Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI JADI KABUPATEN PELALAWAN KE - 20 PADA TANGGAL 12 OKTOBER 2019
  
 

Kalender

Memanfaatkan Buku Agenda Dalam Kegiatan Sehari-hari
Selasa, 31 Maret 2015-19:18:23WIB
Kategori: Motivasi & Inspirasi - Dibaca: 4420 kali

Tak jarang buku agenda menjadi salah satu souvenir favorit yang selalu diberikan perusahaan tertentu kepada seseorang. Sebagian besar Bank di Indonesia pun selalu memberikan buku agenda tahunan kepada nasabah, yang seringnya diberikan kepada nasabah yang memiliki tabungan yang cukup besar. Banyak orang acuh tak acuh tentang hal ini. Bagi mereka buku agenda merupakan buku biasa yang mudah saja dibeli dimanapun. Padahal ada hal besar yang dapat dipelajari dari buku agenda tersebut.

Jika anda perhatikan, banyak orang sukses, orang-orang bijak, maupun pengusaha memiliki buku agenda kegiatan yang mencatat berbagai hal sesuai dengan kebutuhannya. Secara bahasa pengertian Buku agenda adalah buku yang dipergunakan untuk mencatat surat masuk dalam jangka waktu satu tahun. Pengertian tersebut lebih tepat ditujukan kepada buku agenda kerja di suatu instansi. Melalui artikel ini penulis ingin mengangkat manfaat besar yang dapat diambil dari buku agenda pribadi untuk kegiatan sehari-hari.

Buku agenda pribadi berperan penting bagi beberapa orang karena buku ini biasanya akan digunakan untuk mencatat semua kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya. Selain itu buku agenda juga bisa digunakan untuk mencatat beberapa hal penting lainnya agar tidak terlupa. Walaupun saat ini sebagian besar orang telah memiliki smartphone ataupun gadget yang memiliki fitur agenda atau catatan (notes), agenda dalam bentuk fisik tetap lebih digemari, dan penulis sendiri merasakan hal itu. Karena menulis sesuatu di ujung pena akan lebih mudah mengalirkan pemikiran maupun emosi di dalam tulisan tersebut.

Seperti yang telah penulis sampaikan di atas, beberapa hal penting merupakan materi yang perlu dicatat, karena bagaimanapun juga ingatan manusia memiliki keterbatasan. Seringkali momentum penting yang terjadi di kehidupan kita, kita memang mengingat hal tersebut akan tetapi sering lupa kapan tepatnya hal itu terjadi. Bahkan bukan hanya pengingat kejadian penting, namun bisa menjadi sarana pengembangan pemikiran/ide atau curahan hati dan fikiran layaknya diary singkat.

Ayah penulis sendiri merupakan sosok yang cukup rajin menulis di buku agenda. Buku agenda beliau sangat banyak yang berisi kegiatan atau moment penting yang terjadi di dalam kehidupannya sehari-hari. Meskipun tidak ada peristiwa penting pada hari itu, beliau tetap menulis apapun itu yang terkait apa yang dilakukannya pada hari itu, contoh kecilnya ; Hari Jum’at, Tanggal 07 Mei Tahun 1993, Pukul 12.00 Shalat Jum’at di Mesjid Raya, karena mesjid di dekat rumah sedang renovasi”.

Mungkin hal tersebut di atas dianggap sepele bagi beberapa orang, akan tetapi hal sekecil ini merupakan salah satu catatan sejarah hidup seseorang. Ketika penulis melihat tulisan itu, mengingatkan penulis bahwa mesjid di dekat rumah pernah mengalami renovasi yang membuat jamaah tidak memungkinkan Shalat Jumat dalam jumlah besar di Mesjid tersebut.  Hal ini dilakukannya bertahun-tahun. Setiap tahunnya ketika masih bekerja beliau selalu mendapatkan buku agenda dari instansi tempat bekerjanya, dan kadang –kadang didapatkan dari souvenir Bank. Ketika beliau pensiun sesekali masih mendapatkan buku agenda itu, jika tidak beliau akan membeli buku agenda, sehingga ia tetap bisa menulis segala moment yang terjadi, sampai akhirnya beliau sudah tidak memungkinkan lagi untuk menulis karena sakit.

Dalam pandangan penulis,  agenda ini bisa menjadi panduan perencanaan / strategi, sebagai catatan sejarah hidup seseorang, sebagai media diary singkat, sebagai sarana motivasi diri untuk menjadi lebih baik kedepannya, bahkan sebagai media peningkatan efektifitas kerja maupun kegiatan sehari-hari.

Lihatlah sebagian besar pengusaha sukses selalu menulis kejadian di dalam kehidupannya sehari-hari. Meski ia memiliki agenda kerja, maupun agenda kegiatan yang  selalu dipersiapkan ajudan atau sekretarisnya, tetap saja ia memiliki buku agenda khusus yang diperuntukkan untuk dirinya sendiri. Ia tetap akan mencatat hal penting yang harus dilakukannya, maupun yang telah terjadi di kehidupannya. Bahkan tak jarang rahasia terbesar di perusahaan yang ia pimpin hanya ada di buku agenda pribadi miliknya itu.

Jika pengusaha sukses dan orang hebat yang memiliki waktu yang sangat padat, bahkan waktu istirahat mereka saja terbatas, tetap menulis agenda pribadinya, mengapa bagi kita yang memiliki waktu yang lebih luang tidak dapat melakukannya?

 

Membiasakan menulis agenda

Sebagian besar orang ketika memulai menulis agenda, pada awalnya saja bersemangat, tapi lambat laun akan semakin jarang melanjutkannya, bahkan menghentikannya sama sekali. Memang kebiasaan baru bagi beberapa orang agak sulit untuk menjadi rutinitas. akan tetapi jangan berlarut-larut.

Banyak cara yang dapat dilakukan agar terbiasa menulis agenda harian diantaranya sebagai berikut:

a. Gunakan tulisan yang singkat, padat dan jelas

            Sebagian besar buku agenda memiliki ruang terbatas, maksimal satu halaman saja. Hal ini telah didesain oleh pembuat agenda terdahulu, bahwa pada dasarnya penulisan agenda hanya hal-hal penting saja. Dengan tulisan yang singkat, padat dan jelas, bukanlah hal yang berat bagi kita semua bukan? Pastikan tulisan yang singkat tersebut telah tertuang apa yang menjadi point penting pada hari tersebut, dan sewaktu-waktu anda membaca potongan tulisan tersebut akan membuat anda mengingat detail kejadian dengan jelas.

b. Beli Buku Agenda sesuai kebutuhan

Buku agenda tidak harus mahal, buku tulis biasa sekalipun bisa menjadi buku agenda, hanya anda harus memberi batasan luas penulisan, serta memisahkan tulisan sesuai dengan tanggal kejadian. Jika memungkinkan, dan lebih memancing semangat menulis, alangkah baiknya anda memang membeli buku Agenda khusus. Semakin bagus bukunya, harusnya semakin memancing anda untuk menulis.

c. Gunakan Alat tulis yang baik dan khusus

Alat tulis berupa pena yang baik mempengaruhi anda dalam menulis. Tidak jarang seseorang menulis agenda dengan pena yang spesial baginya, apakah pena tersebut merupakan pena hadiah dari ulang tahun, pemberian orang penting, atau memang sengaja membeli pena yang benar-benar bagus bahkan bermerk. Dan pena tersebut selalu di selipkan di buku agenda itu, karena pena tersebut memang anda khususkan untuk menulis agenda itu.

d. Mulai dari hal yang terkecil

Menulis agenda dapat dimulai dengan jadwal anda bangun pagi,  kejadian-kejadian sederhana, dan lain-lain. Jika ada kejadian penting pada hari itu, segera catat. Jangan lupa bahwa hal itu harus dicatat hari, jam, tanggal yang detail. Jangan lupa bahwa anda sedang menggoreskan sejarah hidup anda di ujung pena. Hal sekecil apapun adalah hal yang berarti di dalam kehidupan anda.

e. Lakukan Review agenda anda ke belakang

Adakalanya anda harus membaca agenda yang telah anda tulis beberapa hari kebelakang. Anda bisa mempelajari gaya penulisan anda sebelumnya, dan itu dapat menjadi koreksi penulisan, maupun sikap anda kedepannya.

 

Menulis agenda memiliki banyak manfaat, perlahan-lahan anda akan menyadari banyaknya manfaat menulis agenda ini. Jika hal ini dapat menjadi rutinitas, anda dapat menjadi pribadi yang lebih disiplin. Pandangan hidup dapat lebih terarah dan tertata, karena anda selalu membuat perencanaan dengan baik.

Tanpa anda sadari anda akan lebih menghargai waktu jika anda selalu melakukan review ke belakang. Anda akan berusaha mencapai target dan mengektivitaskan waktu anda dengan lebih baik. Jika anda melakukan ini dengan rutin dan selalu melakukan evaluasi, penulis yakin dan percaya siapapun dapat menjadi pribadi yang bermanfaat baik bagi dirinya sendiri, keluarga, maupun masyarakat. (Adr)
Artikel Terkait

2 Komentar :

Bambang [15 Agustus 2015 - 14:54:11 WIB]
"Betul sekali. Rencana kita bisa lebih terkontrol dengan adanya buku agenda...
"
 [18 Juni 2015 - 09:00:06 WIB]
" Alhamdulillah dengan adanya buku agenda kerja, saya bisa menjadi lebih disiplin :-) terima kasih. "

Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)