Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Tidak Sempat memanfaatkan waktu istirahat dari Kantor?
Selasa, 28 Juni 2016-08:24:40WIB
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 641 kali

Bekerja adalah aktifitas fisik maupun pikiran dalam mengerjakan, melaksanakan, mendesain maupun menyelesaikan sesuatu, dan jika selesai atau memenuhi aturan sesuai dengan kriteria prosedur maupun aturan tertentu akan mendapatkan imbalan atau balas jasa baik dalam bentuk gaji atau penghasilan

Pekerjaan adalah hal yang dibutuhkan siapa saja dalam situasi dan status apapun, terutama bagi anda yang telah lulus dan menyelesaikan pendidikan baik menengah umum, kejuruan maupun pendidikan tinggi, maka bekerja akan anda butuhkan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup anda.

Jika kita bekerja dengan usaha sendiri (wiraswasta), anda dapat menyesuaikan tingkat kesibukan anda dengan waktu anda istirahat berdasarkan kehendak anda sendiri. Tapi berbeda jika anda bekerja dengan orang atau suatu instansi, semua telah terencana dengan baik. Dari tata cara berpakaian, jam masuk kerja, jam istirahat, jam pulang, ketentuan lembur, semua sudah ditentukan.

Ketika menjalani pekerjaan normal, anda dapat memanfaatkan waktu istirahat siang dengan hal-hal yang bersifat santai. Bagi umat muslim, hal yang paling utama yang harus dilakukan Shalat Dzuhur terlebih dahulu, setelah itu baru makan siang, bersantai merilekskan tubuh agar ketika jam istirahat berakhir, anda dapat melanjutkan pekerjaan dengan tubuh dan pikiran yang lebih fresh. Bahkan bagi yang tempat tinggalnya tidak terlampau jauh,  sekiranya waktu istirahat memungkinkan dapat pulang ke rumah untuk tidur siang, dan kembali lagi ke tempat kerja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Adakalanya dikarenakan tingkat kesibukan akan pekerjaan, kita tidak dapat memanfaatkan waktu untuk beristirahat pada jam istirahat yang telah diberikan oleh kantor atau instansi tempat kita bekerja. Mungkin karena pekerjaan kita memang saat itu dibutuhkan dengan segera, atau memang pekerjaan memang membutuhkan waktu ekstra untuk menyelesaikannya. Bagaimana menyikapinya? Berikut penulis sampaikan beberapa langkah yang mesti dilakukan bagi anda yang sedang sibuk hingga tidak dapat memanfaatkan jam istirahat tersebut.

     a.       Lakukan Kegiatan yang Wajib terlebih dahulu

Sebagaimana yang telah penulis sampaikan di atas, bagi umat Muslim tidak boleh melalaikan ibadah Shalat. Jangan karena urusan dunia kewajiban kita Kepada Yang Maha Kuasa diabaikan. Ingat, jiwa, raga, pekerjaan,rezeki, dan maut itu di tangan Allah SWT. Maka dari itu ketika waktunya shalat, sampaikan izin kepada atasan anda untuk melaksanakan ibadah wajib tersebut.

     b.      Siapkan rencana yang matang

Pekerjaan yang banyak perlu diiiringi dengan strategi yang baik dalam pengerjaannya. Lebih baik anda persiapkan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengerjaan pekerjaan itu, sehingga ketika melaksanakannya dapat terkontrol. Jangan sampai karena anda tidak menyusun rencana dengan baik, ketika pekerjaan itu sudah berjalan 50%, anda menemukan kekeliruan sehingga harus mengulang pekerjaan kembali dari awal dengan metode yang berbeda.

     c.       Jangan lupa isi perut

Sesibuk apapun anda, anda tidak boleh mengabaikan yang satu ini. Jangan karena merasa pekerjaan anda sudah tanggung, anda harus mengabaikan makan siang. Jika anda biasanya istirahat makan di luar kantor sehingga memakan waktu untuk keluar pergi, lebih baik anda menitip dibelikan makanan dengan teman anda untuk dimakan di kantor saja, atau anda dapat memanfaatkan layanan pesan antar untuk memenuhi kebutuhan makan siang anda tersebut.

Seringkali bagi yang memiliki pekerjaan yang sibuk tidak merasa lapar sama sekali, tapi jangan karena alasan itu anda mengabaikannya. Jika memang anda tidak terlalu lapar, anda dapat mengkonsumsi cemilan yang sehat seperti biskuit, sereal,  minum susu, puding, dan lain-lain. Jangan karena tidak mengisi perut, anda malah sakit nantinya.

     d.      Jauhkan diri dari gadget

Gadget sudah menjadi bagian dari kemajuan zaman sebagai media telekomunikasi, informasi, dan sosial media. Tak urung ketika menggunakan gadget kita bisa “lupa dunia”. Alih-alih awalnya hanya ingin membuka pesan facebook, berentetan membuka twitter, instagram, line, whatsapp, youtube, dan lain-lain. Bukannya selesai, tapi malah asyik memainkan aplikasi di gadget

     e.       Lakukan pijatan ringan.

Tanpa beristirahat, tubuh bisa terasa kaku dan pegal. Berikan pijatan ringan di beberapa  bagian tubuh yang mulai terasa lelah agar aliran darah lancar.

     f.       Tetap bergerak

Jangan terlalu lama, karena ini tidak baik bagi kesehatan. Anda tetap harus berdiri dan lakukan gerakan senam ringan seperti menggerak-gerakkan kepala, tangan, pinggang dan kaki. Jari-jari tangan dan kaki juga melakukan gerakan membuka menutup, serta gerakan senam ringan lainnya.

     g.      Selesaikan pekerjaan satu persatu

Jangan campur adukkan pekerjaan yang banyak sekaligus. Selesaikanlah satu persatu, maka beban pikiran anda semakin ringan dibandingkan anda mengerjakan sekaligus, tapi mala h tak ada satupun yang selesai

     h.      Tenang dan sabar

Dengan banyaknya pekerjaan, anda harus selalu bersikap tenang dan sabar. Jika anda panik, pekerjaan bisa berantakan, bukannya selesai malah frustasi jadinya. Disaat panik, ambil sikap tenang, duduk dan pejamkan mata, tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan-lahan. Lakukan ini beberapakali diiringi doa. InsyaAllah keadaan anda jauh lebih baik

Demikian tips dari penulis. Semoga bermanfaat.
Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)