Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Nikmatnya Perpaduan Khasiat Teh Dan Bumbu Dapur
Senin, 18 Juli 2016-10:41:07WIB
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 579 kali

Budaya meminum teh bukan lagi dilakukan oleh masyarakat china saja, tetapi bagian dari masyarakat dunia. Khasiat teh untuk kesehatan dan kebugaran telah diakui luas. Sama halnya dengan bumbu dapur yang tak hanya menjadi bumbu penyedap untuk masakan, namun juga bermanfaat positif untuk tubuh.

Kombinasi teh dan bumbu dapur mungkin rasanya sangat aneh dan rancu, karena pada umumnya bumbu dapur hanya digunakan untuk masakan. Tetapi, coba saja. Bila bumbu dapur dan teh di mix menjadi satu minuman akan terasa lebih menonjol jika menggunakan gula merah, karena kalorinya sangat rendah dibandingkan gula putih.

Beberapa jenis bumbu-bumbu dapur mengandung khasiat dan aroma yang berbeda-beda seperti :

1.        Kayumanis

Aromanya menggugah selara dan sering digunakan dalam makanan. Manfaatnya bagi tubuh mencegah influenza, masuk angin, rematik, melancarkan pencernaan dan berfungsi menangkal radikal bebas.

2.        Jahe

Bumbu yang satu ini sudah umum dan digunakan sebagai campuran minuman. Khasiat langsung yang dirasakan memberi rasa hangat bagi tubuh, di samping melancarkan pembuluh darah dan mencegah serangan stroke.

3.        Kapulaga

Bumbu dapur yang satu ini jarang digunakan ke dalam masakan, tapi jika dicampur dengan minuman akan menghasilkan sesuatu yang sangat berkhasiat sebagi obat batuk dan mencegah pengeroposan tulang.

4.        Daun salam

Rebusan daun salam dapat mengurangi keluhan mabuk alkohol, mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol maupun asam urat.

 

5.        Sereh

Batangnya biasanya digunakan sebagai hiasan minuman tradisional, dan khasiatnya dimanfaatkan untuk menghangatkan dan mengurangi keluhan rematik. Selain itu sereh sangat baik untuk menanggulangi gangguan usus.

6.        Cengkih

Aroma dari bumbu satu ini benar-benar menyengat sehingga saat menggunakannya tidak boleh terlalu banyak karena akan menimbulkan aroma kuat dan rasanya pun menjadi aneh. Khasiat dari cengkih dapat menjadi obat masuk angin dan mencegah kembung. Selain itu cengkih dapat mengurangi bau mulut.

            Sedangkan teh sendiri sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan, berkat mekanisme kerja teh yang dapat menghambat penumpukan plak pada arteri. Terbukti, para peminum teh memiliki arteri yang kokoh, sehingga teh pun diyakini dapat mengurangi timbunan kolesterol penyebab penyakit jantung koroner. Dan inilah salah satu contoh resep teh yang dikombinasikan dengan bumbu dapur :

§  Wedang Teh

Bahan :

1 sdt teh bubuk

3 cm jahe, memarkan

1 batang sereh

250 cc air

30 gr gula merah

Cara membuatnya :

Rebus semua bahan dalam satu panci hingga mendidih, lalu saring dan sajikan selagi hangat.

Khasiatnya :

Selain menghangatkan tubuh, minuman ini sangat cocok untuk penderita asam urat, kolesterol, dan rematik.

Selamat mecoba dan menikmati, semoga tubuh anda selalu tampak sehat dan bugar!


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)