Bagi mereka, dengan tertidur, masalah yang sedang dialami akan hilang atau sedikit teratasi. 

2. Mudah Sakit

Bila pikiran Anda sedang tertekan, biasanya akan berdampak juga bada kondisi tubuh Anda. Dalam kondisi stres tinggi, sistem kekebalan tubuh Anda berkurang sebanyak 30 %. Hal ini memungkinkan Anda mudah sakit dan terkena beberapa penyakit, seperti flu, sakit kepala, demam, dan sakit perut. Bila tubuh Anda merasa membutuhkan istirahat, sebaiknya luangkan waktu untuk tidur atau bersantai. 

3. Mudah Lupa

Hal ini dapat terjadi pada Anda, bila Anda terlalu banyak memikirkan masalah yang sedang Anda alami. Anda cenderung fokus pada hal yang sedang Anda khawatirkan, dan sulit untuk fokus pada hal lain. Untuk itu, tidak jarang Anda akan sering melupakan dimana Anda meletakkan ponsel atau kunci mobil Anda. Untuk mengembalikan konsentrasi, cobalah keluar dari masalah Anda.

4. Mudah Marah

Apapun yang Anda lakukan, ataupun teman kantor Anda lakukan tampaknya semuanya salah. Anda mulai gampang emosi dan menunjukkan rasa ketidaknyamanan Anda, pada hal yang Anda nilai tidak benar. Stres yang berlebihan memang memengaruhi mood Anda, khususnya dalam mengendalikan emosi. Tidak jarang, orang yang sedang stres akan menjauhi teman atau keluarga mereka.

5. Tidak Nafsu Makan

Rasa depresi biasanya akan membuat Anda murung dan malas untuk melakukan apapun, khususnya selera makan. Pikiran negatif, akan membuat Anda lupa dengan waktu makan. Apalagi untuk membuat makanan dan mempersiapkan hidangan, tampaknya dua hal ini akan membuat Anda semakin malas. Adapun rasa malas untuk makan, akan mebawa dampak pada lapar yang berlebihan. Tidak jarang orang yang sedang stres, akan kehilangan berat badan. Namun disatu sisi, terdapat orang yang memiliki kondisi berlawanan, mereka memilih makan sebanyak mungkin untuk mengalihkan pikiran mereka.

 6. Memikirkan Kematian

Bila Anda selalu memikirkan kematian sebagai solusi, sudah saatnya Anda mencari pertolongan. Ceritakan masalah Anda pada teman, keluarga, maupun pacar Anda. Jangan sampai semua hal Anda pendam, dan berujung membahayakan diri Anda sendiri. Kematian bukan menjadi solusi, dari sekian banyak masalah yang sedang Anda alami. Semua masalah memiliki jalan keluar, dan membuat Anda lebih menghargai diri Anda sendiri.

Bagi anda yang gampang stres, pikiran tidak tenang, hati gelisah, berikut tips cara mengatasinya.

Tips Menenangkan Hati Dan Pikiran saat dilanda setres

1. Berdoa/Dzikrullah (Mengingat ALLAH SWT)

Ini adalah cara yang paling sederhana dan berdampak. Ketika berdoa, anda akan disegarkan kembali dan akan menjadikan pikiran yang positif.

Sekedar info aja, kenapa banyak orang bunug diri disebabkab depresi, itu karena mereka tidak pernah mengingat ALLAH, dan janganlah anda sampai melakukan bunuh diri, karena balasan orang bunuh diri adalah Neraka dan abadi di dalamnya. 

2. Berfikir Positif

Belajar untuk berpikir positif dalam segala keadaan. Berpikiran negatif hanya akan menguras energi Anda. Dengan berpikir positif, maka Anda akan bersemangat dalam menjalani hidup ini.  3. Curhat Kepada Sahabat Terdekat

Untuk membuat perasaan hati anda lebih tenang janganlah anda menyimpan masalah anda sendiri, cobalah anda keluar dan temui para sahabat terdekat anda. Ceritakanlah masalah dan isi hatimu kepada mereka. Denga menceritakan masalah yang sedang kamu alami, akan membuat hati dan pikiranmu lebih tenang, syukur-syukur jika sahabatmu dapat memberikan solusi tentang masalahmu tersebut. Dengan cara ini kamu juga tidak akan merasakan kesendirian, karena ada sahabat yang selalu ada untukmu. 

4. Ubah Kecendrungan Anda

Jika orang lain pada umumnya cenderung takut, khawatir, sedih, atau marah, maka anda harus menguasai diri anda agar terbebas dari rasa takut, khawatir, marah, atau sedih. Dengan demikian, anda dapat tetap sehat dan bahagia.

5. Mendengarkan Musik

Musik juga merupakan terapi ampuh untuk menenangkan hati dan pikiran anda, namun jika anda sedam dalam keadaan sedih anda jangan pernah mendengarkan lagu sedih atau mendayu, justru itu akan membuat suasana hati semakin sedih, pilihlah musik yang bisa menenagkan hatimu. 

6. Mencari Kesibukan Lain

Jika kiranya anda belum sanggup untuk mengatasi masalah yang sedang anda derita, baiknya anda jangan terlalu memaksakan karena itu akan berdampak buruk pada diri anda. Ada kalanya untuk mengatasi suatu masalah anda harus mencari kesibukan lain dan secara perlahan anda akan melupakan masalah anda tersebut. 

7. Tidur Yang Berkualitas

Disaat anda dilanda kegelisahan luar biasa, pikiran tidak tenang, mungkin anda bisa beristirahat yang cukup dengan berbaringkan tubuh di atas ranjang. Itu lebih baik dari pada anda melakukan hal-hal yang akan merugikan diri anda sendiri, seperti merusak barang, memecahkan kaca atau lainnya. 

8. Liburan

Anda bisa mengunjungi tempat wisata untuk menenangkan hati dan pikiran anda. Pilihlah tempat wisata yang menyejukan hati dan pikiran seperti pergi ke puncak. 

9. Menghindari Kebisingan

Ketika pikiran tak bisa diajak berkompromi dan sangat kacau, menghindari keramaian adalah yang paling penting. Suara bising dan keramaian hanya akan membuat seseorang tambah stres karena di saat pikiran kacau, inderanya seluruhnya menjadi sensitif. Daripada berada di tempat ramai, carilah tempat sepi dan sunyi untuk menyendiri dan menenangkan pikiran. 

10. Menggunakan Aromaterapi

Pikiran kacau dan stres bisa juga Anda atasi dengan menghirup aromaterapi yang akan menyejukkan dan menyegarkan kembali pikiran Anda. Wewangian lembut dipastikan mampu membuat perasaan dan pikiran lebih tenang. Pakai saja minyak aromaterapi dengan mengoleskannya ke lengan, area pelipis atau bawah hidung. 

11. Berendam Air Hangat

Dalam mengatasi pikiran yang kacau, Anda juga bisa mencoba berendam air hangat. Ketika berendam air hangat, ini akan membantu supaya endorfin terlepas dari tubuh Anda sehingga stres pun berkurang. Waktu atau durasi berendam yang dianjurkan adalah 20 menit supaya hasilnya bisa optimal 

12. Meminta Nasihat/Motivasi dari Orang Lain

Supaya pikiran menjadi jauh lebih tenang, selain hanya berbagi cerita, ada pula orang yang sekalian meminta motivasi, doa dan nasihat dari orang yang dipercayainya. Ada tipe orang yang hanya bercerita saja supaya ia merasa lebih lega, namun ada pula yang lebih mantap kalau sudah mendapatkan ide jalan keluar, nasihat atau motivasi dari orang lain.

13. Ambil Waktu untuk Sendiri

 

Mengambil waktu sendiri adalah yang paling baik ketika pikiran sedang kacau. Menyendiri adalah cara yang baik untuk menenangkan pikiran karena saat sedang bersama banyak orang, kita akan sulit berpikir jernih. Terkadang pikiran hanya akan menjadi makin kacau saja saat sedang bersama orang lain.

14. Tetaplah Bahagia

Perasaan bahagia menjadi salah satu kunci hidup yang bebas setres, jagalah perasaan anda tetap bahagia agar bebas setres sepanjang hari.

Demikianlah cara-cara mengatasi setres dan menjadikan hidup lebih bahagia. Semoga bermanfaat bagi kita yang sering setres. (nsi)

 


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)