Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Memahami dan Tepat dalam Penggunaan Singkatan di Dunia Maya
Selasa, 21 Maret 2017-16:37:36WIB
Kategori: Pengetahuan - Dibaca: 271 kali

Pernahkah  ketika anda membuka dan membaca  forum salah satu website, terdapat singkatan yang tidak anda pahami artinya? Bukan hanya di forum, bahkan ketika anda chat di beberapa social media anda menerima singkatan yang tidak tepat dalam penggunaannya?

Tidak jarang pengguna internet yang baru melek IT tidak mengerti maksud singkatan yang bermunculan tersebut. Bahkan ada yang berpura-pura mengerti (sok tahu) singkatan tersebut, menyisipinya di dalam berbagai pesan chating ataupun komentar pada sebuah forum. Jika sekedar chating dua arah, masih dimaklumi dan dapat ditegur oleh si penerima. Tapi jika di sebuah forum yang notabene dapat dibaca siapapun, anda dapat ditertawakan karena salah menempatkan singkatan tersebut.

Pernah suatu ketika penulis menguji ke beberapa orang yang menggunakan istilah yang sebenarnya singkatan dari bahasa inggris, tapi ternyata tidak tahu arti sebenarnya. Ada yang berkata “aduh gue lagi bete  nih”, langsung penulis bertanya “apakah kamu tahu asal kata bete yang kamu sebut tadi?”,  dan ternyata kebanyakan tidak tahu arti atau asal kata istilah tersebut.

Sebagai pengetahuan kita semua, tak ada salahnya untuk mengerti dan memahami beberapa istilah yang ada di dunia maya maupun dunia nyata, bukan karena latah ikut-ikutan trend saja, akan tetapi agar tepat di dalam penggunaannya dalam berkomunikasi

1.      BT  (baca: bete)

Berasal dari frasa Bad Time atau Boring Time. Jadi dapat diartikan pada saat tersebut merupakan waktu yang buruk bagi yang mengalaminya. Sedangkan bagi seseorang yang sedang merasa sangat bosan  frasa tersebut dapat berarti Bored totally.

2.      KEPO

Ternyata KEPO berasal dari kata-kata Knowing Every Particular Object yang jika diartikan lebih kurang ; ingin tahu yang sedetail mungkin. Kata-kata ini sering digunakan kepada orang yang terlalu ingin tahu tentang dirinya atau terhadap sebuah objek

3.      LOL

Pernahkah anda membaca singkatan ini? Bagi yang masih awan, tak jarang lawan chating yang menerima pesan ini marah atau tidak melanjutkan chating, karena mengira bahwa pengirim pesan menghina dirinya.

Singkatan LOL ini biasanya selalu disertai dengan emoticon tertawa atau tersenyum ketika chating ataupun jika di suatu forum terdapat tulisan yang dapat memancing tawa pembacanya. Ternyata LOL merupakan singkatan dari bahasa Inggris yaitu Lough Out Loud yang berarti tertawa terbahak-bahak.

4.      GWS

Penulis pernah membuka suatu forumsedang menceritakan mereka pernah mentertawakan rekannya yang salah ketika menggunakan singkatan ini. Di ceritakan sang teman berkata “eh, nanti sore kita GWS yuk!”, sang penerima pesan tersebut pun keheranan, dan bertanya “maksudnya, GWS apa?”, serta merta temannya langsung berkata “Gowes (istilah jawa yang berarti mengayuh sepeda)..”. Sang teman yang menerima pesan langsung tertawa sejadi-jadinya, lalu menjelaskan kepada sang rekan, bahwa GWS itu singkatan dari Get Well Soon (semoga lekas sembuh), bukan gowes..

5.      CMIIW

Seringkali singkatan ini penulis temukan di forum yang tengah membahas sesuatu hal, dan jika salah seorang pembaca mengambil sebuah kesimpulan, ia akan menggunakan istilah ini. Setelah penulis browsing dan pahami, ternyata CMIIW adalah singkatan dari “Correct Me If I’m Wrong” yang dapat diartikan “koreksi saya jika saya salah”

6.      IMHO

Singkatan ini berarti In My Humble Opinion yang  berarti menurut pendapat sederhanaku, bisa juga berarti menurut pendapatku. Jadi singkatan ini sering digunakan ketika bertukar pendapat akan suatu hal, yang para peserta chat saling beradu argumen untuk mencapai sebuah pembenaran

7.      ASAP

ASAP di sini bukan berarti kabut atau berasap. Awal mula mebaca forum besar, penulis sempat tidak mengerti apa maksud komentar para pesertanya. Setelah mencari tahu kesana kemari, penulis akhirnya mengerti bahwa ASAP adalah sebuah singkatan yang merupakan kepanjangan dari ”As Soon As Posible” yang artinya secepat mungkin

8.      WTB

Istilah ini sering muncul di situs jual beli online atau saat akan bertransaksi. WTB bermaksud “Want To Buy” yang berarti ingin membeli sesuatu

9.      WTS

Ketika mendapat singkatan ini, jangan anda langsung berfikir negatif terhadap pesan yang anda baca. Karena WTS ini kepanjangan dari “Want To Sell” atau ingin menjual sesuatu.

10.  COD

Singkatan ini sering juga muncul di saat melakukan jual beli online. COD berarti “Cash On Delivery” lebih kurang bermakna barang dibayar pada saat produk telah diterima oleh pembeli

11.  TS

TS merupakan singkatan dari Thread Starter, yang bermaksud seseorang yang memulai topik pembicaraan,atau dengan kata lain orang yang membuat posting yang kemudian dikomentari oleh orang orang penghuni social media atau forum ,seorang TS wajib memiliki pengetahuan yang lebih untuk menjawab pertanyaan dari orang orang yang berkomentar ,agar seorang TS bisa menjawab pertanyaan tersebut

12.  BC

BC berarti Broadcast atau dapat diartikan  pesan siaran atau disebarkan layaknya iklan

Masih banyak singkatan-singkatan yang ada di dunia maya. Maka dari itu ketika kita tidak mengerti arti sebuah singkatan, jangan kita ikut-ikutan menggunakannya sebelum memahami singkatan tersebut. Bukan mendapat sambutan baik, mungkin yang membaca akan marah, tersinggung, atau bahkan mentertawakan ketidaktahuan kita akan singkatan tersebut.

Penulis sering mengunjungi situs yang merupakan forum besar, tidak jarang para pemula bertanya dengan jujur kepada seluruh pengunjung forum, dengan kata-kata seperti berikut ; “maaf agan (juragan /pembaca) sekalian, ane (saya) newbie (orang baru), boleh tanya apa maksud dari TS?”. Sebagian situs yang penulis kunjungi cenderung menjelaskan arti kata tersebut. Lain halnya dengan anggota forum yang sok tahu dengan singkatan yang digunakannya, bukan mendapat respek dari anggota yang lain, malah ditertawakan pengunjung thread  tersebut.

Semoga Berguna. (adr)


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)