Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Manfaat Buah-buahan Bagi Kesehatan
Selasa, 28 Juni 2016-08:22:35WIB
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 539 kali

Di lingkungan kita banyak sekali bermacam-macam buah-buahan, baik itu yang tumbuh dengan sendirinya, maupun yang tumbuh dengan ditanam oleh pemiliknya. Terkadang kita tidak pernah menyadari bahwa buah-buahan banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Buah-buahan sangat penting bagi kesehatan tubuh, didalam buah-buahan mengandung banyak vitamin dan zat-zat yang baik untuk tubuh.

Khasiat buah sangat beragam mulai dari untuk kecantikan kulit, mencegah kanker, kaya dengan antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Namun sebenarnya manfaat ini dapat beragam tergantung dari buah dan jenisnya. Dengan sering mengkonsumsi buah maka kita akan mendapatkan gizi dan menjaga kesehatan kita. Buah adalah menjadi bagian terpenting untuk kesehatan tubuh kita, buah menjadi salah satu makanan yang sehat dan bugar baik disaat usia muda maupun disaat usia sudah tua.

Buah juga dapat menjadi antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh kita. Dan manfaat buah untuk kesehatan tubuh manusia yang terpenting adalah menjadi suplemen tambahan yang sangat penting untuk fungsi orga-organ yang ada pada manusia. Suplemen bukan hanya yang didapatkan melalui instan seperti yang ada di apotik-apotik, melainkan suplemen yang alami tersebut terdapat pada buah-buahan. Ya sekarang kita sadari bahwa buah yang beredar dijual dipasaran semakin mahal, karena pada umumnya masyarakat sudah banyak yang tahu mengenai manfaat buah-buahan. Betapa pentingya kesehatan, tanpa rasa sehat kita tidak bisa melakukan apa-apa, dan obat-obat yang mahalpun tidak ada artinya kalau kita sudah jatuh sakit.

Kesehatan adalah kata yang besar, soalnya ini tidak mencakup soal tubuh, tetapi juga pikiran dan jiwa. Bukan sekedar tidak sakit atau kesenangan saja, tetapi seluruh keberadaan dan pandangan manusia. Saya juga percaya apa yang anda rasakan sangat penting seperti anda memikirkan kesehatan agar terlihat sehat segar bugar jasmani dan rohani. Maklum saja setiap kita pasti mengidamkan sehat karena kesehatan adalah harga paling berharga.

Adapun 10 buah yang paling bermanfaat untuk kesehatan  diantaranya:

1.      Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan jeruk dengan rasa asam yang sangat kuat namun demikian manfaat dari jeruk nipis sangat luar biasa. Jeruk nipis mengandung berbagai macam zat diantaranya adaah limonene dan linalool, juga favonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Selain itu juga mengandung synephrine dan N-methylyramine, kalsium, fosfor, zat besi, asam sitrat, besi dan vitamin A, B1 dan C. Beberapa manfaat dar jeruk nipis diantaranya adalah untuk mengobati ambien, amandel, anyang-anyangan, batuk, influenza, mengatasi bau badan tidak sedap, batu ginjal, difteri, haid tidak teratur, mengatasi jerawat, mencegah rambut rontok dan melebatkan rambut, mengatasi ketombe, vertigo, menyembuhkan radang tenggorokan, melangsingkaan berat badan dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.

       2.      Manggis

Buah manggis dengan pohon sejenis pohon hijau dari daerah tropika, tanaman ini diyakini berasal dari nusantara. Tanaman manggis dapat tumbuh mencapai 7 sampai 25 meter. Buah dari manggis berwarna merah keungguan dengan daging buah berwarna pitih. Buah manggis dikenal sebagai raja buah karena khasiatnya sebagai anti-inflamasi dan antioksidan.

       3.      Stroberi

Buah stroberi kaya akan kandungan vitamin c yang dapat mengurangi efek penuaan contohnya kulit kering, kasar serta keriput. Buah ini juga mengandung asam ellagic yang bermanfaat untuk melindungi serat elastis, sehingga menjaga kulit anda tetap elastis, kencang serta mampu melawan enzim perusak kulit.

       4.      Jeruk

Buah jeruk merupakan bah yang lezat dengan kandungan gizi yang banyak. Buah jeruk kaya akan antioksidan, mineral juga menyediakan banyak vitamin seperti C, B, B2, P, dan provitamin A. Selain menurunkan berat badan buah jeruk juga membantu dalam mengurangi risiko penyakit kronis, dimana, pedoman diet yang tepat dan rekomendasi yng mendorong konsumsi buah jeruk.

       5.      Pepaya

Pepaya merupakan tanaman yang hidupdidaerah tropis dengan memiliki sifat obat serta memiliki rasa yang lezat, buah pepaya kaya akan kadar gula serta betakaroten. Selain menjadi asupan dengan gizi tinggi buah pepaya juga dapat digunkan untuk tujuan pengobatan.

       6.      Mangga

Buah mangga memiliki rasa yang lezat, dibalik rasanya yang lezat buah mangga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh seperti vitamin C untuk daya tahan tubuh.

       7.      Anggur

Buah anggur bisanya dimanfaatkan untuk mebuat jus, minyak biji anggur, minumn anggur. Buah anggur mengandung polifenol dan resveratol yang berfungsi membantu metabolisme tubuh, selain dari itu khasiat buah anggur dapat mencegah terbentuknya sel kanker dan beberapa penyakit lain.

       8.      Kiwi

Buah kiwi adalah sejenis buah beri berbentuk oval dngan ukuran besar sekitar sebesar telur ayam. Buah kiwi sangat baik untuk kesehatan. Buah kiwi berisi 84 milibram vitamin C.

       9.      Buah Naga

Buah naga sangat menarik perhatian banyak orang karena kandungan yang terdapat didalam buah naga penting untuk kesehatan. Manfaat buah naga untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh mulai dari pembentukan jaringan, tulang sel darah merah, kolagen, anti oksidan serta membantu sel-sel tubuh bekerja dalam kondis yang baik.

       10.  Blueberry

Manfaat buah blueberry mampu menunggkatkan daya tahan tubuh, menurunkan lemak berlebih, mempertajam penglihatan, menyehatkan tulang sehingga tidak mudah terkena osteopororsi. Buah blueberry juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, memperkuat daya tahan ingat, meyehatkan jantung, anti oksidanyang terkandung didalamnya mampu mencegah kanker, mencegah infeksi saluran kemihserta mampu menurunkan kadar gula darah.

Dengan mengkonsimsi buah-buahan kita akan senantiasa sehat dan mendapatkan tubuh yng segar bugar. Mari kita budayakan makan buah-buahan mulai dari sekarang. Jagalah kesehatan anda dengan mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya. Karena kesehatan sangat mahal dari jenis apapun.

‘’Seseorang yang telah memiliki kesehatan pastinya telah memiliki harapan, dan seseorang yang telah memiliki harapan pastinya akan memiliki segalanya.(dikutip dari kata2 bijak)

‘’Wassalam semoga bermanfaat’’


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)