Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Cara Mengaktifkan dan Melakukan System Restore di beberapa System Windows
Rabu, 24 Mei 2017-08:56:06WIB
Kategori: Pengetahuan - Dibaca: 322 kali

Apakah Fungsi System Restore Point?

System restore point adalah salah satu fitur windows yang berfungsi untuk mengembalikan atau membatalkan perubahan yang terjadi pada sistem komputer anda ke keadaan semula sebelum terjadinya suatu masalah, baik ketika anda menginstal software maupun merubah suatu settingan tertentu. Cara kerjanya yaitu dengan mengambil semacam snapshot dari sistem file dan registry secara berkala yang kemudian snapshot itu disimpan sebagai system restore point

System Restore Point sering menjadi solusi ketika terjadi error pada PC atau Laptop terutama ketika kita baru menginstal aplikasi yang ternyata “tidak cocok” pada perangkat komputer kita. Kadang-kadang perangkat komputer mengalami error yang tidak kita ketahui sebabnya, maka system restore point dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini. System restore point yang ada pada tanggal sebelumnya dapat mengembalikan keadaan registry dan konfigurasi Windows yang lainnya seperti sediakala seperti sebelum aplikasi tadi terinstal.

Perlu digarisbawahi di sini, anda harus membiasakan diri untuk tidak menyimpan file pada Drive yang terinstal Windows (biasanya drive C). Simpanlah file pada drive yang berbeda. Jika anda hanya memiliki satu drive, segera partisi hardisk anda minimal menjadi dua partisi, lalu anda menyimpan semua file atau dokumen pada partisi selain bagian yang terinstal Windows tersebut. System Restore Point akan mengembalikan seting PC beberapa waktu / hari yang lalu, maka jika anda melakukan hal ini, sedangkan dokumen yang anda simpan atau kerjakan berada pada drive C, dapat mengakibatkan dokumen yang telah anda ketik akan hilang, seakan-akan belum pernah diketik sama sekali, menyesuaikan waktu yang telah anda restore.

Cara Membuat System Restore Point Windows

Sangat disarankan bagi pengguna windows agar membuat System Restore Point saat ingin melakukan penambahan atau perubahan pada windows. Kadangkala ada beberapa komputer system restore nya tidak pernah aktif  sama sekali. Sering penulis menemukan hal ini di komputer teman yang mengalami error atau terifeksi virus pada hari itu, atau terkena gangguan yang tidak diketahui asal muasal kerusakannya, tapi ketika ingin melakukan restore, ternyata System Restore Point tidak pernah diaktifkan sama sekali. Jika error atau virus sudah menginveksi kemana-mana, ujung-ujungnya malah harus instal ulang komputer. Hal yang seharusnya dapat diselesaikan dalam beberapa menit, ternyata membutuhkan waktu lama untuk memperbaiki komputernya.

Jika memungkinkan, alangkah baiknya kita membuat System Restore Point terjadwalkan misalnya, seminggu sekali, dua minggu sekali. Hal ini bertujuan apabila terjadi kesalahan pada system windows yang tidak dikehendaki, kita bisa menggunakan restore point tersebut untuk memulihkannya.

Untuk membuat restore point yang dimaksud, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah:

  1. Pada tampilan dekstop, klik start, kemudian klik kanan pada Computer pilih Properties.
  2. Maka akan muncul jendela System. Lalu anda klik System protection.
  3. Akan muncul jendela System Properties, pada Protection Settings, Pastikan anda   memilih drive C:, kemudian klik Create.
  4. Beri nama sesuai keinginan anda untuk membuat restore point pada saat dibuat tersebut.
  5. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai. Kemudian klik close jika sudah selesai.
Sebab-sebab yang mengharuskan melakukan restore point

Beberapa penyebab kerusakan laptop/komputer, yang mengharuskan anda melakukan proses system restore antara lain yaitu:

·         Komputer terkena virus, hingga komputer tidak dapat bekerja normal seperti biasanya.

 

·        Ketika melakukan update software, terdapat driver atau software yang tidak support, karena itu anda perlu mengupdate driver pada pc/laptop anda, yang  justru  akan membuat komputer anda error.

·     Ketika terkena spyware/hijacker pada browser anda namun anda tidak mampu menghilangkan/menghapus hijacker tersebut dari browser tersebut.

·         Serta beberapa kesalahan lain yang anda temui karena salah seting yang tidak sengaja anda buat, tapi lupa atau tidak tahu cara mengembalikannya.

 

Cara menggunakan System Restore Point

Setelah anda mengetahui cara mengaktifkan System Restore Point, anda tentu bertanya-tanya, bagaimana cara menggunakannya. Berikut langkah-langkah melakukan restore;

1.   Pada Windows 7, anda dapat klik Start, kemudian anda pilih/klik “All Programs”, kemudian anda klik Accessories, lalu anda pilih System Tools, tinggal anda Klik System Restore, sedangkan pada Windows 8 ke atas, Pada layar dekstop, klik kanan My Computer lalu  klik Properties.

2.      Kemudian pada jendela control panel system yang muncul klik Advanced system settings

3.      Langkah selanjutnya adalah klik System Restore pada tab System Protection.

4.      Kemudian anda pilih jenis restore point. Pada tutorial ini dipilih metode Choose a different restore point.

5.    Anda dapat memilih metode Recommended restore point, namun untuk lebih mudahanya anda menentukan restore point berdasarkan urutan tanggal, sebaiknya memilih opsi ke-dua

6.      Beri tanda centang pada Show more restore point. Tentukan tanggal restore point yang anda pilih,

7.      klik pada tanggal di mana system membuatnya secara otomatis, dan anda menganggap dan yakin bahwa pada tanggal tersebut system komputer anda benar-benar dalam kondisi terbaik (karena anda ingin mengembalikan kondisi system komputer yang sekarang error ke kondisi terbaik sebelumnya).

8.      Pada contoh ini dipilih tanggal paling awal yang tercatat pada sistem restore point.

9.    Untuk melihat program apa saja yang terkena pengaruh proses restore point, anda dapat melihatnya dengan cara klik Scan for affected programs

10. Klik Finish, jik anda yakin dengan pilihan timing restore point yang anda tentukan atau klik back untuk mereview ulang tanggal restore yang anda pilih.

Dengan anda klik Finish maka anda tidak dapat membatalkan/menginterupsi proses restore yang sedang berjalan.

Komputer akan melakukan restart secara otomatis dan melakukan proses restore. Tunggu hingga selesai dan siap digunakan kembali dengan kondisi sistem windows seperti sebelum melakukan proses restore

Jika semakin jauh tanggal yang anda pilih pada system restore, biasanya semakin memakan waktu dalam melakukan pengembalian seting maupun registry sesuai dengan tanggal yang dimaksud. Yang perlu anda pastikan adalah agar lancar dan proses restore dapat berlangsung dengan baik, batere laptop atau PC terhubung pada sumber daya listrik, jangan terputus atau mati. Jika anda menggunakan PC, sebaiknya terhubung pada UPS kapasitas besar sehingga dapat restore hingga benar-benar selesai. Jika tidak sesuai dengan harapan, anda dapat merestore lagi ke waktu sebelumnya yang masih bisa diakses oleh system, bahkan anda dapat meng-undo restore tersebut jika menurut anda seting yang anda harapkan tidak lebih baik dibandingkan seting saat ini.

 

Fitur system restore yang dimiliki windows ini memang menjadi tool yang cukup ampuh untuk memperbaiki kerusakan sistem dan sangat membantu penggunanya, tanpa harus menginstal ulang windows. Yang perlu diingat salah satunya adalah anda harus memberi space (kapasitas) yang cukup pada drive C untuk menyimpan history restore point. Jika space yang anda siapkan kecil, semakin sedikit system restore yang dapat dibuat secara manual seperti di atas, maupun secara otomatis.

Langkah terakhir jika anda tetap gagal melakukan system restore karena sudah sedemikian parahnya kerusakan pada sistem komputer anda, maka sebaiknya berpikir untuk anda instal ulang windows anda, tapi jangan lupa untuk mengaktifkan system restorenya setelah  diinstal ulang tersebut. (cdr)

 


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)