Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Mari Belajar Mengelola Keuangan
Selasa, 28 Juni 2016-08:22:01WIB
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 471 kali

Semakin tinggi pendapatan, maka gaya hidup akan semakin modern pula. Kebutuhan sehari-hari pun dirasa akan semakin banyak, sehingga pengeluaran bertambah besar. Ketidakmampuan menyesuaikan irama gaya hidup dengan pendapatan, biasanya akibat tuntutan pergaulan dan ketidakmampuan membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Akibat kebutuhan dan keinginan yang sangat mempengaruhi keuangan. Jadi anda harus pandai mengatur pengeluaran untuk seperlunya saja. Beberapa langkah-langkah ini akan membantu anda untuk  mengatur perencanaan keuangan.

  •          TABUNGAN DAN DANA DARURAT

Langkah pertama untuk memulai perencanaan keuangan, bagi yang lajang maupun yang sudah berkeluarga adalah menabung. Sebagai permulaan, jumlah minimal yang harus disisihkan untuk tabungan adalah 10 persen dari penghasilan bulanan. Misal, gaji Rp.3 juta, sisihkan setiap bulannya minimal 300ribu.

Tabungan ini penting fungsinya sebagai dana darurat jika sewaktu-waktu kita menghadapi persoalan yang membutuhkan dana. Dalam rentang waktu setahun, idealnya kita memiliki dana darurat sebesar 3 kali pengeluaran bulanan bagi yang masih lajang dan 6 kali pengeluaran bagi yang sudah berkeluarga.

 

  •          HUTANG DAN CICILAN

Dari penghasilan bulanan, kita juga bisa mulai mencicil aset atau barang kebutuhan rumah tangga. Seperti mencicil kendaraan, rumah, barang elektronik, dan sebagainya. Jumlah cicilan ini besarnya 30 persen dari penghasilan bulanan. Misalkan gaji Rp.3 juta maka jumlah cicilan adalah Rp.900 ribu, jangan lebih dari Rp.1 juta.

Mengenai kartu kredit, tidak apa digunakan asal setiap bulannya dibayar lunas atau bukan dicicil dengan minimum payment. Karena jika tidak segera dilunasi akan berbunga dan bunganya tinggi sekali. Kalau masih memiliki hutang konsumtif di kartu kredit, sebaiknya diselesaikan terlebih dahulu. Baru mengambil hutang cicilan untuk aset. Bagi yang sudah berkeluarga, harus lebih ketat mengatur cicilan dengan menyusun skala prioritas. Jangan sampai cicilan justru mengganggu pengeluaran rutin yang wajib dan menimbulkan masalah baru.

 

  •     ASURANSI

Asuransi dibutuhkan sebagai langkah proteksi untuk meng-cover risiko, meliputi biaya kesehatan, biaya penyakit kritis ataupun risiko kehilangan penghasilan apabila meninggal dunia.

Asuransi kesehatan ini dibutuhkan baik untuk yang masih lajang maupun yang sudah berkeluarga. Janis asuransi ini biasanya sudah ditanggung oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Sedangkan asuransi jiwa dibutuhkan oleh mereka yang telah berkeluarga. Asuransi jiwa idealnya dimiliki oleh kepala keluarga atau tulang punggung yang membiayai kebutuhan rumah tanggaa. Dalam keluarga, biasanya suami atau ayah. Jika sewaktu-waktu kepala keluarga mengalami kecelakaan atau meninggal dunia, finansial keluarga yang ditinggalkan akan tetap terjaga.

 

  •        INVESTASI

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai hal tersebut. Investasi bisa dilakukan dengan menggunakan produk investasi yang ditawarkan oleh institusi keuangan maupun produk non-keuangan.  Beberapa jenis investasi diantaranya reksadana, saham, obligasi, emas, dan sebagainya.

Sedangkan hal yang harus dihindari adalah hutan konsumtif, seperti hutang kartu kredit yang tidak dilunasi. Serta hutang KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang bunganya tinggi. Misalnya, kita punya hutang yang menyita 30 persen penghasilan, tapi cuma bisa dinikmati 22 persen.

Jika kita berencana melakukan investasi, maka harus melunasi hutang tersebut terlebih dahulu.

            Agar anda dapat mengelola keuangan dengan baik, kuncinya adalah mampu menentukan skala prioritas dan bijaksana dalam mengonsumsi barang.


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)