Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Memanfaatkan Fasilitas Gadget di Dunia Kerja
Selasa, 29 Maret 2016-16:23:31WIB
Kategori: Tips & Trik - Dibaca: 564 kali

Seiring perjalanan waktu, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi semakin mudah, praktis, dan mobile (bergerak). Media kerja pun semakin kecil dan ringan, bahkan dapat dibeli dengan harga yang cukup murah. Beberapa gadget (perangkat elektronik kecil yang memiliki kemampuan khusus) dianggap sebagai suatu kebutuhan untuk mendukung pekerjaan maupun hiburan bagi penggunanya.

Jika kita melihat puluhan tahun ke belakang, media pekerjaan masih manual, berkas masih diketik dengan mesin ketik pita. Rumitnya, jika ada kesalahan ketik satu huruf saja, tidak bisa dihapus begitu saja. Harus dicoret, atau menggunakan tipe-ex untuk memperbaiki tulisan yang salah. Bahkan jika surat atau berkas itu sangat penting, tidak boleh satu huruf pun yang salah. Sehingga seringkali untuk membuat satu lembar surat penting akan menghabiskan kertas puluhan lembar. Perusahaan atau kantor pemerintah ketika itu memberi perhatian khusus atas kapabilitas seorang juru ketik di dalam menghasilkan ketikan yang rapi, cepat, dan minim kesalahan. Mesin ketik pun terbilang barang yang cukup langka untuk dimiliki oleh orang-perorang.

Tapi sekarang, media kerja bermacam-macam. Mesin ketik manual telah ditinggalkan. Di dunia kerja saat ini telah menggunakan media komputer untuk pengetikan dokumen, atau , menggunakan mesin ketik listrik. Dengan menggunakan komputer, ketikan yang salah dapat diperbaiki berkali-kali sebelum dicetak oleh mesin printer. File pun dapat dicetak dengan beraneka jenis huruf, desain/model, bahkan dapat disimpan dalam bentuk digital. Sedangkan mesin ketik listrik, meski fisiknya hampir sama dengan mesin ketik manual, mesin ketik listrik mempunyai kelebihan dapat dioperasikan atau diketik terlebih dahulu sebelum tulisan dicetak di kertas, jika ada salah ketik, masih dapat diperbaiki sebelum tombol enter ditekan.

Komputer atau laptop sudah tidak dianggap barang mewah lagi. Bukan hanya di kota besar, dilingkungan pedesaan sekalipun jika ada yang memiliki laptop sudah bukan merupakan hal yang asing lagi. Anak-anak usia dini juga sudah dibiasakan menggunakan komputer untuk sarana belajar maupun hiburan.

Laptop yang dulunya ukurannya tebal, berat, dan sangat mahal, sekarang semakin tipis, ringan, dan harganya terjangkau. Belum lagi media internet yang semakin mudah dengan semakin banyaknya hotspot wifi gratis di pusat perbelanjaan maupun gerai makanan.

Dan akhirnya saat ini di saat teknologi perangkat teknologi komunikasi semakin menggeliat. Berbagai macam gadget komunikasi bermunculan dengan segala kelebihannya. Produsen gadget menciptakan produk yang dulunya hanya di dunia khayal, akhirnya menjadi kenyaataan. Semua bisa dilakukan dalam genggaman kita sendiri. Perangkat komunikasi yang awalnya hanya sebagai media yang kaku, berat, mewah, dan terbatas, kini sudah ditinggalkan, beralih ke gadget canggih tersebut (Smartphone).

Smartphone telah didesain sedemikian rupa oleh produsen, baik dari estetika, durabilitas, maupun secara mobilitasnya. Sehingga pada smartphone telah memenuhi keperluan komunikasi, media kerja, bahkan hiburan bagi penggunanya. Tak jarang baagi yang memiliki “rezeki yang berlebih”, membelikan untuk anaknya sebagai media hiburan sekaligus belajar, karena berbagai aplikasi telah disediakan oleh pihak penyedia layanan sangat mendukung kebutuhan tersebut.

Di dunia kerja, kepemilikan laptop dan smartphone bukan hal yang aneh lagi. Gadget telah merambah ke kegiatan pekerjaan. Akan tetapi pada prakteknya di dunia kerja, pengguna sering tidak sadar akan kelebihan yang dimiliki oleh gadget yang dimilikinya tersebut. Terutama bagi pegawai yang melakukan dinas luar kota, tak jarang harus bolak-balik dan merasa pusing atas pekerjaan yang mendesak, atau kehilangan ide karena panik dan tidak terencana dengan baik.

Untuk itu penulis memberikan sedikit pencerahan, yang sebenarnya sederhana, tapi selalu terabaikan atau tidak terpikirkan dikarenakan kepanikan atau kebingungan yang dialami si pegawai tersebut. Berikut langkah-langkah yang dapat diaplikasikan sebelum maupun selama kegiatan berlangsung.

A. Persiapkan Perangkat Kerja Utama

Yang penulis garis bawahi di sini adalah, perangkat atau gadget apa yang ingin dibawa selama perjalanan. Sekiranya ketika dinas luar diprediksi akan mengolah data atau tulisan dalam kapasitas besar, lebih baik membawa laptop agar lebih fokus dalam mengolah pekerjaan anda. Akan tetapi jika anda ingin lebih praktis dalam bekerja dan lebih mobile, anda bisa mempersiapkan gadget.

B. Lengkapi dengan perangkat pendukung

Gadget yang berukuran kecil memang praktis, akan tetapi kecenderungan salah ketik juga semakin besar. Penulis menyarankan anda membeli perangkat keyboard yang memiliki koneksi bluetooth. Ada berbagai jenis keyboard bluetooth di pasaran. tidak harus yang mahal, harga yang murah dengan material bermutu dapat menjadi pilihan

C. Rencanakan    Kemungkinan     Harus   Mencetak   Dokumen

    Dengan Berbagai Metode

Dokumen yang awalnya sudah kita bawa dari rumah, ternyata ketika di tempat tujuan terjadi kesalahan, mau tidak mau anda harus mencetak ulang. Anda tentu lebih memilih perbaiki kesalahan dokumen itu dibandingkan harus pulang dulu ke rumah atau kantor, lalu berangkat lagi di waktu yang berbeda.

Salah satu hal yang menyulitkan adalah ketika ingin mencetak dokumen. Dengan keberadaan gadget saat ini, pencetakan dapat dilakukan dengan mudah. File yang telah anda edit dapat dicopy ke flashdisk, lalu dicetak di toko percetakan atau usaha rental komputer yang ada media print. Jika tidak membawa flashdisk, yang menggunakan gadget tetap bisa menyimpannya di gadget, lalu ditransfer via kabel data, dan jika tidak membawa kabel data, masih bisa dikirim via e-mail

D. Bila   perlu,   Beli  Printer  untuk   dibawa  -  bawa   kemana

    saja                       

Mungkin pembaca kaget membaca item ini. Pembaca akan membayangkan printer yang besar, harus direpotkan oleh beratnya printer, dan harus mencari colokan listrik kesana-kemari sebelum mencetak. Jika anda menggunakan kendaraan sendiri, anda dapat membeli printer standar saja. Tapi bagi anda yang ingin bepergian dengan menenteng tas atau ransel, tentu saja printer besar agak menyulitkan.

Ada beberapa printer yang telah diciptakan produsen printer dalam dimensi yang cukup kecil, ringan, dan praktis. Bahkan terintegrasi oleh baterai, sehingga anda tidak khawatir harus mencari colokan listrik, selama baterai telah dicharge tentunya. Berbagai jenis printer dengan beragam ukuran telah dijual di pasaran. Ada printer yang  lebarnya hanya separuh dari laptop 14” dengan berat 3-4 kg saja, hingga seukuran mug/gelas yang bisa bergerak secara robotik dengan berat sekitar 300 gram saja.

Akan tetapi printer ukuran kecil memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan printer kebanyakan. Tapi jika memiliki dana yang cukup, dan penggunaannya dianggap cukup bermanfaat untuk jangka panjang, tidak ada salahnya untuk memiliki perangkat ini.

Rencanakanlah kegiatan dinas luar anda dengan sebaik-baiknya. Manfaatkan teknologi yang telah dibuat sepraktis mungkin untuk mendukung pekerjaan anda. Tapi jangan terlalu tergantung dengan gadget yang ada. Tetap simpan dokumen anda dalam berbagai media. Belum tentu gadget yang anda bawa akan “bersahabat” baik dengan anda. Adakalanya mengalami hang, bahkan hilang di tangan yang tidak bertanggung jawab. Dalam hal ini yang jadi penyelamat anda adalah media penyimpanan online. jika anda telah menyimpan dokumen secara online, anda dapat menumpang mengolah dokumen anda di komputer atau gadget rekan anda di luar kota tersebut. Selalu ada solusi jika kita berpikir tenang dan terencana bukan? (Adr)
Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)