Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI JADI KABUPATEN PELALAWAN KE - 20 PADA TANGGAL 12 OKTOBER 2019
  
 

Kalender

Ayo Berhemat
Selasa, 28 Juni 2016-08:10:40WIB
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 598 kali

Keadaan ekonomi tidak dapat diprediksi dengan mudah. Seseorang yang memiliki penghasilan tetap sekalipun akan mengalami yang namanya pengeluaran tidak terduga. Belum lagi harga barang yang naik tidak bisa diprediksi jauh-jauh hari. untuk menjaga keadaan keuangan kita, mau tidak mau harus berhemat. Akan tetapi berhemat jangan saat mendesak saja, alangkah baiknya berhemat dilakukan setiap saat.

Hemat bukan berarti pelit. Jangan karena tujuan berhemat, anda sampai tidak peduli dengan lingkungan, bahkan menghindari bersedekah atau berinfak. Sesekali mentraktir teman tidak ada salahnya, asal jangan mumbazir berfoya-foya dan lain sebagainya. Bahkan seorang pengusaha seringkali mengajak rekan bisnis ataupun siapa saja, baik yang dikenal maupun tidak untuk ditraktir makan demi menjaga hubungan kerja atau mencari relasi baru.

Berhemat dapat dilakukan melalui berbagai hal. Terkadang kecil sekalipun dapat menjadi solusi di saat tidak terduga. yang menjadi pertanyaan, apakah anda dapat melakukannya dengan baik?

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk berhemat, diantaranya sebagai berikut;

·         Tata keuangan anda

Hal ini merupakan dasar dalam melakukan penghematan. Anda yang lebih tahu pendapatan anda, dan anda juga tahu pengeluaran rutin anda. Buatlah catatan akuntansi sederhana. Anda dapat mengisinya dengan data pendapatan, pengeluaran, biaya tidak terduga, dan lain-lain.

Ketika didalam catatan anda terdapat kelebihan, jangan bernafsu untuk dihabiskan. Alangkah baiknya untuk ditabung. Anda tidak akan dapat memprediksi pengeluaran anda di kemudian hari.  Jika dalam tabungan anda terdapat hutang, berusahalah membayarnya meskipun perlahan.

·         Refreshing dan traveling seperlunya

Jika anda berniat untuk berbelanja atau menghilangkan stres dengan traveling, kelola kemungkinan pengeluaran anda. Sekiranya anda merasa belum perlu refreshing, meski dana anda ada, lebih baik ditunda dulu. Lebih baik lakukan kegiatan lain mengisi waktu anda yang kosong dengan hal yang lebih positif.

Meski di saat tersebut anda sedang melepaskan lelah maupun stres, sebaiknya anda manfaatkan waktu tersebut dengan baik. yang namanya traveling atau refreshing cenderung membeli oleh-oleh. Untuk itu, sambil berbelanja  mata anda harus awas dengan barang yang dijual. Barang yang anda beli harus dipastikan harganya sesuai dengan kantong anda. cek harga produk yang sama di beberapa tempat, jangan sampai setelah barang anda beli dalam jumlah yang banyak, Ternyata beberapa meter dari tempat anda berbelanja tersebut menjual dengan harga yang jauh lebih murah, itupun belum ditawar sama sekali.

 

Jika didalam kegiatan traveling maupun berbelanja, ternyata ada kelebihan dana, jangan pula dihabiskan. Lebih baik anda menyimpannya dan mengelolanya untuk keperluan lain. Ingat! Anda tidak bisa memprediksi pengeluaran di masa depan.

 

·         Hematkan penggunaan air

Air merupakan salah satu kebutuhan manusia. Apakah itu untuk diminum, keperluan mandi, mencuci, dan lain-lain. tak jarang kita melakukan pemborosan dalam menggunakan air. Misalnya saja kebiasaan menggosok gigi dengan air keran yang mengalir. Lebih baik anda tampung air pada gelas untuk berkumur, akan jauh lebih menghemat penggunaannya dibandingkan dengan air yang mengalir. Anda tidak percaya? Jika anda memiliki wastafel, ketika anda akan menggosok gigi coba anda tutup saluran pembuangan air dan mulai menggosok gigi dengan menggunakan keran yang mengalir. Anda akan melihat jumlah air yang ditampung lebih banyak yang anda gunakan dibandingkan menggunakan gelas. Meskipun anda membuka tutup keran disaat akan berkumur dan mencuci sikat gigi, tetap jumlahnya lebih banyak dibandingkan menampungnya di gelas.

Saluran air yang kondisinya tidak baik pun akan menyebabkan pemborosan. Misalnya keran yang menetes, atau pipa yang merembes, jika dikumpulkan, banyak sekali air yang terbuang selama satu bulan. Belum lagi kalau pipanya pecah karena tidak segera diganti, malah menambah angka pengeluaran anda.

Ada lagi pemborosan yang sering dilakukan karena kebiasaan yang dilakukan ketika minum air dalam kemasan. Banyak sekali orang tidak menghabiskan minumannya, lalu diletakkan di sembarang tempat. Ketika ingin mengambilnya, merasa ragu apakah itu minumannya atau minuman orang lain. jika memungkinkan, minum sesuai kebutuhan bila perlu segera dihabiskan. Jika tidak langsung habis, letakkan di tempat yang kita tentukan. Bila tidak bisa menghabiskannya dan ingin meninggalkan tempat, dari pada dibuang begitu saja, lebih bermanfaat jika anda gunakan untuk menyiramkan ke tanaman di sekitar anda. Ingat, air dalam kemasan itu anda beli menggunakan uang, jika anda buang ke tempat sampah begitu saja, anda melakukan hal yang mumbazir, malah tanpa disadari anda melakukan perbuatan dosa.

 

·         Hemat listrik

Banyak sekali kebiasaan sepele yang menyebabkan pemborosan di dalam menggunakan perangkat listrik. Ada yang membiarkan lampu kamar menyala terus sepanjang hari, ini sudah jelas suatu pemborosan. Jika di siang hari, lebih baik kita singkap tirai kamar dan biarkan cahaya matahari menerangi kamar anda. pada malam hari ketika anda akan tidur, lebih baik anda dimatikan lampu kamarnya. Pada beberapa artikel kesehatan, tidur malam dalam keadaan gelap bermanfaat bagi kesehatan daripada dalam keadaan terang. Bagaimana bagi anda yang tidak berani tidur dalam keadaan gelap, anda beli saja lampu tidur  dengan watt kecil. Kamar pun tidak terlalu gelap dan listrik bisa lebih hemat. Perlahan-lahan rasa takut anda tidur dalam keadaan gelap akan berkurang, karena suasana kamar tidak terlalu terang, sesekali coba matikan lampu tidur tersebut, hingga akhirnya ketakutan anda tidur dalam keadaan gelap perlahan-lahan menghilang.

Manajemen penggunaan perangkat TV di rumah, dapat menghemat pengeluaran anda. Sebaiknya gunakan 1 buah televisi saja untuk satu rumah. Jika terdapat lebih dari satu tv, gunakanlah secara bergantian. Selain menghemat listrik, komunikasi di dalam keluarga anda semakin dekat dan hangat.  Tontonan anak-anak di rumah juga menjadi lebih terkontrol di bawah pengawasan anda.

Perangkat elektronik zaman sekarang semakin canggih. Banyak sekali perangkat yang dapat dioperasikan melalui remote control. TV, AC,  Media Player CD/VCD/DVD, bahkan kipas angin. Berbagai media tersebut sering terhubung langsung dengan colokan listrik dalam keadaan standby. Tentunya keadaan standby membutuhkan keluaran listrik juga, meskipun kecil. Alangkah baiknya ketika tidak digunakan, segera dicabut dari colokan. Charger handphone pun seringkali tidak dicabut ketika sudah tidak digunakan. Di siang hari anda tinggalkan rumah dalam keadaan kosong, sedangkan perangkat terus terhubung.

Belum lagi resiko lain karena steker perangkat masih terpasang pada stop kontak, bagi rumah yang tidak memiliki anti petir ataupun tidak menggunakan arde pada kelistrikan rumah.  Penulis berbagi pengalaman salah seorang rekan, yang meninggalkan rumah untuk berangkat kerja, akan tetapi perangkat tetap terhubung pada stop kontak. Ternyata ketika meninggalkan rumah tersebut, cuaca kurang baik. hujan lebat dan petir besar melanda tempat tinggalnya, dan disaat rekan tersebut pulang dan sampai di rumah, ia mendapati perangkat listrik di rumahnya rusak semua. Semua perangkat listrik tersebut memang terhubung pada satu stop kontak. Akhirnya terpaksa terjadi pengeluaran untuk melakukan perbaikan perangkat tersebut. Untuk itu biasakan mencabut segala perangkat yang ada dirumah sebelum anda bepergian, meski hanya sebentar.

·         Berhenti merokok

Merokok salah satu kebiasaan yang tidak baik bagi diri sendiri maupun lingkungan. Organisasi kesehatan dunia getol memperingatkan bahaya rokok bagi pengguna aktif maupun pasif. Selain berdampak bagi kesehatan, rokok juga berdampak terhadap pengeluaran anda.

Mungkin bagi anda yang sudah kecanduan, akan sulit untuk berhenti. Kurangi penggunaannya perlahan-lahan. Kurangi juga dari sisi jumlah serta kadar tar atau nikotin yang terkandung didalamnya. mudah-mudahan anda dapat benar-benar menghentikan penggunaannya.

Anda bisa menghemat pengeluaran, dan anda pun dijauhi dari resiko penyakit yang ujung-ujungnya terjadi pengeluaran biaya pengobatan yang tidak sedikit.

·         Gunakan Produk Hemat Energi

Beberapa produk hemat energi sudah banyak dijual di pasaran. jika dana anda memungkinkan, ganti semua bola lampu anda dengan produk hemat energi. Tapi ingat, anda harus memperhatikan kualitas produk. Jangan karena anda ingin membeli produk hemat energi, anda membeli yang berharga murah dengan kualitas buruk. Biarlah awalnya anda membeli dengan harga yang lebih mahal, tapi awet dipakai bertahun-tahun.

 

·         Tata tempat tinggal dan sirkulasi udara di rumah anda

Mungkin pembaca bingung pada item ini, dimana hubungan dengan penghematan? Untuk item ini sangat sederhana, tapi efeknya cukup besar bagi pengeluaran anda.

Pada item ini Penulis ingin membuka mata pembaca untuk dapat menata tempat tinggal yang cukup berefek besar penghematan dari sisi pengeluaran anda. hal yang dapat anda lakukan yaitu, ketika anda membangun rumah, atur ketinggian langit-langit dengan posisi yang tepat disertai penataan sirkulasi udara yang baik. untuk halaman, tanamlah berbagai jenis tanaman, serta posisikan pohon yang rindang di berbagai sisi rumah. Hal ini berefek suasana rumah yang sejuk dan nyaman. Dengan udara yang lebih segar dan sejuk, dapat meminimalisir penggunaan perangkat pendingin ruangan. Suasana yang nyaman dan asri akan membuat anda lebih betah di rumah. bahkan di hari libur anda akan lebih memilih istirahat di rumah daripada keluar menghilangkan suntuk, ujung-ujungnya ada pengeluaran.

 

·         Manfaatkan sarana transportasi umum

Jika anda ingin bepergian, alangkah baiknya anda hitung-hitung dulu pengeluaran jika menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan menggunakan transportasi umum. Untuk jarak yang dekat, lebih baik berjalan kaki saja. Anda dapat berhemat sekaligus lebih sehat.

 

·         Tahan selera

Item ini cukup penting disikapi oleh pembaca. Banyak yang tidak bisa menahan selera dengan baik, akhirnya pengeluaran membengkak drastis, sedangkan keadaan keuangan anda tidak memungkinkan. Bedakanlah antara keinginan dengan kebutuhan. Jika anda dapat menjaga hal ini dengan baik, akan berdampak besar pada keuangan anda. kalau yang diingat hanya keinginan atau hawa nafsu saja, anda tidak akan pernah merasa cukup. Selalu merasa kurang dan tak pernah puas. Maka dari itu fokuskan kepada kebutuhan anda saja terlebih dahulu sambil menabung. Jika anggaran dirasa cukup dan tidak mengganggu keuangan anda, silahkan anda penuhi keinginan anda. tapi tetap harus bijak dalam membeli dan mempergunakannya.

 

Masih banyak lagi yang dapat dilakukan untuk berhemat. Tinggal kitanya saja harus lebih cerdas dan cermat menyikapinya. Lebih baik anda mulai dari sekarang. Dari beberapa hal diatas banyak hal yang dapat dipetik. Akhirnya dapat disadari bahwa berhemat bukan hanya bermanfaat dari sisi ekonomi, tapi ekonomi saja, tapi juga dari kesehatan maupun lingkungan. Berhematlah untuk masa depan yang lebih baik.


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)