Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Awali Setiap Kegiatan dengan Basmallah
Rabu, 24 Mei 2017-08:56:39WIB
Kategori: Agama - Dibaca: 314 kali

Awali setiap kegiatan dengan Basmallah

Basmalah merupakan ayat pertama dari setiap awal surah dalam Alquran. Basmalah berjumlah 19 huruf. Setiap huruf mempunyai makna masing-masing. Dalam Alquran, setiap surat diawali dengan kata Bismillahirrahamanirrahim. yang artinya, Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ayat tersebut memiliki berbagai macam manfaat dan dianjurkan agar kita selalu membaca basmalah di setiap kegiatan. Di antara manfaatnya adalah menghadirkan ketenangan hati manusia. Allah SWT selalu menganjurkan agar kita berzikir kepada-Nya. Dan, zikir paling mudah yang dapat dilakukan manusia adalah membaca basmalah.
Menyerukan basmalah juga merupakan wujud tawakal kita kepada Allah, mengharapkan kasih sayang-Nya, mengharapkan keridhaan dan keberkahan yang dimiliki-Nya pada setiap pekerjaan yang kita lakukan.

Sejak kecil orang tua kita selalu mengajarkan untuk memulai pekerjaan apapun dengan diawali mengucapkan Basmalah. Jika pada kegiatan tertentu sesuai dengan yang diajarkan di dalam agama Islam kita memulainya dengan berdo’a yang telah ada tuntunannya di dalam Hadits, akan tetap diawali dengan ucapan basmalah tersebut.

Ada beberapa Hadits yang menjelaskan keutamaan ucapan basmalah ini.

Rasulullah SAW. bersabda: "Setiap perbuatan yang penting yang tidak dimulai dengan 'Bismillaahir rahmaanir-rahiim' maka perbuatan tersebut cacat."

Dalam hadits lain disebutkan: Rasulullah saw. bersabda:

 “Setiap perkara penting menurut syariat yang tidak dimulai dengan bismillah adalah perkara yang tidak diberkahi”.

Sedangkan di lain Hadits Rasulullah saw bersabda,

Setiap pekerjaan yang baik, jika tidak dimulai dengan Bismillah (menyebut nama Allah) maka (pekerjaan tersebut) akan terputus (dari keberkahan Allah)”.

Berdasarkan  hadits di atas, dapat kita ambil kesimpulan betapa luar biasanya keberkahan yang Allah SWT berikan didalam berbagai jenis kegiatan yang selalu diawali ucapan basmalah tersebut. Dalam keseharian kita sudah tentu melakukan berbagai jenis kegiatan maupun aktifitas, kapan saja dan di mana saja.

Basmalah dalam Kegiatan Sehari-hari

Rasulullah SAW telah menuntun kita sebagai umat Muslim melalui berbagai hadits, kita harus selalu berdo’a serta berserah diri kepada Allah, SWT. Dimulai ketika bangkit dari bangun tidur, masuk maupun keluar dari kamar kecil, mandi, berwudhu, berpakaian, beribadah, makan/minum, keluar dari rumah, menaiki kendaraan, belajar, bekerja, bergaul, bertindak, mengambil keputusan, hingga kita akan tidur, maupun kegiatan apapun diawali dengan basmalah dan berdo’a.

Seringkali kebanyakan dari kita lalai atau tidak sadar memulai segala aktivitas tanpa mengucapkan membaca kalimat basmalah, padahal seperti yang telah dijelaskan  bahwa setiap kegiatan akan diberkahi Allah SWT jika kita memulainya dengan bacaan basmalah.

Namun sayangnya, kebanyakan dari kita sering lalai dan menganggap enteng untuk memulai sesuatu dengan membaca basmalah. Seringkali aktivitas kita terlewat  tanpa mengawalinya dengan basmalah.

Makna Penting dari Basmalah

Para ulama meringkas basmalah memiliki makna-makna sebagai berikut:

1.      Basmalah adalah deklarasi tawakal seorang mukmin kepada Allah.

Dengan basmalah, seseorang harus mengembalikan tauhidnya dengan bertawakal penuh kepada Allah dalam segala masalah. Karena itu Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Jika seseorang keluar rumah dan membaca “bismillahi tawakkaltu ’alallaahi, laa haula wala quwwata illa billah” maka dikatakan kepadanya, “Cukuplah (bagimu Allah), engkau mendapat petunjuk, engkau terjaga dan tercukupi.” (HR. Nasai dan Baihaqi)

2.      Basmalah adalah deklarasi keimanannya bahwa kehendak Allah di atas segalanya.

Ia harus menghadirkan keyakinan penuhnya bahwa manusia hanya berusaha sementara yang menentukan segala urusan adalah Allah.

3.      Menyertakan dzikrullah Allah dalam setiap aktivitas.

Basmalah adalah dzikir seorang mukmin. Setiap setiap aktivitas tak boleh lepas dari mengingat Allah. Dengan demikian, aktivitas itu meski bersifat dunia tetap akan bernilai ibadah.

4.      Mengingatkan perjanjian hamba kepada-Nya agar selalu taat.

Saat seseorang mengatasnamakan Allah dalam aktivitasnya, maka ia sadar bahwa dia memiliki janji yang pernah diikrarkan untuk selalu taat dan tidak keluar dari tauhid.

5.      Merasakan kebersamaan Allah.

Dengan basmalah, seorang mukmin selalu merasa diawasi oleh Allah. Bila dalam rangka kebaikan maka Allah akan menolongnya. Jika menyimpang maka Allah akan dihindarkan dari keberkahan.

6.      Menyadari alam raya ini satu kesatuan hamba Allah.

7.      Menyadari nikmat Allah kepada hambanya dan mengakui rahmat-Nya.

8.      Memohon berkah selalu dalam setiap aktivitas.

9.      Menyatakan kebutuhan kepada Allah yang Maha Kuasa.

10.  Memuji Allah yang Maha Sempurna dengan nama dan sifat-Nya.

11.  Merasakan kemahakuasaan Allah.

12.  Jika diawali dengan nama Allah mengharuskan diakhiri dengan memuji Allah.

Apabila anda berkata Allah maka akan terlintas atau seyogianya terlintas dalam benak Anda segala sifat kesempurnaan. Allah Maha Kuasa, Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Kuat, Maha Bijaksana, Maha Kaya, Maha Suci, Maha Pemberi Keselamatan, dan lain sebagainya. Allah adalah Dzat yang Maha Sempurna dalam segala hal, serta Mahasuci dari segala kekurangan. Sifat-sifat Allah terangkum di dalam Asma’ul Husna yang berjumlah sembilan puluh sembilan nama (sifat).

Membiasakan diri membaca Basmalah dalam memulai Pekerjaan

Bagi yang selama ini selalu lalai memulai kegiatan apapun dengan membaca basmalah, mari kita biasakan dari saat ini juga. Pahami dan sadarilah, bahwa jika tanpa izin Allah SWT, para pembaca sekalian tidak akan diarahkan untuk menemukan dan membaca tulisan ini detik ini juga. Mulailah melakukaannya saat ini juga. Dengan memulainya sejak dini, insyaAllah kita akan terbiasa melakukaannya.

Ayo, biasakan membaca basmalah saat ini juga. Penulis berharap tulisan ini bermanfaat bagi penulis sendiri juga bagi para pembaca. Semoga kita semua mendapat ridha dari Allah SWT. (akb)

Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)