Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI JADI KABUPATEN PELALAWAN KE - 20 PADA TANGGAL 12 OKTOBER 2019
  
 

Kalender

Belajar Sambil Bekerja
Selasa, 28 Juni 2016-08:23:10WIB
Kategori: Motivasi & Inspirasi - Dibaca: 463 kali

Zaman semakin maju, pertumbuhan penduduk semakin pesat, pekerjaan semakin sedikit, hal ini berimbas terhadap kebutuhan tenaga kerja yang profesional yang dibekali keahlian atau skill yang mumpuni.

Dahulu kala pekerjaan tidak begitu sulit dicari, hal ini karena persaingan belum sepadat zaman sekarang. Bahkan pada masa itu modal tekad dan kemauan saja, masih jadi pertimbangan untuk diterima kerja. Kebutuhan dan biaya hidup pada masa itu tidak terlalu tinggi. Berbeda jauh dengan zaman sekarang. Mencari dan mempertahankan pekerjaan penuh dengan tantangan.

Apa yang salah? Sedemikian sulitnya zaman ini untuk mencari dan mempertahankan pekerjaan? Seperti yang telah penulis sampaikan di atas, pertumbuhan penduduk sangat tinggi. Tentunya tenaga yang membutuhkan pekerjaan juga semakin tinggi. Kebutuhan hidup yang semakin mahal dan keinginan untuk maju, menjadi alasan zaman sekarang dari kaum hawa ingin bekerja dan diperlakukan sama dengan laki-laki.

Sulitnya Mencari Pekerjaan akhir-akhir ini

Persaingan untuk mendapatkan suatu pekerjaan sangat tinggi saat ini. Lihat saja ketika seleksi penerimaan CPNS, untuk mendapatkan satu posisi saja harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang.  Meskipun pada posisi yang diinginkan tersebut telah mendetail spesifikasi tenaga yang dibutuhkan, akan tetapi tenaga kerja yang membutuhkan pekerjaan pada posisi dengan kualifikasi yang cocok dengan posisi tersebut sudah sangat banyak.

Melihat euforia tersebut, penulis ingin mengingatkan kepada pembaca sekalian untuk dapat merenungi dan memahaminya. Bahwa dalam suatu pekerjaan, tiap individu dituntut memiliki keahlian atau skill, yang matang, kompetensi latar pendidikan yang sesuai, dan kemauan untuk maju. Tiap orang memiliki bakat atau kemampuan yang berbeda-beda. Untuk mematangkannya perlu usaha meraihnya

Bagi yang telah bekerja pada sebuah perusahaan atau instansi, jangan pernah berpuas diri bahwa anda telah bekerja. Itu paradigma yang salah. Alangkah baiknya anda terus menggali potensi diri anda untuk dapat berkembang lebih baik lagi.

Sekolah Kejuruan, solusi bagi yang ingin segera mendapat Pekerjaan

Saat ini banyak yang memutuskan, ketika mengambil pendidikan tingkat menengah atas, lebih memilih mengambil sekolah kejuruan dengan tujuan agar ketika tamat lebih mudah mencari dan bisa langsung bekerja.  Sekolah Menengah Kejuruan mewakili keinginan bagi orang yang ingin belajar tentang dunia kerja, karena disini diajarkan berbagai keahlian sesuai dengan jurusan yang ada. Selain itu ada proses magang di berbagai tempat yang ditujukan melatih dan mengenalkan langsung kepada pelajarnya bagaimana dunia kerja sebenarnya

Pendidikan dari kejuruan ini pada pandangan penulis cukup baik, karena sekolah membantu mengarahkan pelajar untuk siap menghadapi pekerjaan yang sebenarnya. Tapi apa cukup sampai di situ saja? Tentunya tidak. Anda tetap harus belajar, karena kemajuan zaman tak ada habisnya. Jika anda hanya mengandalkan keilmuan itu-itu saja, anda akan diabaikan zaman. Bayangkan saja ketika anda telah bekerja cukup lama pada suatu perusahaan, pada suatu ketika perusahaan mengalami kesulitan keuangan, karena tidak ada solusi lain, harus memilih opsi pengurangan tenaga kerja. Pada saat tersebut, kemampuan atau keilmuan anda stagnan, sedangkan yang lain lebih baik dari anda, anda sudah dapat bayangkan hal buruk yang dapat menimpa anda.

Melanjutkan Pendidikan

Untuk itu pengembangan keilmuan anda itu penting. Maka anda harus terus belajar. Jika anda membaca profil orang-orang sukses, sebagian besar dari mereka berhasil bukan karena stagnan, tapi karena tidak pernah merasa puas akan ilmu dan pengalaman.

Jika anda sudah bekerja, dan ingin melanjutkan pendidikan, persiapkanlah segalanya dengan matang. Baik dari segi finansial, maupun mental. Kumpulkanlah dana hingga rasanya cukup bagi anda menyelesaikan pendidikan tanpa ada kendala di kemudian harinya

Tapi jangan lupa, ketika anda ingin melanjutkan pendidikan ini jangan sampai mengganggu konsentrasi pekerjaan anda. Bila perlu sampaikan terus terang kepada atasan anda bahwa anda ingin melanjutkan ke jengang pendidikan yang lebih tinggi. Dan hal yang lebih penting lagi, jangan sampai pekerjaan anda terabaikan dengan alasan telah mendapat izin dari atasan. Anda harus fokus. Untuk itu pilihlah jenjang pendidikan yang dapat anda sesuaikan dengan hari kerja  anda. Untuk itu hal yang juga penting adalah komunikasi anda dengan pihak lembaga pendidikan untuk menyesuaikan pendidikan anda dengan pekerjaan tersebut.

Bagaimana bagi yang belum memiliki dana yang cukup?

Meningkatkan jenjang pendidikan merupakan solusi untuk meraih kompetensi serta keilmuan yang baru. Tapi apa harus menunggu dana cukup baru mau belajar? Buang jauh-jauh pemikiran ini. Kalau anda berpikir seperti itu anda tidak akan pernah maju.

Belajar kan tidak mesti harus menunggu dana, baru mau kuliah. Belajar bisa dilakukan di sela waktu kerja dengan pengembangan sejumlah keahlian yang belum anda kuasai. Ketika pekerjaan anda lowong, dari pada membuka situs internet yang hanya berisikan gosip atau hanya digunakan untuk chatting lebih baik anda membukan situs yang berisi ilmu pengetahuan.

Anda memiliki rekan kerja yang cerdas dan pengalaman? Jika ada waktu luang, seringlah sharing pengalamannya serta konsultasi hal-hal yang tidak anda ketahui. Sedikit demi sedikit anda dapat modal pengetahuan yang berguna untuk anda bekerja atau saat melanjutkan pendidikan nantinya.

Dengan dana yang masih sedikit, anda juga dapat meningkatkan keilmuan anda dengan mengikuti sejumlah kursus keahlian, seperti kursus bahasa asing, kursus keahlian ilmu komputer, serta berbagai kursus-kursus lainnya.

Gali dan terus kembangkan kemampuan anda. Terus dan teruslah belajar, agar kompetensi anda semakin meningkat.
Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)