Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Kebiasaan Kecil yang Berefek Besar
Selasa, 28 Juni 2016-08:17:56WIB
Kategori: Motivasi & Inspirasi - Dibaca: 623 kali

Pernahkan anda sadari, banyak kebiasaan kita yang dianggap sepele tapi memiliki dampak besar bagi anda maupun lingkungan. Tanpa anda sadari dampak yang dihasilkan bermacam-macam, sesuai dengan kebiasaan anda tersebut. Jika hal itu baik, maka akan berdampak positif, demikian sebaliknya jika kebiasaan tersebut tidak bermanfaat akan memberi dampak negatif.

Merokok tidak memandang situasi

Semua sudah tahu bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan, baik itu perokok aktif, maupun perokok pasif. Orang yang sudah kecanduan merokok akan sulit menghentikan kebiasaannya. Jika tidak ada tanda larangan merokok, dia akan menganggap bahwa ruangan tersebut ia bisa merokok kapan saja. Coba anda perhatikan, apakah di ruangan tersebut ada perokok pasif? Jangan karena anda mementingkan diri sendiri, anda mengorbankan kesehatan orang lain.

Membuang puntung rokok sembarangan

Hal ini merupakan kebiasaan yang sering dilakukan perokok.  Mereka sering menyentil puntung rokok sisa ketempat yang ingin dibuang seperti tong sampah misalnya. Jika tepat sasaran, ia akan masuk ke tong sampah, tapi jika tidak sampahnya cenderung dibiarkan disitu saja. Dan akhirnya sampahnya akan terlihat berserakan, dan akhirnya akan merusak pandangan mata yang melihatnya.

Membuang paperclip yang masih bagus

Seringkali hal ini dianggap sepele bagi kebanyakan orang. Setiap kali butuh, selalu mengambil pada kotak barunya, setelah tidak digunakan, malah dibiarkan berserakan, bahkan dibuang begitu saja

Coba anda siapkan wadah khusus untuk mengumpulkan benda-benda kecil seperti paperclip. Meski benda ini murah, anda akan merasa jengkel mencari kesana-kemari disaat membutuhkannya.

Menyusun berkas sesuai urutan dan kebutuhan

Apa anda termasuk kategori ini, jika iya penulis ucapkan selamat dan harus tetap dilakukan seterusnya. Kebiasaan ini sangat baik dan lebih baik untuk ditularkan dengan rekan sekerja. Dengan menyusun berkas sesuai dengan urutan dan kebutuhan, akan memudahkan anda bekerja dengan efektif dan efisien.

Mengumpulkan benda bekas

Coba anda perhatikan, di sekeliling lingkungan kerja banyak benda yang sebenarnya bisa dipergunakan lagi untuk hal positif. Bahkan ada yang bernilai jual. Ratusan lembar kertas bekas hasil print, koran bekas,  kardus bekas, wadah minuman plastik sekali pakai, banyak yang membuangnya begitu saja. Jika anda memiliki tekad dan kemauan, anda dapat mengumpulkannya perlahan-lahan pada suatu tempat. Jika sudah cukup banyak, barang tersebut dapat dijual kembali. Lebih bernilai dari pada dibuang begitu saja bukan?

Kebiasaan buruk dapat diubah jika ada keinginan dari diri kita sendiri, jangan menunggu ditegur dulu. Sedangkan kebiasaan baik harus tetap dijaga agar lebih bermanfaat bagi diri anda maupun lingkungan.
Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)