Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Keputusan yang Tepat Dapat Merubah Jalan Hidup Anda
Selasa, 31 Maret 2015-19:18:51WIB
Kategori: Motivasi & Inspirasi - Dibaca: 1609 kali

Hidup adalah “pilihan” dan segeralah tentukan pilihanmu.....atau “pilihan” yang akan menentukan hidupmu. Begitulah kata-kata yang sering muncul dihadapan kita. Kalau ingin melihat perubahan jadilah perubahan yang kita inginkan, tiada manusia yang gagal dalam kehidupan melainkan dia yang memilih untuk gagal dalam menjalani keputusannya. Ketika kita mengambil sebuah keputusan yang telah kita pertimbangkan sebelumnya kita harus siap dengan segala resiko yang akan terjadi.

Banyak yang terjadi di dalam kehidupan kita  yang menjadi dasar untuk mengambil keputusan. Adakalanya muncul motivasi kita ingin berubah ke arah yang lebih baik, akan tetapi kenyataanya kita sudah gagal sebelum mencobanya. Kita menjadi kaya miskin susah senang adalah pilihan kita sendiri keluarkan segala kemampuan untuk menentukan pilihan. Selama kita masih punya tekad yang terpelihara dalam semangat, maka tiada kata terlambat untuk memulai sebuah awal yang baru.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, sehingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri.”(QS. Ar-Ra'd: 11)

 

Dalam kehidupan, seringkali kita dihadapkan pada suatu pilihan, dan pilihan-pilihan tersebut kadang membuat kita sangat cemas. Bahkan jika pilihannya sangat pelik membuat kita gamang mengambil keputusan. Tapi bagaimanpun kita tetap harus memutuskan yang terbaik dari pilihan-pilihan tersebut.

Mengapa harus ada pilihan? bukankah kita bisa bersikap tidak memilih satupun?” itulah jalan hidup, Hidup adalah pilihan, sebuah cerita hidup tidak akan berlanjut tanpa keberanian untuk memilih dan sebuah pilihan selalu punya resiko... sebesar apa resiko dari sebuah pilihan adalah relatif, tidak bisa terukur namun hanya bisa dirasakan. Semakin tepat keputusan kita, maka semakin tinggi tingkat kesejahteraan atau keberhasilan yang diperoleh. Tapi jika salah mengambil keputusan, maka konsekuensinya harus menerima efek buruk dari pilihan kita tersebut.

Pilihan kebaikan sebenarnya adalah awal dari kehidupan manusia, hidup di dunia ini merupakan suatu perjuangan. Tidak ada kesuksesan yang diraih tanpa perjuangan, tidak ada keberhasilan hidup tanpa peluh, keringat, dan air mata. Bahkan, Thomas Alva Edison berkata, "Kesuksesan adalah 1% kegeniusan dan 99% adalah kerja keras." Semakin kita merasakan perjuangan hidup, semakin dekat pula penemuan kita akan makna kehidupan yang sesungguhnya.Jika Allah SWT menghendaki ia mampu menampilkan surga di depan matamu, Dan jika Allah SWT  menghendaki ia sanggup menghapus masalah-masalah dalam hidupmu serta membinasakan semua musuh-musuh mu, dan itu semua karena atas kehendak Allah SWT.

Hidup merupakan suatu perjalanan panjang, yang penuh dengan perjuangan yang membutuhkan kebijaksanaan seseorang didalam menjalani kehidupan tersebut, bahkan ada yang merasa hidup ini sangat melelahkan dan membosankan karena hidupnya tak pernah berubah, susah..susah..dan terus kesusahan, hanya satu yang bisa kita lakukan di saat seperti ini bersyukur dan berdoa. Keputusanlah yang akan akan berpengaruh terhadap kehidupan, Hidup kita tidak akan berubah jika kita tidak mau merubahnya. Karena Allah SWT tidak akan merubah nasib kita jika kita tidak mau merubahnya,” itulah mengapa nasib seseorang tidak akan berubah jika bukan mereka sendiri yang merubahnya. Sebuah pepatah menyebutkan “bila engkau gagal mencapai cita-cita, coba lagi dan coba lagi, jangan pernah mengenal putus asa, coba lagi dan terus coba lagi, dan bila engkau gagal dalam satu cara, cari lagi cara lainnya,cari...cari lagi..cari dan terus cari lagi, jika ada kemauan pasti ada jalan, siapa yang mau berubah harus berani mengambil keputusan, siapa yang mau jaya tak kenal kata pantang menyerah”.

Kita bisa menarik sedikit proses pembelajaran dari seekor rusa. Ketika seekor anak rusa dilahirkan induknya ke bumi, ia langsung dibanting ke tanah dan mendapati udara dingin, tanah kasar, dan angin kencang. Sungguh suatu keadaan yang belum pernah dirasakan oleh anak rusa ketika berada dalam perut induknya. Anak rusa tetap berharap, sang induk dapat melindunginya ketika ia baru lahir. Namun, tidak demikian dengan keadaannya sekarang, malah sang induk menendangnya hingga berguling-guling ke tanah.Anak rusa itu merasa kaget bukan main atas tindakan induknya, tetapi belum sempat kekagetan itu hilang, ia sudah ditendang lagi oleh induknya, tendang lagi, dan ditendang lagi. Segera ia sadar bahwa kalau sedikit saja terlambat untuk bangun dan berdiri, sang anak akan segera ditendang induknya. Akhirnya, ia segera bangkit dan berlari menghindari tendangan induknya, berlari dan berlari. Sang induk pun tersenyum bangga melihat anaknya yang baru lahir mampu berdiri dan berlari.

Mungkin pembelajaran yang diberikan sang induk terkesan kasar. Namun, kita bisa mengambil hikmah bahwa binatang buas paling suka menyantap anak rusa yang baru lahir. Itulah sebabnya, induk rusa tidak menginginkan anaknya yang baru lahir, mati sia-sia tanpa perjuangan dalam hidupnya, dan merubahnya dirinya dari yang lemah menjadi kuat dan tidak bergantungan pada sesuatu, usaha..usaha..dan terus berusaha untuk menjadi yang lebih baik.

Diibaratkan ketika orang tua mendidik anaknya, pasti memiliki beberapa metode tersendiri. Sebagai orang tua yang baik, ia harus memahami karakter sang anak. Ada anak yang bisa dibimbing dengan cara lemah lembut, ada juga yang harus dibimbing dengan cara yang tegas atau disiplin. Sebagai orang tua, meski baru memiliki anak pertama sekalipun haruslah lebih bijaksana di dalam mendidik anaknya. Karena pendidikan anak yang tepat sangat berpengaruh bagi masa depannya.

Contohnya, jika orang tua mendidik anaknya dengan cara terlalu memanjakannya, apa saja keinginan sang anak selalu dituruti, hal ini akan beresiko bagi masa depannya. Karena masa depan kita tidak selamanya baik maupun sukses. Jika masa depan sang anak mengalami kesulitan perekonomian, hal ini akan mengganggu ketenangan maupun psikologis sang anak di masa depan. Karena selama ini segala kebutuhan selalu terpenuhi tanpa ia harus bekerja keras. Dan ketika ia harus memenuhi keinginan ataupun kebutuhannya ia akan susah payah, mungkin saja akan ia dapatkan tapi penuh dengan kesulitan dan hanya akan selalu mengeluh berkepanjangan menyesali kesulitan yang dialaminya. Kecuali dengan kesulitan tersebut dapat menjadikan ia lebih dewasa di dalam hidup.

Sebuah pepatah mengatakan, "Ada kemungkinan, setelah Anda berusaha keras Anda tetap tidak berhasil. Tetapi tidaklah mungkin untuk mendapatkan hasil apa pun tanpa pernah mau bekerja keras." Sikap pantang menyerah mencerminkan karakter kegigihan yang membuat seseorang dapat mencapai segala tujuan yang dicita-citakan. Kesuksesan dapat digambarkan sebagai suatu proses menghadapi setiap permasalahan, bertahan untuk mencapai tujuan, berusaha tanpa mau menyerah, dan akhirnya mencapai tujuan yang diinginkan. Yang menentukan masa depan anda bukan kekayaan, kedudukan dan kebahagiaan yang anda capai, tetapi ke arah mana anda akan membawa semua itu. Menjadi sukses itu bukanlah suatu kewajiban, yang menjadi kewajiban adalah perjuangan kita untuk menjadi sukses. Allah SWT telah memberikan garis kehidupan pada manusia, dan manusia lah yang memilih garis kehidupannya sendiri.

Terkadang di dalam menjalani kehidupan, kita harus melakukan proses evaluasi, dimana kita diharuskan untuk bisa memilih. Dengan pilihan itu kita mengharapkan dengan hasil yang maksimal dan sebaik-sebaiknya. Banyak orang bilang rumput tetangga lebih hijau, maka dari itu jadikan lah rumput tetangga tersebut sebagai motivasi hidup. Hidup di dunia ini memang tidak mudah jikalau kita tidak berusaha. Berusahalah selagi kita bisa dan jangan menyerah untuk berubah ke arah yang lebih baik. Jadi jangan pernah berhenti berdoa dan berusaha, seburuk apapun kondisi saat ini semuanya masih bisa berubah, bagaimanapun pahitnya pengalaman kita saat ini, bagaimanapun keadaan kita saat ini, optimis selalu anda bisa mengubah hidup anda menjadi lebih baik.

Tidak ada lagi alasan untuk menyerah, karena pada dasarnya kelemahan, kesedihan dan kemiskinan sudah menjadi takdir kita, mungkin anda akan beranggapan seperti itu. Padahal Nasib bisa berubah, kelemahan kita upayakan menjadi kekuatan, kesedihan kita motivasikan berubah menjadi lebih menyenangkan, kemiskinan kita jadikan pelecut untuk ke arah lebih sejahtera. Sekarang yang lalu biarlah berlalu, optimis..optimis..optimis..semua bisa berubah dan sekarang kita masih memilki harapan agar Allah SWT akan mengubah keadaan yang lebih baik, dan menuju kesuksesan. Harapan itu masih ada. Berdoalah dan terus berusaha.. Allah SWT akan mengijabahkan doa-doa hambanya yang disertai dengan berusaha. Insya Allah.. Amin Yaa Rabbal Aalamiin....(Sup)


Artikel Terkait

1 Komentar :

Sirwan [14 September 2015 - 10:55:56 WIB]
"luar bias..saya sngat terharu dengan artikel ini dan sangat bermanfaat bgi diri saya yg lg galau dengan keadaan hidupku..terimakasih pak
"

Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)