Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

SIMPEG Sebagai Media Manajemen Kepegawaian
Selasa, 28 Juni 2016-08:20:39WIB
Kategori: Teknologi - Dibaca: 861 kali

           Pengertian

Pada dasarnya Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen-komponen atau elemen-elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi, atau energi. Selain itu, sistem juga dapat didefinisikan sebagai sekumpulan objek-objek yang saling berelasi dan berinteraksi serta berhubungan antar objek biasa dilihat sebagai satu kesatuan yang dirancang untuk mencapai satu tujuan.

Dalam menjalankan suatu sistem harus terencana dan terstruktur dengan baik agar sistem tersebut dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh perancang sistem tersebut. Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu yaitu :

1.      Komponen-komponen (components) Sistem

2.      Batasan (Boundary)

3.      Lingkungan Luar (Environment)

4.      Penghubung (Interface)

5.      Masukan (Input)

6.      Pengolah (Process)

7.      Keluaran (Output)

8.      Sasaran dan Tujuan (Objectives/Goal)

Informasi adalah hasil dari data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian nyata dan dapat digunakansebagai pendukung pengambilan keputusan. Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian dan kesatuan kenyataan.

Sistem informasi adalah suatu alat untuk menyajikan informasi dengan cara sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya dalam pengambilan keputusan.

Sistem informasi manajemen dapat didefinisikan sebagai suatu alat untuk menyajikaninformasi dengan cara sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya (Kertahadi, 1995).

Dapat diambil kesimpulan bahwa Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) adalah sistem yang mampu memberikan informasi data-data pegawai pada suatu perusahaan maupun instansi yang salingberinteraksi mencapai tujuan yang telah ditargetkan.

Penjelasan

Sistem informasi telah berkembang dari zaman ke zaman. Fokus pengembangan sistem informasi terarah kepada sistem yang terkomputerisasi dengan menggunakan aplikasi tertentu yang dibuat sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Untuk itu perangkat komputer berperan penting didalam pembuatan dan menjalankan aplikasi yang dibuat tersebut.

Didalam menjalankan Aplikasi, Komputer sebagai alat bantu manusia memiliki kelebihan diantaranya kecepatan,keakuratan, serta keefisienan dalam pengelolaan data-data. Dalam pengelolaan data tersebut diperlukan manajemen perancangan dan pengolahan data untuk menunjang dalam pengambilan keputusan.

Perancangan sistem secara umum dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk memberikan gambaran umum kepada pengguna tentang sistem yang baru atau yang akan diusulkan. Rancangan ini mengidentifikasi komponen-komponen sistem informasi yang akan dirancang secara rinci. Langkah yang digunakan untuk mempermudah dan menjamin sistem yang dibuat lebih berkualitas adalah dengan pemodelan sistem. Pemodelan yang dilakukan biasanya mencakup dua hal, yaitu pemodelan proses dan pemodelan data. Jika dalam Pemodelan proses dan pemodelan data  dilakukan dengan cara yang tidak tepat, sistem mungkin tetap dapat dibuat, tapi tidak efisien dalam menghasilkan data yang diinginkan.

Untuk itu, pembuatan sistem informasi berbasis komputer harus memperhatikan aspek dasar yang baik terdiri dari komponen-komponen utamanya yaitu:

1.      Perangkat Keras

Perangkat keras (hardware)  merupakan komponen untuk melengkapi kegiatan memasukkan data, memproses, dan keluaran data.

2.      Perangkat Lunak

Perangkat lunak (software) merupakan program dan instruksi yang diberikan ke komputer.

3.      Database

Database merupakan kumpulan data dan informasi yang diorganisasikan sedemikianrupa sehingga mudah diakses pengguna sistem informasi.

4.      Telekomunikasi

Telekomunikasi merupakan komunikasi yang menghubungkan antara pengguna sistem dengan sistem komputer secara bersama-sama kedalam suatu jaringan yang efektif

5.      Manusia

Manusia merupakan personel dari sistem informasi, meliputi manajer, analisis,programer, operator, dan bertanggung jawab terhadap perawatan sistem.

 

Pengaplikasian SIMPEG

Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian rata-rata dibuat berbasis webbase. Hal ini ditujukan agar dapat diaplikasikan dengan baik di dunia maya dengan bantuan media internet. Akan tetapi sebelum dilakukan secara online, penggunaan aplikasi SIMPEG harus dipersiapkan secara matang pada proses  offlinenya.

Aplikasi SIMPEG pada suatu instansi adalah melakukan penginputan, pengawasan dan monitoring dalam hal data kepegawaian. Data mentah diinput biasanya disiapkan form isian yang harus diisi oleh pegawai suatu instansi dengan baik dan benar. Jika dalam pengisian form dilakukan dengan baik dan benar, operator dapat langsung mengisikan database masing-masing pegawai kedalam SIMPEG, dan operator dapat fokus mengisi sesuai dengan form yang diterimanya tanpa mengecek berkas fisik. Kebanyakan hal yang terjadi selama ini selalu ada pegawai yang salah dalam pengisian form tersebut. Akhirnya selain form yang diisi tersebut, tetap harus dilengkapi berkas fisiknya oleh pegawai yang bersangkutan, dan kemudian harus diferivikasi oleh operator apakah telah cocok dengan form isiannya atau tidak, barulah diinput dengan hati- hati untuk menghindarkan kesalahan dalam melakukan penginputan.

Setelah database diinput dengan baik, barulah sistem dapat memproses sesuai dengan kebutuhan instansi yang menggunakan sistem tersebut. Dalam pengolahan kepegawaian SIMPEG dapat menghasilkan berbagai report (laporan) seperti Daftar Urut Kepangkatan (DUK), riwayat kenaikan pangkat, data pegawai yang akan naik pangkat, data DP3 pegawai, data riwayat jabatan, riwayat diklat teknis maupun fungsional, riwayat penghargaan yang telah diterima pegawai, data pegawai yang telah maupun yang akan pensiun, data riwayat keluarga PNS, dan berbagai report lain yang telah dipersiapkan dengan baik oleh pihak programer.

Dengan tersedianya berbagai report yang dapat dihasilkan SIMPEG, maka oleh pihak yang berkepentingan dapat mempergunakan aplikasi ini untuk memanajemen kepegawaian pada instansinya tersebut sesuai dengan peruntukannya. SIMPEG  biasanya dipergunakan oleh pimpinan untuk mempermudah memberikan pelayanan kepegawaian, menata sebaran pegawai pada seluruh instansi, serta mempersiapkan kemungkinan lain yang dibutuhkan oleh pihak atasan seperti analisa kebutuhan PNS pada instansinya, maupun penyusunan para pejabat eselon II, III dan IV yang oleh pihak atasan memiliki kinerja baik dan dapat menerima komunikasi dari atasan dalam menentukan arah pembangunan daerahnya.

Ahirnya dapat disimpulkan bahwa SIMPEG dapat dipergunakan untuk      mempercepat proses pencatatan dan pengolahan data dan mampu menyajikan informasi kepegawaian kapan saja, sehingga informasi yang diminta dapat tepat waktu, tepat sasaran, dan akurat.

Selain itu peran penting operator dalam mensortir dan menginput data, serta penggunaan perangkat dengan baik sangat dibutuhkan. Keteledoran sedikit saja akan berakibat besar pada data maupun perangkat yang dipergunakan. Perangkat mungkin saja dapat diperbaiki dan diperbaharui, tapi database yang telah diinput ribuan jumlahnya akan sangat mungkin dirusak dalam beberapa detik saja karena kesalahan dalam pengerjaan maupun penggunaannya. Maka perlu sikap tenang dan bijak dalam pengoperasian aplikasi SIMPEG ini.


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)