Banner_BKP2D_2017.jpg hut.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN TURUT BERDUKA CITA
ATAS BERPULANGNYA KERAHMATULLAH
SDR. MUSWAR,
PEJABAT LURAH KELURAHAN SEIKIJANG KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG,
SEMOGA AMAL IBADAH BELIAU DITERIMA DI SISI ALLAH SWT,
AAMIIN YAA RABBAL 'AALAMIIN....
 
 

Kalender

Menjadi Ramadhan Lebih Berkah dan Bermakna
Selasa, 06 Juni 2017-15:08:57WIB
Kategori: Agama - Dibaca: 305 kali

Bulan Ramadhan sungguh  adalah bulan yang penuh berkah, artinya mendatangkan kebaikan yang banyak. Kebaikan yang diperoleh umat Islam di bulan Ramadhan bisa meliputi ukhrowi dan duniawi. Coba kita lihat di bulan Ramadhan ini begitu banyak kebaikan ukhrowi yang diperoleh setiap muslim. Di antara keberkahan tersebut adalah dengan menjalankan shiyam ramadhan akan mendapatkan pengampunan dosa yang telah lalu. Keberkahan lainnya lagi adalah dalam menjalankan shalat malam (shalat tarawih). Itu juga adalah sebab pengampunan dosa. Begitu pula pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari 1000 bulan, yaitu lailatul qadar. Inilah di antara keberkahan ukhrowi yang bisa diperoleh. Namun ada satu sisi kebaikan lainnya, yang mana ini tidak kalah pentingnya, yaitu bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri sehingga selepas bulan Ramadhan seseorang bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya, bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan merupakan momen yang agung. Allah memperbesar pahala serta memperbanyak  anugerah di dalamnya. Pintu-pintu kebaikan dibukakan bagi setiap orang yang bersemangat.

Sebelum kita menjadikan ramadhan lebih berkah dan bermakna terlebih dahulu perlu ada persiapan yang dilakukan ketika menyambut Ramadhan. Persiapan pertama adalah niat. "Dalam arti, kita harus kuatkan niat untuk menjadikan Ramadhan ini lebih baik dibandingkan Ramadhan sebelumnya,Selain itu, juga harus mulai membekali diri dengan ilmu yang cukup. "Jadi jangan masuk gelanggang Ramadhan tanpa ilmu. Terutama bekali diri kita dengan ilmu yang berkaitan dengan puasa itu sendiri.

Kita sebagai kaum muslimin, hendaknya mengetahui bahwa salah satu nikmat yang banyak dan harus kita syukuri salah satunya adalah di tundanya ajal kita dan disampaikannya kita dibulan Ramadhan. Tentunya jika kita menyadari banyaknya tumpukan dosa yang menggunung yang kita lakukan, maka pastilah kita sangat berharap untuk dapat menjumpai bulan Ramadhan dan mereguk berbagai manfaat di dalamnya.

Bersyukurlah atas nikmat ini. Betapa Allah SWT senantiasa melihat kemaksiatan kita sepanjang tahun, tetapi Dia menutupi aib kita, memaafkan dan menunda kematian kita sampai bisa berjumpa kembali dengan Ramadhan.

Ada pun beberapa cara menjadikan ramadhan lebih berkah dan bermakna

1.        Hidupkan Ramadhan dengan Iman

Kita tidaklah dapat mengetahui apakah bulan Ramadhan kali ini adalah yang terakhir? Pernahkah bisa menjamin tahun depan bisa bertemu kembali? Banyak orang memasuki bulan Ramadhan tanpa disertai dengan semangat iman, sehingga ia menjadi lalai selama bulan Ramadhan.Kelalaiannya yakni tidak ada kebaikan yang ia kerjakan, bahkan menganggap sama saja dengan bulan lainnya sehingga memilih membuang waktu untuk tontonan dan hiburan.Apapun kesibukan kita, janganlah dijadikan alasan untuk tidak membaca Al-Qur'an. Sejak dahulu sampai sekarang semua manusia sibuk untuk mencari nafkah.

 2.        Berpuasalah bersungguh – sungguh dan bersahurlah

Puasa dalam kaidah bahasa bisa diartikan sebagai menahan. Menahan di sini, yaitu menahan dari hal-hal yang masuk ke dalam mulut dalam bentuk makanan dan minuman, bahkan juga diartikan menahan dari perbuatan dan bicara selama di bulan suci ramadhan dan melakukan sahur sebelum waktu imsyak terdengar, keutamaan bersahur bagi mereka yg melakukannya ialah keberhakan dan pahala karena Hukum Sahur di Bulan Ramadhan ialah sunnah sehingga jika kita melakukan Makan Sahur akan memperoleh pahala,

namun jika meninggalkannya pun tidak akan mendapatkan dosa hanya saja kita akan dirugikan karena tidak bisa mendapatkan keberkahan dan pahala tambahan yg ada didalam Makan Sahur di Bulan Puasa.

3.        Perbanyak membaca Al quran

Membaca Al quran di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri, dibanding bulan-bulan yang lain, salah satu yang membuat bulan Ramadhan menjadi bulan mulia karena Alquran turun saat Ramadhan. Turunnya Al quran saat Ramadhan juga telah membuat malam lailatul qadar menjadi istimewa. Maka, amal terbaik yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan adalah membaca Alquran, selain melaksanakan ibadah-ibadah wajib lainnya. Membaca al quran tidak mesti dirumah atau pun di mesjid , membaca al quran bisa kita lakukan di sela sela kegiatan kita sehari hari maupun sebelum dan sesudah menjalan kan shalat 5 waktu.

 4.        Melaksanakan shalat tarawih dan witir

Shalat Tarawih merupakan Shalat Sunnah yg dikerjakan dengan jumlah Raka’at 8 maupun 20 Raka’at yang dilakukan di malam hari sesudah mengerjakan Shalat Isya dan batasnya sampai terbitnya sang fajar pagi.  Shalat Sunnah Tarawih ini dilakukan selama 30 malam berturut pada bulan Ramadhan dan Hukum Shalat Sunnah Tarawih yaitu Sunnah Muakkad atau Shalat Sunah yg harus dikerjakan karena memiliki begitu banyak manfaat dan Keistimewaan Shalat Tarawih yang ada untuk kita semua yg melakukannya. Sedangkan shalat witir adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari sebagai penutup shalat malam lainnya seperti shalat tahajud maupun shalat tarawih, Shalat witir hukumnya sunnah muakkad dan ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa shalat witir wajib hukumnya untuk menutup shalat malam yang dikerjakan sebagaimana shalat witir tidak pernah ditinggalkan oleh Rasul selama hidupnya dan dalam kondisi apapun. Shalat witir juga disebut sebagai tambahan shalat.

5.        Manfaatin waktu sehabis shalat berdoa

Manfaatkan waktu selepas sholat untuk berdoa dan mendengarkan ceramah yang bisa memperluas pemahaman agama kita. Manfaat Berdoa Di Bulan Ramadhan Selain perintah untuk menjalankan ibadah puasa terdapat juga ayat yang menjelaskan tentang berdoa. Bulan Ramadhan merupakan bulan di mana setiap muslim diberi kesempatan begitu luas untuk berdoa kepada Allah SWT. Dan waktu-waktu mustajab (saat doa berpeluang besar dikabulkan Allah) tersebar dalam beberapa momen khusus sepanjang Ramadhan.

6.        Shalat diawal waktu

Jika biasanya kita menunda sholat, selama Ramadhan marilah kita  untuk mengubah kebiasaan ini. Jadikan adzan sebagai penanda kita harus mengambil jeda dari aktivitas yang sedang kita lakukan. Sholatlah diawal waktu.

7.        Jaga cara berpakaian

Nggak cuma menjaga perilaku diri sendiri, kita juga punya kewajiban untuk menghargai usaha orang lain yang juga ingin punya kualitas ibadah oke. Salah satu caranya adalah dengan menjaga cara berpakaian agar tetap sopan dan tidak mengumbar aurat kemana-mana. Paling tidak dengan begini kita sudah membantu orang lain menjaga pandangan mata, terutama bagi kaum wanita.

8.        Menghargai orang lain

Belajar Lebih Menghargai Orang Lain Di Bulan Ramadhan. Ramadhan adalah bulan suci yang seharusnya di dalamnya berisi kedamaian. Hal itu karena manusia ingin mendapatkan kemuliaannya, sehingga mereka akan mencegah diri dari marah-marah, memaki, menjelek-jelekkan, dst. Kata-kata kotor akan berkurang, bahkan hilang di bulan Ramadhan. Tidak ada yang protes atas tindakan yang dilakukan oleh orang lain. Masing-masing menghargai satu sama lain. Masing-masing menyadari bahwa semua yang terjadi atas kehndak Allah. Allah tidak membuat manusia seragam, tetapi Ia menjadikan mereka beragam. Masing-masing kepala memiliki pemikirannya masing-masing. Dan karena pemikirannya berbeda maka perbuatan yang dilakukannya juga akan berbeda.

9.        Perbanyak bersedekah

Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi. Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah.

10.   Burulah Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar diartikan sebagai suatu malam yg pelimpahan dan keutamaan yg telah dijanjikan oleh Allah SWT kepada kita sebagai umat beragama Islam yg dihendakinya karena tidak semua umat Muslim mendapatkan atau mengalami Keistimewaan Lailatul Qadar dan hanya orang – orang yg dihendaki oleh Allah yg dapat mendapatkan Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan tersebut.

“Maka, dari sekarang marilah lakukanlah ibadahmu bisa mencapai titik maksimalnya selama bulan ramadhan ini, karna pintu kebaikan dimudahkan di bulan ramadhan ini dan banyaknya pengampunan dosa” (idl)


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)