Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Cara Mengubah Ukuran / Pixel Gambar Dengan Aplikasi Standar
Selasa, 28 Juni 2016-08:09:00WIB
Kategori: Tips & Trik - Dibaca: 1008 kali

Adakalanya anda harus mengupload atau mengirim gambar via surat elektronik, anda kesulitan mengirimkannya dalam jumlah banyak. Padahal gambar yang dikirim dengan resolusi / pixel yang kecil saja sudah cukup baik bila ingin dicetak dalam ukuran foto 4 R. Terkadang anda hanya ingin mengirimkan gambar seperlunya saja tanpa memperhatikan detail yang tajam.

Kecanggihan kamera digital semakin meningkat. Kamera ponsel, kamera pocket maupun Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) telah dibekali berbagai fasilitas yang menunjang kualitas foto yang baik. Sebagian besar kamera keluaran terbaru telah dibekali kemampuan menghasilkan gambar yang semakin baik. hal ini ditunjang oleh pixel pada lensa yang telah tertanam pada kamera tersebut. Sehingga menghasilkan resolusi gambar yang sangat baik. belum lagi dukungan software pada perangkat, sehingga berbagi tipe gambar dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Pixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Pixel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci denga pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi. (Sumber : Wikipedia)

Pengertian Megapixel kamera pada kamera digital adalah representasi sebuah titik terkecil pada sebuah gambar grafis yang dihitung per incinya. Megapixel sendiri berasal dari Mega yang berarti satuan juta, sedangkan Pixel adalah titik elemen gambar seperti yang dijelaskan diatas. Jadi Megapixel merupakan sejuta titik elemen gambar.

Dari sini Anda sudah bisa mengerti bahwa suatu gambar digital dari kamera dibentuk oleh ribuan titik elemen tersebut. Sehingga semakin tinggi jumlah Megapixel, maka memungkinkan semakin tinggi pula resolusi gambarnya. Maka semakin tinggi resolusi gambar, maka semakin besar pula kapasitas / ukuran file yang dihasilkan. Penulis beranggapan bahwa suatu saat di masa depan  akan  ada teknologi terbaru yang dapat mengolah hasil gambar  resolusi tinggi, tapi dengan kapasitas file yang tidak terlalu besar.

Sebagian besar orang saat ini sudah memiliki ponsel berkamera. Anda dapat mengambil gambar kapan saja dan di mana saja. Dengan fasilitas lensa yang memiliki pixel yang cukup besar pada kamera ponsel, cenderung menghasilkan ukuran file yang cukup tinggi. Berbeda dengan diawal peluncuran ponsel berkamera, sebagian besar menggunakan kamera VGA dengan besaran 0,3 mega pixel. Kamera VGA pada ponsel menghasilkan ukuran file yang tidak terlalu besar. Jika pengambilan gambar dilakukan dengan baik dengan pengaturan yang terbaik, akan menghasilkan ukuran rata-rata 200-300an kilobyte. Gambar yang dihasilkan dapat dicetak pada kertas foto 2R sampai dengan 4R. Akan tetapi ukuran 4R sudah mulai terlihat agak blur, meski tidak terlalu jelas, tapi sudah cukup untuk mengabadikan moment yang ada. Jika dicetak dangan ukuran yang lebih besar, gambar akan semakin terlihat blur, ukuran 5R sudah jelas blurnya, apalagi jika dicetak ukuran 10R yang merupakan rata-rata foto pajangan di dinding. Meski ukuran file tidak begitu besar, akan tetapi cukup memakan space pada memory ponsel pada masa tersebut, karena rata-rata kapasitas memory ponsel sangat kecil, kapasitas memory card pun harus disesuaikan kemampuan ponsel. Lain halnya saat ini. pixel kamera ponsel semakin tinggi, bahkan mengalahkan pixel kamera DSLR, meskipun kualitas maupun fasilitas kamera DSLR jauh lebih baik.

Sebagian besar aplikasi editor foto memiliki fitur mengubah ukuran / resize foto sesuai dengan keinginan kita. Aplikasi editor foto ada yang sifat nya gratis, ada yan berbayar. Anda tinggal download untuk aplikasi free, maupun membeli aplikasi premium yang anda inginkan. Akan tetapi bagaimana bagi anda yang tidak ingin ribet untuk mengedit foto sesuai kebutuhan tanpa harus menginstal aplikasi lain, mengandalkan aplikasi yang sudah terinstal pada komputer saja? Hal ini bisa saja dilakukan dengan aplikasi standar yang ada pada komputer. Karena beberapa aplikasi editor terkenal membutuhkan pemahaman dan latihan yang continue, agar dapat mengoperasikannya dengan baik, karena menu yang berlimpah dan cara mengeditnya cukup memakan waktu bagi yang awam.

Penulis akan menunjukkan dua jenis aplikasi standar  yang dapat digunakan untuk meresize gambar, yaitu Aplikasi Microsoft Paint dan Microsoft Office Picture Manager.

a.      Aplikasi Microsoft Paint

Pada Sistem operasi Windows, default nya sudah ada program Paint. aplikasi ini sudah langsung ada setiap kali Windows diinstal. Tidak seperti aplikasi lain yang harus diinstal tersendiri. Cara penggunaannya cukup mudah dengan didukung icon yang dapat dipahami bagi yang awam.

Aplikasi ini dapat anda temukan di dalam menu Windows anda dengan cara ;

1.      Klik Start (Logo Windows), --> lalu anda Klik all Program, --> dan Klik Accesories --> dan anda klik Paint

Jika anda ingin menampilkannya pada desktop, di menu Accesories anda klik kanan pada aplikasi Paint --> pilih Send to --> dan klik Desktop (create shortcut), dan aplikasi tersebut akan terlihat pada tampilan desktop anda.

                2.      Klik Open untuk mencari gambar yang akan anda resize

                      seperti gambar berikut 

 

 

3.      Klik tab resize

4.     Pada pilihan “Resize and Skew”, anda dapat memilih berdasarkan persentase atau pixel, isilah dengan angka yang lebih kecil. Misalnya anda ingin mengubah berdasarkan persentase, anda ingin resize 50%, maka isi angka 50 pada bagian Horizontal, dan bagian vertikal akan otomatis menyesuaikan, dengan catatan box Maintain aspec ratio masih tetap dicentang, lalu klik oke

 


 


5.     Ukuran foto pada tampilan akan langsung menyesuaikan dengan perintah yang kita berikan, lalu klik “save as”, lalu anda pilih format gambar yang akan anda simpan seperti format file aslinya, jika format aslinya jpg maka pilihlah jpg juga, kecuali anda ingin menjadi format lain.

 

6.      Simpan di folder dan nama yang anda inginkan. Silahkan cek properties gambar yang anda resize. Ukuran akan lebih kecil dibandingkan ukuran file asli. Jika terlalu kecil, gambar cenderung semakin pecah di zoom. Maka resize file seperlunya sesuai dengan kebutuhan anda.

b.      Microsoft Office Picture Manager.

Aplikasi ini tidak include jika menginstal Windows, akan tetapi harus menginstal Aplikasi Microsoft Office. Microsoft Office merupakan aplikasi yang selalu diinstal sebagai media pengetikan (Ms. Word), Pengolahan Angka (Ms.Excell), Slide Show (Ms. Power Point), dan lain-lain. Di dalam progam ini disediakan program Microsoft Office Picture Manager.

Bedanya dengan Ms.Paint bisa “corat-coret” seperti buku gambar, sedangkan Microsoft Office Picture Manager fokus kepada mengatur olahan gambar.

Langkah resize menggunakan Microsoft Office Picture Manager. Adalah sebagai berikut:

1.      Klik Start --> All program --> Microsoft Office -->  Microsoft Office Tools --> Microsoft Office Picture Manager

2.    Atau anda dapat langsung klik kanan pada foto yang akan anda edità open with --> Microsoft office 2010 (penulis menggunakan Ms. Office 2010)

3.      Klik Tab Picture --> resize

 

 


     4. anda dapat memilih Predefined width x height, custom width x height,

         atau percentage of original width x height.

        Lebih mudahnya kita memilih berdasarkan persentase, yaitu atau

        percentage of original width x height, kita isi dengan persentase

        yang lebih kecil, lalu klik oke

 

     5. gambar sudah selesai di resize. Tapi jangan langsung anda save,

         karena akan langsung mengganti file aslinya.

        Anda klik save as, lalu simpan di folder atau dengan nama file yang

        berbeda. Setelah selesai, silahkan bandingkan dengan file aslinya,

        sudah berubah bukan?

 

Demikian beberapa cara beserta langkah resize file gambar. Gunakan sesuai kebutuhan anda. Dengan mengubah ukuran file yang lebih kecil, akan mempercepat proses pengiriman file dalam bentuk gambar. Jangan pula terlalu kecil ketika resize ukurannya, karena beresiko gambar terlalu blur bahkan tidak jelas untuk dilihat.

Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)