Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Pilih PC All In One atau PC Desktop ?
Jumat, 12 Desember 2014-14:41:04WIB
Kategori: Teknologi - Dibaca: 2201 kali

Foto Artikel

Perkembangan zaman maupun tuntutan inovasi dari konsumen membuat vendor berbagai merek Personal Computer (PC) berpikir lebih kreatif. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa banyak sekali gadget yang canggih dan praktis  juga dapat digunakan menjadi media kerja. Beberapa pihak sempat meramalkan bahwa PC desktop tidak akan dilirik lagi. Akan tetapi kenyataannya berbeda. Ternyata sebagian besar konsumen tetap mengangggap PC sebagai sarana bekerja masih sulit untuk digantikan.

Inovasi PC yang sedang marak akhir-akhir ini adalah PC All in One (AIO) AIO PC merupakan PC generasi baru yang cukup mewabah di dunia kerja / lingkungan perkantoran. AIO PC merupakan PC yang menggabungkan mesin CPU dan layar menjadi satu kesatuan pada satu ruang. Berbeda dengan Desktop PC yang terpisah dengan CPU.

Banyak yang awalnya mengira PC AIO merupakan layar monitor PC yang memiliki dimensi fisik yang cukup tebal. Bahkan banyak yang heran, di zaman yang layar monitor yang serba tipis dengan teknologi anyar berlayar LED, mengapa produsen monitor malah membuat monitor yang cukup tebal? Pertanyaan tersebut pun terjawab setelah mengetahui bahwa perangkat tersebut telah menyatu dengan CPU sekaligus.

Bagi anda yang ingin mendapatkan referensi apakah akan membeli AIO PC atau desktop PC, di sini penulis akan mengupas beberapa kelebihan maupun kekurangan AIO PC dibanding Desktop PC.

Desain AIO yang Sangat Menarik

Melalui kacamata penulis, seringkali bagi yang pertama kali melihat AIO akan terkagum-kagum oleh desain yang berkesan modern dan praktis. Produsen AIO berbagai merk telah membuat variasi desain yang sangat menarik, sehingga calon konsumen akan cenderung meliriknya sebagai prioritas untuk dibeli.

Jika rumah anda memiliki ruang kerja, maka akan memberikan nuansa rumah yang modern dan canggih, mengingat masih belum banyak yang memiliki AIO PC untuk keperluan kerja di rumah.

Tidak memakan ruang yang luas

Karena CPU dan layar monitor yang menyatu pada satu ruang, sehingga menghemat tempat untuk meletakkannya pada suatu tempat. Pengguna hanya memerlukan area untuk meletakkan PC AIO bersama keyboard dan mouse saja. Berbeda dengan Desktop PC yang harus menyediakan tempat bagi monitor, CPU yang cukup besar, keyboard dan mouse. Selain itu AIO memiliki speaker internal yang rata-rata memiliki kualitas suara yang cukup baik, sehingga pengguna cenderung tidak menambahkan speaker yang tentunya harus ada area untuk meletakkan perangkat ini. Bahkan sebagian PC AIO memiliki layar touch screen. Sehingga bagi yang ingin menjadikan PC AIO sebagai sarana hiburan, keyboard dan mouse dapat disimpan di tempat lain.

Media Multimedia yang cukup Memanjakan Konsumen

Seperti yang penulis sampaikan pada item di atas, sebagian besar PC AIO telah memiiki kualitas speaker yang cukup baik. Bagi pengguna yang senang bekerja dengan diiringi musik akan merasa cukup nyaman dengan speaker internal PC AIO ini.

Selain itu layar monitor PC AIO sebagian besar berdimensi cukup besar dan memiliki ketajaman layar yang nyaman untuk dipandang. Konsumen yang memiliki hobby nonton akan merasa dimanjakan oleh perangkat ini.

Bahkan yang hobby bermain games pun cukup puas memakainya, karena sebagian besar PC AIO memiliki VGA Card yang cukup mumpuni, dan spesifikasi komputer cukup mumpuni sesuai dengan perkembangan game zaman sekarang.

Tidak memiliki banyak kabel

PC AIO tidak memiliki kabel sebanyak Desktop PC biasa. Hanya menggunakan kabel power, kabel mouse dan keyboard. Bahkan jumlah kabel yang ada dapat diminimalisir lagi yaitu dengan menggunakan perangkat mouse dan keyboard yang memiliki fasilitas wireless. Pengguna pun tidak perlu khawatir menggunakan beberapa slot usb untuk keperluan wireless tersebut, karena PC AIO memiliki slot USB yang cukup banyak di berbagai sisi.

Selama ini pengguna Desktop PC di perkantoran dalam jumlah besar selalu direpotkan dengan penataan kabel. Mungkin pada awal penyusunan / penataan ruangan, posisi kabel dapat disusun dengan baik. Akan tetapi jika dilakukan renovasi atau penyegaran susunan meja kerja, penaatan kabel komputer selalu dianggap cukup merepotkan. Maka dengan adanya PC AIO, dapat meminimalisir kerepotan pengguna menyusun kabel ketika harus menata ruangan berkali-kali.

Memiliki Performa yang cukup baik

Mengingat perangkat PC AIO masih cukup gress, wajar saja performa yang tersedia sudah cukup baik, meskipun pada dasarnya spesifikasi sebuah perangkat komputer tidak ada yang sama sepenuhnya. Tentunya performa yang baik pun sebanding dengan harga yang harus ditebus. Tentu saja kualitas maupun performa sebuah PC yang terbilang sangat baik, harus ditebus dengan harga yang mahal pula. Demikian pula PC desktop biasa, ataupun laptop. Karena harga biasanya berbanding lurus dengan kualitas perangkat.

Kekurangan PC AIO dibanding Desktop PC

Dengan melihat begitu banyak kelebihan AIO PC, mungkin membuat anda tergoda untuk segera memilikinya. Akan tetapi bukan berarti AIO PC tidak memiliki kelemahan sama sekali. Kekurangan atau kelemahan AIO PC ini bersifat relatif, akan tetapi patut diperhatikan sebelum ada benar-benar membelinya untuk keperluan pekerjaan maupun multimedia.

Berdasarkan pengamatan maupun pengalaman beberapa orang yang telah menggunakan PC AIO, penulis dapati beberapa kekurangan yang cukup menjadi perhatian penulis, bahwa dalam membeli PC AIO juga harus smart di dalam peruntukan/penggunaannya kedepan.

Resiko Kerusakan yang Bersifat Komplikatif

Mengingat perangkat PC AIO merupakan kesatuan dari Monitor sekaligus CPU, maka kemungkinan terjadinya kerusakan dapat bersifat komplikasi. Misalnya terjadi korsleting dari perangkat internal, bukan tidak mungkin akan merembet ke seluruh perangkat yang ada. Contoh sederhana saja, misalkan perangkat ini terciprat air tanpa sengaja, dan terjadi arus pendek (konslet), satu perangkat ini akan memberi efek kepada monitor dan mesin sekaligus. Lain halnya PC yang terpisah antara CPU dengan monitor, jika kena cipratan air ke CPU, belum tentu berefek ke monitor, demikian pula sebaliknya.

Belum lagi jika penempatan PC AIO yang kurang cermat ataupun karena keteledoran, PC AIO memiliki resiko yang cukup besar. Misalnya anda menyenggol meja atau perangkat, yang mengakibatkan perangkat ini jatuh, maka anda menjatuhkan 2 perangkat sekaligus, lain halnya PC Desktop yang cenderung memiliki posisi agak berjauhan. Jika monitor yang jatuh, hanya monitornya saja yang dikhawatirkan, atau sebaliknya jika CPU yang jatuh anda hanya mengkhawatirkan CPU nya saja.

Agak Sulit untuk Upgrade perangkat

Sejumlah perangkat yang ada pada PC AIO ada yang sulit untuk dilakukan upgrade oleh pengguna. Lain halnya PC desktop biasa. Memang ada beberapa PC AIO yang agak mudah untuk dibongkar pasang, akan tetapi sebagian besat PC AIO agak sulit dibongkar pasang oleh pengguna awam.

Untuk Desktop PC cukup mudah untuk melakukan upgrade, mengingat ruang yang cukup besar dan memungkinkan untuk melakukan perbaikan sendiri oleh pengguna. Misalkan saja pengguna memiliki Hardisk lain yang ingin dijadikan slave, hal ini cukup mudah dilakukan, demikian pula bagi yang ingin upgrade memory, tinggal bongkar casing, dan memasangnya dengan cukup mudah dan cepat.

Harga yang Cenderung Mahal

Perangkat PC AIO masih cukup baru beredar di masyarakat. Harganya pun rata-rata cukup mahal. Hal ini yang membuat beberapa perusahaan / instansi lebih memilih PC Desktop biasa, apalagi jika harus membeli dalam jumlah yang cukup besar. Tentunya perusahaan / instansi harus berpikir masak-masak, apakah harus membeli PC AIO atau Desktop PC.

Memang ada beberapa tipe PC AIO yang cukup murah, akan tetapi kualitas dan performancenya cenderung belum sebaik PC deskop dengan harga yang sama dengan PC AIO tersebut.

Akan tetapi, kita harus berfikir positif, karena penulis memiliki keyakinan bahwa harga PC AIO yang cukup mahal ini tidak bersifat selamanya. Jika kedepannya produk yang beredar cukup banyak, pasti lambat laun harga PC AIO akan turun perlahan-lahan. Dan produk ini tidak lagi dianggap produk mewah lagi. Seperti halnya Laptop yang dulunya merupakan perangkat eksklusif, sesuai dengan perkembangan zaman, bukan produk mewah lagi.

 

Setelah melihat beberapa kelebihan juga kekurangan PC AIO, penulis berharap dapat membuka mata pembaca dapat lebih bijak di dalam memilih perangkat. Sesuaikanlah pembelian PC AIO dengan kebutuhan maupun estetika yang anda inginkan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang masih bingung memilih diantara PC Desktop dengan PC All in One.
Artikel Terkait

2 Komentar :

Prima [14 April 2015 - 12:44:28 WIB]
"Bpk/Ibu saya mau bertanya, dari artikel yg saya baca di atas, untuk PC AIO apakah aman untuk di gunakan editing Video (Cinema/Film/Video Clip) dan editing Photo (Photoshop) atau bisa di bilang sebagai editor/disain..??
Terimakasih..
"
Adrian [16 April 2015 - 11:02:19 WIB]
"


Pada dasarnya PC AIO hampir sama seperti PC Biasa, hanya dimensi dan ukuran perangkat internal maupun eksternal yang berbeda. Akan tetapi untuk keperluan editing video dan foto lebih direkomendasikan menggunakan perangkat yang memiliki processor AMD, bukan Intel.



Terima Kasih.


"

Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)