Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI JADI KABUPATEN PELALAWAN KE - 20 PADA TANGGAL 12 OKTOBER 2019
  
 

Kalender

Pendidikan dan Pekerjaan
Selasa, 28 Juni 2016-08:22:51WIB
Kategori: Motivasi & Inspirasi - Dibaca: 573 kali

Ketika kita mulai tamat dari satu pendidikan selalu hanya satu pertanyaan dalam pikiran anda. Bagaimana kita mendapat pekerjaan setelah ini? Dunia pekerjaan pada saat ini sangat sulit dan sangat kompetitif, karena itu semua perusahaan sangat selektif dalam menerima para pencari pelamar pekerjaan. Ketika kita baru selasai dari bangku pendidikan yang ada dibenak pikiran anda hanyalah mencari pekerjaan, dan bekerja di suatu perusahaan ternama, itula impian hampir setiap orang. Maklum saja saya pribadi juga begitu, hehe, kondisi ekonomi, sosial dan psikologis. keadaan yang menjadikan kita mengambil keputusan singkat.
 
Semua para sarjana berlomba-lomba memasukan lamaran keperusahaan besar dan terkenal, jangan hanya memandang dengan nama perusahaan yang besar justru perusahaan yang besar memiliki banyak peminat kerja dan karyawannya, hal ini justru membuat peluang kecil untuk kesempatan anda dapat bekerja diperusahaan tersebut. Bila anda mengiginkan gaji besar, anda harus menjadi orang besar diperusahaan kecil yang mana tugasmu adalah bekerja untuk turut memajukan perusahaan dimana anda bekerja.Sementara ketika anda ditanya tentang pengalaman bekerja anda, tidak sedikit menjawab tidak punya pengalaman pekerjaan, terus mengapa kamu ingin bekerja disini? Selain keadaan ekonomi saya juga ingin mencari pengalaman serta mengabdi diperusahaan ini, maukah kamu digaji sekian dan sekian.... ?oke pak..itula rata-rata yang terjadi dilapangan.
 
Jarang diantara kita yang begitu menyelesaikan pendidikannya untuk membuka suatu usaha, sebagian orang berpendapat bahwa usaha butuh modal yang besar, dan suatu usaha itu tidak memerlukan gelar sarjana untuk memulai bisnis sendiri, disamping itu usaha terlalu banyak beban dan pikiran, itulah sebabnya sebagian orang tidak ingin membuka usaha diawal selesainya pendidikan. Justru diawal selesai itulah yang sangat bagus kita akan diuji dengan jatuh bangunnya suatu usaha, pengalaman, ilmu, serta pengetahuan tersebut yang membuat kita akan berhasil. Sebagian diantara kita tidak berani mengambil resiko seperti itu, karena itu perusahaanlah yang menjadi target utama para pencari kerja.
 
Memiliki pengetahuan yang anda dapatkan selama duduk di bangku kuliah memang sangat mendukung apa yang akan membantu mencari pekerjaan impianmu nantinnya (sesuai dengan jurusan kuliah yang anda jalani sekarang) namun beberapa hal yang harus diperhatikan bahwa dunia kerja tidak menjamin sesuai yang kita dapatkan dibangku kuliah, anda harus menggunakan taktik yang akan mempermudah untuk mencapai tujuanmu bekerja dan mendapat gaji sesuai impianmu yang bisa menghidupi hidupmu sendiri maupun keluargamu kelak, namun bukan berarti menghalalkan segala cara.
 
Integritas diri tetaplah menjadi hal yang penting dalam hal apapun termasuk pekerjaan, dan termasuk karakter baik yang anda miliki. Tapi ingat.....!!Jika anda sudah bekerja pada suatu perusahaan, jangan terlena pada suatu perusahaan yang belum jelas kedepannya, maksundnya jelas untuk masa hari tua kita, rata-rata diantara kita terlena pada suatu perusahaan saja, dan tidak sadar ketika umur semakin bertambah tua, maka peluang kita untuk mencari pekerjaan sesuai harapan hanya tinggal hayalan saja, tidak ada pilihan kecuali menjalini sesuai yang ada dan mengabdi sampai hari tua, itupun kalau kita tidak kena phk, hehe..sorry just kidding.
 
Pendidikan bukanlah satu-satunya jaminan atas kesuksesan dalam mencari pekerjaan. Banyak yang beranggapan dengan sekolah kita akan dapat mudah mendapatkan pekerjaan, akan tetapi banyak pula sampai saat ini bahkan sarjana yang menganggur. Sebagian berpendapat bahwa pendidikan hanya menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah pekerjaan. Pekerjaan atau bisnis yang memberikan pendapatan memang sangat menggiurkan. Tetapi sebaiknya kita tidak lupa kalau pendidikan merupakan prioritas utama. Dengan menyelesaikan pendidikan, berarti kita sudah memperoleh pengakuan resmi terhadap ilmu dan kompetensi yang telah kita dapatkan selama menuntut ilmu. Pendidikan yang diselesaikan dengan baik bisa menjadi modal utama untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih berkualitas dan lebih menjanjikan masa depan yang cerah.
 
Hal-hal yang perlu anda ketahui ketika anda melamar pekerjaan :
 
Mencari Kerja Bukan Sesuai Tentang Diri Anda
Ide atau pikiran tentang pekerjaan yang anda impikan bisa saja sama dengan yang dipikirkan dengan orang lain. Tapi tidak sedikit yang berpikiran bahwa merekalah satu-atunya kandidat yang layak mendapatkan pekerjaan impian tersebut. Seperti ini hal yang perlu diperhatikan adalah, bagaimana cara anda menjadi berbeda dan menonjol diantara ratusan hingga ribuan kandidat lain yang melamar untuk posisi yang sama.

Ingat Anda Tidak Sebaik Yang Anda Kira
    Meski anda memiliki nilai yang tinggi atau IPK yang tinggi, pengalaman organisasi yang begitu banyak, prestasi akademik dan non akademik, semua hal itu tidak berpengaruh. Hal yang paling penting adalah bagaimana perusahaan berpikir tentang anda. Jika anda tidak dapat mengkomunikasikan dengan baik, maka anda tidak akan mendapatkan kesempatan.
Diundang Interview Belum Pasti Anda Diterima Mendapatkan Pekerjaan
Tujuan utama sebuah interview kerja adalah untuk mendapatkan tawaran pekerjaan, bukan diterima bekerja. Jadi jauhkan pikiran tentang hal tersebut sebelum anda menghadiri sesi wawancara kerja selanjutnya.
 
Gaji Bukan Untuk Dinegosiasi
    Nominal gaji adalah salah satu subjek penting yang dibicarakan dalam proses wawancara kerja. Sayangnya, tidak semua perusahaan berpikir bahwa nominal gaji dapat dinegosiasikan, ia lebih kepada fase serah terima. Setelah serangkaian wawancara kerja, anda mendapat tawaran pekerjaan. Dan anda berpikir gaji yang ditawarkan perusahaan terlalu kecil karena anda menganggap diri anda sebagai sarjana terbaik sepanjang masa. Kemudian anda mulai menegosiasikan gaji anda agar dapat lebih tinggi, sebab anda berasal dari kampus terbaik, lulus dengan peredikat yang baik, aktif diberbagai kegiatan ekstakurikuler dan berpengalaman sebagai pemimpin di organisasi universitas. Jadi anda tidak akan mengambil tawaran tersebut kecuali anda mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Sekarang coba anda berpikir dari sisi perusahaan, pertama, mereka tidak mengenal anda. Mereka belum belum mendapatkan keuntungan dari anda. Mereka menawarkan anda sejumlah uang dengan harapan anda dapat memberikan mereka lebih banyak lagi masa depan, menurut perusahaan, mempekerjakan anda adalah investasi mereka, dan bukan negosiasi.

Cv Adalah Menjadi Awal Dari Interview Kerja
Mengingat banyaknya saingan dalam satu lowongan pekerjaan, maka anda harus berbeda dari mereka. Dan hal ini dimulai dari curriculum vitae (cv) yang anda kirimkan ke perusahaan.
Melamar Pekerjaan Bukan Tentang Kaitannya Dengan Sekolah Anda
Lulus dari perguruan tinggi yang bagus hanya memberikan sedikit kesempatan Cv anda dilirik dua kali. Bagaimana pun revutasi universitas anda, cara manajer personalia akan mencari kandidat yang terbaik dan yang dapat mengisi posisi yang sedang lowong. Jadi pastikan anda menuliskan kualifikasi yang mereka butuhkan dalam Cv tersebut.

Setelah Itu Banyak yang Berkata Hidup Itu Tidak Adil
Dan ini hanyalah pengingat bagi kita semua, sebaiknya apapun dan bagaimanapun anda mempersiapkan diri, berkomunikasi dengan pewawancara tentang pengalaman dan pencapaian anda, akan ada masanya ketika anda tidak mendapatkan tawaran pekerjaan. Jika ini benar terjadi, jangan terpuruk. Mungkin Anda sudah melakukan semua bagian anda, mungkin kesempatan itu bukan untuk anda. Jangan menyerah karena rezeki pada satu lubang yang tertutup masih banyak lubang rezeki yang lainnya, mungkin ditempat lain anda akan lebih baik..amin...ya robbalalamiin..
   
“Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat bagi kita semua...amin”


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)