Banner_BKP2D_2017.jpg hut.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN TURUT BERDUKA CITA
ATAS BERPULANGNYA KERAHMATULLAH
SDR. MUSWAR,
PEJABAT LURAH KELURAHAN SEIKIJANG KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG,
SEMOGA AMAL IBADAH BELIAU DITERIMA DI SISI ALLAH SWT,
AAMIIN YAA RABBAL 'AALAMIIN....
 
 

Kalender

Destinasi Wisata di Kabupaten Pelalawan
Selasa, 21 Maret 2017-16:25:34WIB
Kategori: Pariwisata - Dibaca: 500 kali

Kabupaten Pelalawan merupakan pemekaran Kabupaten Kampar, yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 53 Tahun 1999. Pada awalnya terdiri atas 4 wilayah kecamatan, yakni: Langgam, Pangkalan Kuras, Bunut, dan Kuala Kampar. Kemudian setelah terbit Surat Dirjen PUOD No.138/1775/PUOD tanggal 21 Juni 1999 tentang pembentukan 9 (sembilan) Kecamatan Pembantu di Provinsi Riau, maka Kabupaten Pelalawan dimekarkan menjadi 9 (sembilan) kecamatan, yang terdiri atas 4 kecamatan induk dan 5 kecamatan pembantu, tetapi berdasarkan SK Gubernur Provinsi Riau No. 136/TP/1443, Kabupaten Pelalawan dimekarkan kembali menjadi 10 (sepuluh) kecamatan. Namun, setelah terbitnya Peraturan Daerah Kabupaten Pelalawan Nomor 06 Tahun 2005, maka Kabupaten Pelalawan terdiri atas 12 kecamatan.

Keduabelas Kecamatan yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan ini yaitu; Kecamatan Bunut,  Kecamatan Langgam, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kecamatan Ukui, Kecamatan Kuala Kampar, Kecamatan Kerumutan, Kecamatan Teluk Meranti, Kecamatan Pelalawan, Kecamatan Bandar Sei Kijang, serta Kecamatan Bandar Petalangan.

Alhamdulillah, Kabupaten ini diberkahi berbagai kelebihan dari sektor perekonomian maupun pariwisata yang luar biasa dari Allah SWT. Banyak kelebihan yang potensial untuk segera dikembangkan oleh negeri ini yang bermanfaat dan membanggakan bukan hanya untuk masyarakat pelalawan sendiri, tetapi juga untuk seluruh rakyat  Indonesia.

Sektor Perekonomian

Sektor industri saat ini merupakan sektor utama dalam perekonomian Pelalawan. Perekonomian Pelalawan didukung oleh sektor pertambangan. Ada dua jenis tambang yang ada di Kabupaten Pelalawan, yaitu minyak bumi dan gas bumi.

Selain itu, Kabupaten Pelalawan juga terdapat beberapa perusahaan perkebunan besar yang sebagian besar dimiliki oleh pengusaha-pengusaha besar yang bukan hanya dari skala lokal, tapi juga skala nasional. Disamping itu perusahaan-perusahaan perkebunan sawit di Pelalawan bukan hanya dimiliki oleh pengusaha asal indonesia saja, bahkan ada juga dari negara-negara lain seperti Malaysia.

Di Kabupaten ini terdapat perusahaan pengolahan bubur kertas dan produk kertas yaitu PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT. RAPP). Perusahaan ini bukan hanya lingkup lokal ataupun nasional, akan tetapi juga merupakan salah satu perusahaan produk kertas yang produknya telah melanglang buana di berbagai negara. Bahkan di Tahun 2017 ini PT RAPP mengoperasikan Pabrik Baru yang akhirnya perusahaan ini dapat berada pada peringkat dua pabrik kertas dunia, satu peringkat di bawah International Paper produsen kertas asal Amerika Serikat.

Sektor Pariwisata

Kabupaten Pelalawan memiliki banyak spot  pariwisata yang memiliki peluang besar  untuk berkembang  pesat di negeri ini. Beberapa destinasi wisata tersebut ada yang telah masuk ke taraf internasional dikarenakan keunikannya.

Berikut beberapa destinasi wisata di Kabupaten Pelalawan yang cukup potensial dan dapat menjadi alternatif yang cukup menarik untuk dikunjungi.

A. Destinasi Wisata Sejarah

Untuk Wisata Sejarah terdapat beberapa spot di Desa Pelalawan, Kecamatan Pelalawan. Destinasi ini bukan hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal, juga wisatawan mancanegara.

Di wilayah ini terdapat satu situs sejarah yang berkaitan erat dengan negeri seberang Malaysia, karena di sini terdapat Makam Sultan Mahmud Syah dari Kesultanan Melaka. Sultan Mahmud Syah adalah raja kedelapan dan terakhir dari Kesultanan Malaka. Dia dipilih sebagai raja menggantikan ayahnya, Sultan Alauddin Riayat Syah I, melangkahi saudaranya yang lebih tua, Munawar Syah. Maka tak jarang Makam tersebut dikunjungi oleh pengunjung dari negeri jiran untuk berziarah di sana.

Selain itu Desa Pelalawan  ini merupakan sentral Kerajaan Pelalawan di masa lalu. Di daerah ini terdapat berbagai objek wisata Seperti; Istana Sayap (merupakan Istana Kesultanan Pelalawan), Mesjid Hibah yang merupakan mesjid yang cukup bersejarah di Pelalawan, berziarah ke kompleks makam raja-raja Pelalawan, Pesanggrahan Panglima Kudin, dan lain-lain

Sedangkan untuk berziarah ke Makam Empat Datuk Kerajaan yang merupakan orang-orang kepercayaan Sultan Pelalawan berada di tempat yang berbeda-beda, seperti Makam  Datuk Engku Raja Lela Putera berada di Kecamatan Langgam, Makam Datuk Bandar Setia Diraja berada di Kecamatan Teluk Meranti, Makam Datuk Laksemana Mangku Diraja berada di Kecamatan Pangkalan Kuras, dan Makam Datuk Kampar Samar Diraja terletak di desa Kuala Terusan, kecamatan Pangkalan Kerinci.

B. Destinasi Wisata Alam

Kabupaten Pelalawan diberkahi Allah SWT beberapa destinasi Wisata Alam yang unik dan luar biasa. Hal ini memacu Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan untuk mengembangkannya menjadi objek wisata yang dapat menjadi unggulan di negeri ini. Berbagai infrastruktur pun digesa untuk mendukung pengembangan objek wisata tersebut. Tidak terlalu berlebihan bahwa beberapa objek wisata Kabupaten Pelalawan mengalihkan pandangan mata wisatawan lokal maupun asing ke negeri ini. Berikut beberapa objek wisata yang dapat anda temukan di Kabupaten Pelalawan

1. Taman Nasional Tesso Nillo

Taman Nasional Tesso Nilo diresmikan pada tanggal 19 juli 2004 dengan luas sekitar 38.576 hektar. Kawasan Tesso Nilo merupakan salah satu hutan daratan rendah terluas di Sumatera, serta merupakan habitat bagi tiga persen dari seluruh spesies mamalia didunia. Pada setiap hektar dari areal Taman Nasional Tesso Nilo terdapat 360 flora yang tergolong dalam 165 marga dan 57 suku, 107 jenis burung, 23 jenis mamalia, tiga jenis primata, 50 jenis ikan, 15 jenis reptilia dan 18 jenis amfibia.

2. Gelombang Bono Sungai Kampar

Gelombang Bono merupakan fenomena alam kelas dunia yang cukup dahsyat yang hampir tidak dapat ditemukan di daerah lain. Ombak Bono Sungai Kampar merupakan suatu fenomena alam akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang. Fenomena ini dapat ditemukan tepatnya di Desa Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan.

3. Wisata Danau Kajuwid

Danau Kajuwid terletak di kecamatan Langgam tidak jauh dari Masjid Raya. Danau Kajuit dikelilingi hutan alam dengan pohon-pohon yang berusia puluhan tahun yang berukuran cukup besar dan sangat rindang.. Danau ini masih baru dibuka untuk umum dan menjadi salah satu wisata unggulan di Kabupaten Pelalawan. Di Danau ini sudah tersedia wahana air seperti perahu, bebek-bebekan, dan perahu karet. Rumah  makan  melayu pun telah mengambil tempat di tepian danau ini untuk menyemarakkan serta memperkenalkan makanan cita rasa khas tempatan.

4. Wisata Danau Tanjung Putus

Suasana yang tenang, serta alam yang asri membuat area ini menjadi pilihan yang cukup banyak diminati oleh para pengunjung.danau tanjung putus bertempat di dekat desa kuala terusan yang tidak jauh dari pusat kota Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Aktifitas memancing merupakan salah satu daya tarik utama di danau ini.

5. Danau Wisata Betung

Danau Wisata Betung terletak di desa Betung kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan. Danau ini berada di pusat budaya melayu petalangan.

6. Taman Publik Kreatif

Taman Publik Kreatif berada di depan kantor bupati Kabupaten Pelalawan. Taman ini diperuntukkan sebagai Ruang Terbuka Hiijau. Di Taman ini terdapat bangunan Gazebo dan taman bunga.

7. Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan

Tanpa banyak yang tahu bahwa dia telah diexplore dan diexpose oleh salah satu televisi swasta nasional. Tanpa banyak yang tahu bahwa dia memiliki kearifan lokal yang sampai sekarang tetap terjaga. 

dan beberapa daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Pelalawan seperti Hutan Rawa Sungai Mokoh, Desa Pekan Tua, Tugu Equator, Pengobatan Tradisional Beliam dan Menumbai," serta lain sebagainya. (cdr)

 

 


Tulis Komentar :

Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)