Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI JADI KABUPATEN PELALAWAN KE - 20 PADA TANGGAL 12 OKTOBER 2019
  
 

Kalender

Menciptakan Kenyamanan Dalam Bekerja
Senin, 29 Desember 2014-12:15:27WIB
Kategori: Motivasi & Inspirasi - Dibaca: 1767 kali

Bekerja merupakan suatu tuntutan untuk semua orang, terutama pria dimana seorang pria mempunyai tuntutan lebih besar untuk bekerja guna membiayai hidupnya dan keluarganya bagi yang sudah menikah, dalam Islam kerja sama halnya dengan amal.
 
Kerja atau amal menurut Islam dapat diartikan dengan makna yang umum dan makna yang khusus. Amal dengan makna umum ialah melakukan atau meninggalkan apa jua perbuatan yang disuruh atau dilarang oleh agama yang meliputi perbuatan baik atau jahat. Perbuatan baik dinamakan amal soleh dan perbuatan jahat dinamakan maksiat. Adapun kerja atau amal dengan maknanya yang khusus yaitu melakukan pekerjaan atau usaha yang menjadi salah satu unsur terpenting dan titik tolak bagi proses kegiatan ekonomi seluruhnya.
 
Kerja dalam makna yang khusus menurut islam terbagi dua yaitu :
1. Kerja yang bercorak jasmani ( fizikal )
2. Kerja yang bercorak aqli / pikiran ( mental )

Rasulullah Saw bersabda: Sungguh, seandainya salah seorang di antara kalian mencari kayu bakar dan memikul ikatan kayu itu, maka itu lebih baik, daripada ia meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberinya ataupun tidak.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari potongan hadits diatas menunjukan behwa perbuatan yang sangat mulia dalam ajaran Islam. Rasulullah saw memberikan pelajaran menarik tentang pentingnya bekerja. Islam mewajibkan setiap umatnya bekerja untuk mencari rezeki dan pendapatan menyara hidupnya. Islam memberi berbagai-bagai kemudahan hidup dan jalan-jalan mendapatkan rezeki di bumi Allah yang penuh dengan segala nikmat ini. Firman-Nya bermaksud:

"Dan sesungguhnya Kami telah menetapkan kamu (dan memberi kuasa) di bumi dan Kami jadikan untuk kamu padanya (berbagai-bagai jalan) penghidupan." (al-A'raf: 168)

Ada pun seseorang dalam hal bekerja mempunyai tingkat kejenuhan yang sangat besar dan bahkan dorongan dari lingkungan yang tak bersahabat, terutama kenyamanan dalam bekerja, ada pun sebagian orang cendrung lebih memilih gaji yang besar demi memenuhi kebutuhannya ketimbang kenyamanan yang didapatnya dalam bekerja, terciptanya kenyamanan bekerja maka tercipta kualitas seseorang tersebut.

Ada pun faktor yang membuat ketidak nyamanan dalam bekerja ialah :
 
1.      Suasana tempat bekerja tidak bersahabat
Bekerja selama delapan jam di tempat kerja setiap harinya kadangkala membuat perasaan bosan dan menyerang siapa saja, dan kondisi pekerjaan yang banyak ditambah patner kerja yang tidak sejalan.

2.      Pekerjaan yang membosankan

Mengerjakan suatu pekerjaan yang hanya pekerjaan itu itu saja setiap hari kita temukan membuat kita bosan atas pekerjaan kita yang akan kita kerjakan

3.      Pekerjaan yang begitu banyak

Pekerjaan menjadi beban pikiran karna pekerjaan itu merupakan tanggung jawab dari suatu pekerjaan, tidak sedikitnya suatu yang harus dikerjakan.

4.      Tidak simpatiknya atasan dan bawahan

Begitu banyak pekerja didalam suatu perkantoran membuat atasan kurang simpatik.

5.      Banyaknya masalah dalam pekerjaan

Kerja merupakan suatu tantangan, di mana bekerja adalah suatu beban dan tanggu jawab, adapun dalam pekerjaan yang banyak maka ada saja pekerjaan itu mendapat masalah.

6.      Adanya masalah dalam keluarga atau rumah tangga

Adanya masalah dalam keluarga / rumah tangga berakibatkan suatu pekerjaan itu tidak selesai dan tidak nyaman, karna adanya masalah dalam keluarga menjadi beban suatu pekerjaan yang kita kerjakan.


Ada beberapa cara yang efektif untuk membuat suasana nyaman di tempat kerja agar Anda bisa merasa senang dan bahagia di kantor dan dapat meningkatkan tingkat produktivitas dalam bekerja, yaitu dengan cara :

1.      Menciptakan suasana senyaman mungkin
Setidaknya anda bekerja selama delapan jam perhari untuk itu buatlah tempat anda bekerja senyaman mungkin, seperti halnya dimana anda serasa nyaman, memang anda berada di tempat anda bekerja maka buatlah tempat anda bekerja disuatu tempat yang anda sukai, contohnya dikamar, anda bisa menjadi kan kantor seperti kamar anda sendiri.
2.      Beristirahat sejenak
Letihnya suatu pekerjaan yang bisa membuat anda stress,untuk itu anda bisa untuk beristirahat sejenak,dan buat hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. Contohnya : anda bisa melakukan sebuah permainan seperti permainan yang ada di laptop atau komputer, dan juga anda bisa membawa cemilan, jadi pemikiran anda bisa rileks akan karena pekerjaan yang begitu banyak.
3.      Mengedepankan pendapat
Berkumpul dalam sebuah kelompok dengan berbagai latar belakang serta gaya hidup yang berbeda-beda tentu bisa memberikan banyak tekanan tersendiri selama Anda berada di tempat kerja. Untuk itu, cobalah untuk menyuarakan pendapatmu kepada orang-orang yang mengerti Anda karena ini benar-benar bisa membantu Anda meminimalkan stress selama berada di tempat kerja
4.      Melakukan perenggangan
Hampir selama berada di tempat kerja Anda berada dalam posisi yang sama seharian, tentu ini bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan juga bisa menyebabkan Anda merasa jenuh, lelah dan bosan. Untuk itu sekaligus demi menjaga kesehatan, sekali-kali perlu dilakukan sedikit peregangan misalnya dengan bangun atau bergerak sedikit untuk melemaskan otot-otot yang kaku.
5.      Jauhkan masalah pribadi saat anda di tempat kerja
Ketika Anda sedang dipusingkan dengan masalah-masalah pribadi, tentu saja ini akan berpengaruh besar terhadap pekerjaan Anda. Anda akan sulit berkonsentrasi, menjadi tertekan dan tidak bahagia. Oleh sebab itu pastikan untuk tidak membawa masalah pribadi selama berada di tempat kerja. Sama seperti Anda harus melepaskan masalah kantor untuk bisa menikmati waktu di rumah, penting untuk melepaskan masalah pribadi sehingga bisa fokus dan produktif saat bekerja.
6.      Berpikir positif
Agar bisa merasa bahagia selama di tempat kerja maka Anda harus membiasakan diri untuk terus berpikiran positif, karena dengan selalu berpikiran positif maka pekerjaan Anda akan terasa lebih ringan dan lebih menyenangkan. Sebaliknya jika Anda terus berpikiran negatif mengenai segala masalah yang terjadi di tempat kerja maka pekerjaan Anda nantinya akan terasa lebih berat, kewalahan dan benar-benar tidak menyenangkan. Tentu saja ini akan berdampak pada hasil pekerjaan Anda.
Kesimpulan : jika seseorang menghargai suatu pekerjaan adalah orang yang mempunyai cita cita. Ia tidak gampang runtuh hanya karena badai menghadang, tak cepat lelah karena perjalanan yang ditempuh terasa jauh. Berserah pada nasib tanpa usaha merupakan khayalan dan angan – angan. Sedangkan khayalan dan angan – angan adalah kemauan tanpa usaha, berjuang dan bekerja keras untuk mendapat hasil terbaik. Berdoa dan tetap berpasrah diri kepada-Nya.


Artikel Terkait

2 Komentar :

Kaos Kaki Muslimah [18 Januari 2017 - 16:39:44 WIB]
"makasih
"
Yuli [21 Mei 2018 - 11:54:56 WIB]
"makasih infonya
"

Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)