Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Cermat Membuat Dan Mempergunakan Password E-Mail
Jumat, 06 Juni 2014-13:55:58WIB
Kategori: Teknologi - Dibaca: 1655 kali

Seiring kemajuan  teknologi informasi yang semakin  berkembang,  password memiliki peran penting di dalam penerapannya. Bahkan di beberapa perangkat elektronik sebelum dioperasikan, pemilik harus memiliki akun email yang tentunya terdapat password dalam  penggunaannya.

Password dapat diartikan sebagai kumpulan / kombinasi kata atau angka bersifat rahasia yang dipergunakan untuk mengakses sesuatu  benda atau media yang dikunci oleh kombinasi tersebut.

Penulis ingin berbagi pengalaman membuat password pertama kalinya. Ketika mengenyam  pendidikan Sekolah Menengah Pertama  (SMP)  tahun 1995,  penulis mendapatkan pendidkan ilmu komputer. Dimasa itu belum mempelajari fasilitas pengetikan dokumen tulisan sepraktis Microsoft Word, pembuatan tabel perhitungan  yang menarik layaknya Microsoft Excel. Di masa itu penulis mendapatkan pelajaran pengetikan dokumen tulisan menggunakan program “Word Star” (WS), dan pengolahan angka menggunakan program “Lotus 123” (Lotus). Tidak ada fasilitas “Mouse” untuk memudahkan menjalankan program.

  

Akan tetapi sebelum pengoperasian  WS maupun Lotus penulis harus terlebih dahulu harus  mempelajari dasar pengoperasian awal komputer  saat itu yaitu DOS (Disk Operating System). Saat mempelajari DOS tersebut, tenaga pengajar memberikan berbagai rumus dan perintah (Command) yang harus dihafal dan dipahami semua pelajar. Salah satu materi yang diajarkan adalah membuat password.

 

Membuat password pada saat itu bisa satu huruf (digit) saja, itu pun sekedar pengetahuan dan jarang dipergunakan, karena media penyimpanan hanya melalui disket yang harus disimpan setelah komputer dioperasikan. Password hanya dipergunakan sebagai kata sandi pengunci komputer saja. Dan di masa itu teknologi internet belum terlalu berkembang di Provinsi Riau.
 Sekitar tahun 1998 hingga tahun 2000 warung internet mulai menjamur di negeri ini. Penulis masih mengenyam pendidikan SMA, kembali mempelajari WS dan Lotus, meskipun Ms. Word dan Ms, Excel sudah ada pada waktu  itu,  selain itu pun tidak ada pelajaran atau pengetahuan internet yang diajarkan kepada penulis dan teman-teman.Penulis pertama kali mempelajari internet di awal kuliah pada tahun 2001, dikarenakan  rasa ingin tahu yang cukup kuat, serta bermodalkan dua situs pencarian yang  cukup terkenal yaitu google dan juga yahoo. Melalui dua situs itu penulis belajar browsing sendiri, dan mempelajari banyak hal melalui forum yang ada di dunia maya.
 
Hal yang menjadi pertanyaan penulis masa itu, apakah tujuan maupun fungsi e-mail (electronic mail)? Karenae-mail cukup sering di sebut bagi orang-orang yang berselancar di dunia maya, dan membuat rasa penasaran penulis semakin kuat. Dan akhirnya penulis browsing, dan mempelajari tujuan serta cara membuat e-mail itu.
 
E-mail  yang cukup populer di waktu itu adalah yahoo mail,  google mail (gmail) belum ada. Gmail ada sekitar tahun 2004, itu pun belum familiar bagi pengguna internet. Metode pembuatan e-mail lebih kurang sama dengan saat sekarang. Perbedaan yang cukup mendasar, membuat e-mail di waktu itu menu sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris. Banyak orang yang meminta bantuan orang lain ketika ingin membuat e-mail karena tidak memahami bahasa Inggris tersebut. Selain itu pembuatan password cukup mudah, cukup menuliskan huruf  yang diinginkan minimal 6 digit saja. Tidak perlu kombinasi angka.
 
Hal berbeda ketika membuat password e-mail zaman sekarang, membuat password  e-mail cukup rumit. Banyak persyaratan tembahan untuk meningkatkan keamanan password e-mail tersebut. Persyaratan mutlak sebagian penyedia layanan E-mail  saat ini harus ada kombinasi angka, tanda baca, bahkan  ada yang mengharuskan ada salah satu  character (huruf) menggunakan  huruf kapital.
 
Semakin dipersulitnya pembuatan password ini dikarenakan sudah maraknya penyalahgunaan e-mail orang lain. E-mail zaman sekarang sering berisi file yang sangat penting. E-mail sudah merupakan bagian penting di era globalisasi. Pihak penyedia layanan e-mail mengarahkan pengguna untuk membuat password yang rumit dan susah ditebak.
 
Akan  tetapi masih banyak yang membuat E-mail hanya untuk keperluan sesaat, dan  password cenderung dibuat semudah mungkin. Mungkin awalnya hanya untuk keperluan ringan saja, akan  tetapi semakin lama E-mail semakin dibutuhkan untuk berbagai aspek kehidupan, diantaranya ; sarana surat menyurat digital, untuk pengaktifan  gadget terbaru; sebagai identitas seseorang ataupun instansi; media komunikasi transaksi digital; dll. Jika e-mail terbiasa menggunakan  password yang sederhana, sudah tentu hal ini sangat berbahaya bagi pemiliknya, karena password sifatnya rahasia, dan  jika password diketahui orang lain, bukankah  e-mail itu bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab?

 

Berikut beberapa trik di dalam pembuatan dan penanganan password yang efektif, diantaranya sebagai berikut :

a.   Jangan menggunakan password yang mudah ditebak

Ada beberapa kata-kata password yang sering kali dibuat, sehingga memudahkan orang lain meretas (hacking) e-mail atau akun orang lain. Untuk itu pengguna jangan sampai membuat password yang mengarah kepada kepribadian pengguna, seperti : nama pengguna; tempat /tanggal lahir pengguna; nama pasangan; nama anak; tempat tinggal; hoby; tokoh  idola; nama negara;  nama tim olah raga favorit; dan lain-lain. Contohnya : seorang penggemar Animation Hero (Kartun Pahlawan Super), password yang sering dipergunakan seperti superman

 

b.   Jangan menggunakan kombinasi angka atau  huruf yang umum

Banyak sekali contoh password kombinasi angka atau huruf ini yang cenderung dipakai oleh pengguna e-mail , bukan hanya di Indonesia, kombinasi ini juga sering digunakan pengguna e-mail yang cukup awam. Contoh password ini seperti : “aiueo”; “abcdef”, “asdf”, ”asdfghjkl;”, “abc123”,  “111111”, “12345”, “1234567890”, “987654321”, “ qwerty” , dan lain sebagainya.

 

c.   Gunakan kombinasi huruf  besar (kapital) maupun huruf  kecil

Mungkin anda tetap ingin membuat password dengan kata-kata yang sederhana, untuk itu kombinasi huruf besar dan kecil merupakan  salah satu cara untuk menaikkan level kerumitan password yang anda miliki. Tapi ingat poin “ a” di atas.

 

d.  Gunakan beberapa tanda baca sebagai kombinasi password

Beberapa tanda baca (symbol) pada keyboard dapat digunakan sebagai bagian dari password. Akan tetapi, pembaca harus ingat kombinasinya, karena tanda baca yang ada cukup sulit untuk dihafal sebagai password. Tanda baca yang penulis maksud seperti @,$,%,^. Jika terlalu banyak menggunakan symbol, pada beberapa kasus teman-teman yang penulis temui karena menggunakan symbol lebih dari 3 character. Sehingga sulit untuk dihafal

 

e.  Buatlah password dengan jumlah character yang cukup panjang.

Password yang cukup panjang sudah tentu akan menyulitkan orang lain untuk menebaknya, meskipun ada yang berusaha mengintip anda ketika mengetikkannya. Character yang pendek sering dibobol oleh orang di sekitar pemilik e-mail, seakan-akan tidak memandang, padahal telah memperhatikan pola atau huruf yang diketikkan sang pemilik. Untuk itu waspadalah terhadap pendangan mata orang di sekitar anda ketika mengetikkan password e-mail.

 

f.   Gunakan permainan huruf, angka dan symbol untuk meningkatkan level kerumitan password anda

Cara ini merupakan tipe password yang cukup efektif bagi pemilik email, mungkin di awal akan cukup sulit untuk menghafalnya, akan tetapi jika anda memikirkan efek jangka panjag, apa salahnya membuat password yang cukup rumit.

Contoh kombinasi password  ini seperti : t37evi51_b3erw4r na  (baca : Televisi Berwarna) jika diperhatikan contoh ini, pembaca dapat melihat betapa ringannya ide passwordnya, akan  tetapi susah untuk diprediksi orang lain.

g.  Jangan menggunakan password yang sama untuk akun  e-mail lainnya

Hal ini cukup berbahaya jika seseorang berhasil meretas akun e-mail anda, apalagi jika anda menyimpan file penting yang beresiko untuk disalahgunakan. Belum lagi yang berniat buruk dengan menyamar sebagai diri anda berkomunikasi dengan orang lain, sehingga justru menimbulkan fitnah bagi diri anda sendiri.

h.  Bila perlu, ganti password anda secara periodik

Jika file yang anda simpan  sangat rahasia dan penting, metode ini harus dilakukan. Akan tetapi anda harus benar-benar mampu  mengingat password yang anda ganti. Seringkali rekan penulis menceritakan pengalaman lupa password yang digantinya secara periodik. Bagi yang ingin melakukan penggantian secara periodik, harap pikir-pikir dulu menerapkan metode ini. 

i.  Jangan menulis nama akun serta password di buku catatan atau  memo di handphone

Seringkali hal ini yang membuat akun dibobol, dan  hacker yang melakukannya segera mengganti password anda agar tidak bisa diakses lagi. Maka hal ini jangan sampai anda lakukan demi keamanan akun anda sendiri.

 

Berdasarkan pengalaman penulis maupun pengalaman dari rekan-rekan, metode kombinasi huruf,angka dan symbol, disertai character yang cukup panjang lebih efektif untuk mengamankan password e-mail. Jangan pernah  memberitahukan password anda kepada orang lain bila tidak diperlukan.

 

Mungkin bagi anda yang berniat membuat password berbeda-beda untuk setiap akun e-mail berlainan menjadi khawatir, jika suatu saat terlupa password akun-akun tersebut. Penulis memiliki solusi yang selama ini selalu penulis terapkan jika penulis mengganti password dengan kombinasi baru.

 

Triknya, misalkan penulis memiliki akun email dan akun lain sebanyak  5 buah akun, misalkan nama akunnya adalah  “a”, “b”, “c”, “d”, dan “e”, maka penulis cenderung menggunakan salah satu akun yang paling sering penulis gunakan contohnya akun e-mail  “a”, lalu penulis akan membuat catatan yang berisikan nama akun “b”, “c”, “d”, dan “e” beserta passwordnya.

 

Setelah hal di atas dilakukan, penulis cukup mengingat password  di akun e-mail “a” saja. Dan password e-mail ini akan benar-benar di ingat oleh penulis, karena akun “a” merupakan kunci e-mail lainnya, seandainya penulis telah mengeset password akun lain dengan cukup rumit.

 

Semoga artikel ini memberikan pencerahan bagi pembaca untuk mengamankan akun e-mail anda.

Artikel Terkait

3 Komentar :

 [15 September 2014 - 19:50:14 WIB]
"


bagaimana cara membuat password email yg sekarang menjadi 6 digit?



Jawab : Pada dasarnya jika anda mengikuti langkah-langkah di atas, cenderung tidak ada kendala di dalam membuatnya. Hanya saja layanan e-mail akan menolak beberapa jenis password, diantaranya; password yang bertuliskan nama anda (dianggap berbahaya dan mudah ditebak), hanya tulisan yang tidak ada kombinasi angka maupun tanda baca, dll.



Jika password anda tidak memenuhi syarat, mesin layanan e-mail akan langung menolak pilihan password anda, dan akan diberi keterangan tambahan di samping password yang baru anda ketik (tulisan peringatan biasanya berwarna merah). Anda tinggal mengganti sampai password anda diterima.



Semoga membantu.


"
Kaos DTG [22 Oktober 2016 - 05:17:33 WIB]
"Informasinya sangat membantu, terimakasih.
"
Danang [02 Mei 2015 - 17:07:52 WIB]
"Dapat info keren di sore yang santai ini. Makasih bro admin...
"

Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)