Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Makanan ringan pengusir stress
Rabu, 24 Desember 2014-10:21:13WIB
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 912 kali

Foto Artikel

 

Pekerjaan dan stres mungkin adalah dua hal yang sulit untuk dipisahkan.

Namun ketika stres dan rasa tidak bersemangat sedang menghampiri anda,

 ada beberapa hal yang sebenarnya bisa dilakukan untuk mengembalikan motivasi anda.

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu.

 

Ini adalah solusi yang ringan untuk kita :

Makanan dan minuman pengusir stressssss…..

Ada beberapa makanan dan minuman tertentu yang dinilai baik untuk meningkatkan produktivitas, kesehatan, dan energi anda dikala stres akibat pekerjaan sedang melanda, diantaranya adalah :

1.   Teh hitam

    Minum teh bisa membantu memulihkan stres secara cepat tiap harinya. Sebuah penelitian dari University College London menunjukkan bahwa teh hitam mempunyai efek terhadap kadar hormon stres dalam tubuh. Menurut para peneliti, walaupun teh hitam tidak mengurangi kadar hormon stres, namun minuman tersebut mempunyai efek yang positif untuk mengembalikan kadar hormon stres menjadi normal kembali. Para peneliti mengatakan bahwa senyawa fitokimia yang ada dalam teh hitam sangat kompleks, seperti asam amino, flavonoid, polifenol, dan katekin. Senyawa-senyawa tersebut mempunyai efek terhadap neurotransmiter pada otak.

2.   Biji-bijian utuh

    Serat dan karbohidrat kompleks dalam biji-bijian utuh bisa membantu kadar insulin tetap normal, serta mengurangi kecenderungan tubuh untuk menimbun lemak. Oleh sebab itu, makan makanan ini saat ingin ngemil dapat membantu berat badan tetap normal. Walaupun begitu, makanan ini biasanya mengandung gula, sehingga mengonsumsinya perlu sedikit dimoderasi.

3.   Air putih

    Jika anda merasa haus, lapar, dan lelah, artinya tubuh membutuhkan hidrasi yang cukup untuk menjaga fungsi tubuh bekerja dengan normal. Hal ini karena saat dehidrasi, tubuh cenderung merasa lelah, sulit berkonsentrasi, dan membuat anda makan berlebihan. Air putih adalah salah satu minuman yang baik untuk mengusir stres dan rasa lelah yang mendera.

4.   Buah anggur

    Anggur termasuk buah yang tepat dikonsumsi ketika anda sedang bekerja. Buah ini sarat akan gizi. Anggur mengandung komponen yang diyakini dapat membantu performa bekerja anda jadi lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa jus anggur dapat meningkatkan produksi dopamin, neurotransmiter yang penting untuk daya ingat dan penyelesaian masalah di otak.

5.   Buah dan sayuran kering

    Buah dan sayuran sering dilupakan untuk dikonsumsi sehari-hari. Untuk mengakalinya, buah dan sayuran dapat dimanfaatkan sebagai camilan dalam kondisi kering. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada orang dewasa. 

6.   Kacang

   Kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang tepat untuk dibawa ke tempat kerja. Saat anda sedang stres terkait pekerjaan, ngemil kacang dapat membantu meredakan stres anda. Kacang-kacangan mengandung serat, protein, lemak sehat, serta rendah karbohidrat sehingga baik untuk anda konsumsi disaat rasa lapar tiba-tiba datang. Kacang-kacangan membuat anda lebih berenergi dan kenyang lebih lama.

 7.   Popcorn

Dalam satu mangkuk, popcorn hanya mengandung sekitar 30 kalori, namun juga mengandung antioksidan dan serat yang baik untuk kesehatan. Kendati demikian, popcorn biasanya mengandung lemak jenuh yang tidak sehat. Untuk mensiasatinya, masaklah popcorn dengan minyak zaitun dan sedikit garam. 

Selamat Mencoba


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)