Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Pentingnya Olah Raga Dalam Kehidupan Sehari-hari
Senin, 29 Desember 2014-12:47:45WIB
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 7750 kali

Foto Artikel

Secara umum pengertian olahraga adalah sebagai salah satu aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang tersebut itulah olahraga. sedangkan kesehatan adalah suatu keadaan normal baik jasmani maupun rohani sesuai porsinya yang dialami oleh makhluk hidup.

Adapun kesibukan atau rasa malas ,kadang olahraga sering terabaikan dan bahkan terlupakan,padahal jika melakukan olahraga secara rutin,serangan dari berbagai penyakit akan bisa dihindari dan kita pun akan terhindar dari berbagai obat obat yang tidak mengenakan .stamina seseorang yang suka melakukan olahraga secara rutin akan berbeda dengan seseorang yang jarang ataupun tidak pernah melakukan olahraga.

Ada pun manfaat olah raga untuk kesehatan tubuh yaitu :
1.    Meningkatkan daya tahan tubuh

Melakukan olahraga secara rutin dan teratur dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga jika daya tahan tubuh kita bagus maka tubuh tidak akan terserang penyakit

2.    Meningkatka kemampuan otak

Manfaat olahraga secara teratur setiap hari dapat meningkatkan pasokan oksigen dalam tubuh sehingga sikulasi darah dalam tubuh sehingga sirkulasi darah dalam tubuh terutama aliran darah keotak juga akan lancar sehingga otak bekerja lebih baik lagi

3.    Membakar lemak

Olah raga merupakan kegiatan yang sudah terbukti dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga sangat disarankan bagi anda yang ingin melangsingkan tubuh untuk itu disaran kan bagi anda yang ingin melangsingkan tubuh untuk melakukan olahraga secara teratur setiap hari

4.    Mengurangi stres

Olahraga berfungsi untuk meregang kan otot-otot tubuh sehingga membuat tubuh dan otak menjadi segar setiap saat. Dengan tubuh dan otak yang segar maka akan menjadikan anda terhindar dari stres yang mungkin dapat dialami kapan pun juga

5.    Mengatasi penuan dini

Usia yang semakin hari bertambah akan menyebabkan suatu perubahan pada tubuh seperti kulit keriput atau disebut juga dengan penuan. Untuk menghindari penuan dini anda dapat melakukan olahraga secara teratur sehingga produktivitas sel-sel baru pada kulit akan terangsang dan kulit akan tampak lebih kencang bebas kerutan.

6.    Meningkatkan energi tubuh

Orang yang secara rutin melakukan olahraga akan memiliki stamina yang baik sehingga tidak mudah lemas saat melakukan suatu pekerjaan yg berat. 

 Ada pun penyakit yang bisa dihindari dengan melakukan olahraga secara rutin

  1. Mengurangi resiko kematian premature
  2. Mengurangi resiko kematian premature akibat penyakit jantung
  3. Mengurangi resiko serangan diabetes karna olahraga mampu mengatur peredaran kadar gula dalam darah
  4. Mengurangi resiko terjadinya tekanan darah yang tinggi
  5. Membantu menurunkan tingkat hipertensi pada orang yang sudah mengidap tekanan darah tinggi
  6. Mengurangi resiko terkena kanker usus besar
  7. Mengurangi perasaan depresi dan kecemasan
  8. Membantu mngontrol berat badan
  9. Membantu menjaga serta membangun kepadatankesehatan tulang,otot,dan sendi
  10. Membantu orang dewasa lebih kuat dalam berjalan jauh sehingga menjadi lebih aktif
  11. Meningkatkan kesejahteraan dalam psikologis


Macam – macam olahraga dan manfaatnya
1.    Joging

Joging adalan salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan,kebugaran,dan stamina. Tidak pelu punya keahlian khusus agar dapat dapat melakukan joging, semua orang dari segala usia dan kalangan dapat melakukan joging. Oleh karna itu joging termasuk salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan,banyak manfaat yang bisa diperoleh, antara lain :
  • Mempercepatkan sistem pencernaan dan membantu menyingkirkan masalah  pencernaan
  • Membuat jantung kuat dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernapasan.
  • Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif.
  • Dapat mengatasi masalah dengan selera makan.
  • Membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan
  • Mengencangkan otot kaki, paha,dan punggung.
  • Membuat tidur lebih nyenyak.
  • Menetralkan depresi

2.    Aerobik

Aerobik ialah merupakan salah satu olahraga yang sedang populer saat ini,semua orang dari segala usia berlatih aerobik dan kegiatannya tidak tidak hanya dilakukan di pusat pusat kebugaran saja tapi fasilitas umum yang biasa mengadakan senam massal juga banyak diminati. Manfaat latihan aerobik antara lain :
  • Meningkatkan daya tahan jantung
  • Meningkatkan daya tahan paru – paru
  • Menguatkan otot – otot tubuh
  • Kelenturan
  • Membakar kalori

3.    Renang

Renang adalah suatu olahraga yang mempunyai manfaat besar, manfaat renang selain untuk kebugaran dan kesehatan fisik juga untuk menenangkan pikiran yang sedang gundah atau stress.
Manfaat renang bagi kesehatan tubuh antara lain :
  • Membantu mempertahankan tekanan darah dan kolestrol pada tubuh
  • Menjaga detak jantung manusia agar terus berdetak normal
  • Untuk kesehatan paru – paru dan menurunkan resiko stroke,serangan jantung, dan penyakit diabetes
  • Menguatkan fleksibilitas sendi
  • Meningkatkan level olahraga fisik manusia

Banyak jenis olahraga yang terdapat diindonesia saat ini,apa lagi saat sekarang olah raga menjadi ajang tempat berkumpul para pencinta kesehatan,tidak halnya dengan pencinta kesehatan akan tetapi olahraga juga menjadi seseorang itu menjadi percaya diri,olah raga juga sebagai dari permainan.

Jenis – jenis olah raga yang saat ini banyak diminati orang :
1.    Futsal

Futsal adalah permainan bola dalam ruangan yang dimainkan oleh dua regu, yang masing – masing beranggotakan 5 orang. Tujuannya adalah memasukan bola kegawang lawan,dengan memanipulasi bola dengan kaki,selain lima pemain utama,setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Lapangan dibatasi garis, bukan net atau papan.


2.    Fitness / gym

Fitnes adalah kegiatan olahraga pembentukan otot – otot tubuh/fisik yang dilakukan secara rutin dan berkala, yang bertujuan untuk menjaga fitalitas tubuh dan berlatih disiplin.memiliki tubuh ideal dan proforsional adalah idaman setiap individu, yang mana hal ini cukup mempengaruhi performa kita dipandangan mata orang lain.


3.    Bulu tangkis / badminton

Bulu tangkis / badminton adalah cabang olahraga yang termasuk dalam kelompok olahraga permainan. Permainan bulu tangkis dapat dimainkan di dalam maupun di luar lapangan, di atas lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. Lapangan bulu tangkis dibagi menjadi dua sama besar dan dipisahkan oleh net yang tergantung di tiang net yang ditanam di pinggir lapangan. Alat yang dipergunakan adalah sebuah raket sebagai alat pemukul serta shutlecock sebagai bola yang dipukul.


4.    Bola basket

Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, antara lain di Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, dan juga di Indonesia.

Banyak lagi jenis olahraga yang dapat kita lakukan, Untuk usia lanjut, olahraga yang disarankan adalah olahraga yang tidak memaksa kekuatan otot tetapi melatih otot tetap aktif misalnya berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari, 3 kali seminggu.

Yang pasti, pilihlah olahraga yang sesuai keadaan tubuh, gunakan pakaian olahraga yang tepat-tidak ketat dan menyerap keringat, dan jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan dengan benar agar tubuh tidak terlalu kaget karena aktivitas olahraga.

Kesimpulan : semoga dengan penjelasan diatas kita akan lebih tahu olahraga berpengaruh besar buat kita sendiri, olahraga merupakan bagian besar dan identitas bangsa. Kita sebagai manusia, makhluk ciptaan Allah SWT hendaknya selalu mensyukuri nikmat yang telah diberi, terutama nikmat kesehatan. yaitu dengan menjaga dan merawatnya, seperti melakukan olah raga dengan rutin.


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)