Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Peran Pimpinan Dalam Meningkatkan Semangat Kerja Bawahannya
Selasa, 22 April 2014-11:57:28WIB
Kategori: Motivasi & Inspirasi - Dibaca: 5649 kali

Pada dasarnya Negara Kesatuan Republik Indonesia didalam pemenuhan kebutuhan seluruh lapisan masyarakat menghendaki kegiatan pemerintah yang semakin meningkat selaras dengan pelaksanaan pembangunan nasional yang mencangkup segala aspek kehidupan masyarakat yang berkesinambungan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pemerintah telah merencanakan suatu pembangunan nasional yang dalam upaya pencapaianya diperlukan keterlibatan semua pihak, terutama pada penyelenggaraan negara dalam hal ini Pegawai Negeri Sipil yang disertai kemampuan, keahlian, kedisiplinan, dan juga motivasi kerja yang cukup tinggi. Selain itu juga dibutuhkan sosok pemimpin yang dapat menjadi panutan serta pemacu semangat kerja bawahannya.

Pemimpin yang diperlukan didalam suatu organisasi adalah seseorang yang profesional serta bertanggung jawab dalam memimpin organisasinya agar segala visi maupun misi organisasi tersebut dapat tercapai. Seorang pemimpin harus menanamkan jiwa kepedulian, rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap tugasnya dan akan lebih mementingkan kepentingan bawahannya dari pada kepentingan pribadi.

Pemimpin vs Atasan = ?
 
Orang-orang sering menyamakan istilah pemimpin dengan atasan, padahal kedua hal tersebut memiliki makna yang berbeda. Pemimpin dapat diartikan sebagai seseorang yang dapat mempengaruhi dan menggerakkan pengikut/bawahannya di dalam pencapaian tujuan suatu organisasi, sehingga memiliki kecenderungan untuk selalu diikuti tanpa adanya paksaan yang cukup berarti, dan pada akhirnya tidak perlu bimbingan pemimpinnya itu. Seorang pemimpin boleh berprestasi tinggi untuk dirinya sendiri, tetapi itu tidak memadai apabila ia tidak berhasil menumbuhkan dan mengembangkan segala yang terbaik dalam diri para bawahannya.

Pemimpin adalah orang yang mendapat amanah serta memiliki sifat, sikap, dan gaya yang baik untuk mengurus atau mengatur orang lain. Sedangkan Atasan dapat diartikan lebih ke arah seseorang yang memiliki tingkatan atau jabatan yang lebih tinggi dari pada yang lain. Seseorang itu dapat menjadi atasan oleh karena sejumlah alasan, apakah terpilih karena prestasinya, atau terpilih karena lebih ditakuti, atau karena organisasi/wilayah terterntu merupakan miliknya pribadi.

Tidak semua atasan memiliki jiwa kepemimpinan. Seseorang dapat menjadi pemimpin cenderung berasal dari proses pendewasaan pola pikir seiring dengan perjalanan waktu. Dengan menghadapi dan mengatasi suatu masalah, dan juga mendapatkan bimbingan dari pemimpin sebelumnya yang menjadi bagian proses pendewasaan pola pikir pemimpin tersebut. Dan pada akhirnya seseorang yang memiliki jiwa pemimpin merupakan sosok yang tepat untuk menjadi seorang atasan.

Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan bahwa pemimipin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat penting misalnya, kharisma, pandangan ke depan, dan lain-lain. Banyak pemimpin seperti ciri-ciri tersebut menjadi legenda dunia, yang menjadi inspirasi bagi calon pemimpin, termasuk  juga yang telah menjadi pemimpin saat ini. Sebagai bangsa Indonesia kita patut bangga memiliki Ir. Sukarno yang merupakan Presiden pertama Republik Indonesia. Bung Karno merupakan sosok visioner yang telah ditempa dengan matang oleh pengalamannya menghadapi kesulitan bangsa pada saat itu, menjadi sosok yang tetap dikagumi hingga sekarang, baik oleh bangsa Indonesia sendiri maupun bangsa lain.

Tipe-tipe kepemimpinan

Menurut Sondang P. Siagian (2003:327) tipe-tipe kepemimpinan di golongkan dalam lima tipe, yaitu :
1.   Tipe Otokratis adalah seorang pemimpin yang menggangap organisasi sebagai milik pribadi menggangap bawahan sebagai alat semata, tidak mau di kritik, egois, saran dan pendapat terlalu tergantung pada kekuasaan, dalam tindakannya sering menggunakan paksaan dan bersifat menghukum.
2.   Tipe Parternalistik adalah seorang pemimpin yang menganggap bawahannya sebagai manusia yang belum dewasa, bersikap terlalu melindungi, tidak mengijinkan bawahannya mengambil keputusan dan inisiatif, sering bersikap paling tahu dan tidak memberikan kesempatan bawahan mengembangkan kreasi dan fantasi.
3.   Tipe Kharismatik adalah bahwa pemimpin yang demikian mempunyai daya tarik yang amat besar dan karena pada umumnya mempunyai pengikut yang jumlahnya sangat besar, meskipun para pengikutnya itu sering pula tidak menjelaskan kenapa mereka menjadi pengikut pemimpin itu.
4.   Tipe Laissez faire adalah seorang pemimpin hanya berkisar pada pandangannya, pada umumnya organisasi akan berjalan lancar dengan sendirinya karena para anggotanya terdiri dari orang-orang yang telah dewasa yang mengetahui apa yang menjadi tujuan organisasi.
5.   Tipe Demokratik adalah pemimpin yang tepat untuk organisasi modern. Karena dalam proses menggerakkan bawahannya selalu bertitik tolak dari pendapat bahwa manusia itu adalah makhluk yang sejajar, selalu berusaha mengkombinasikan kerjasama, berusaha mengembangkan kapasitas diri pribadinya sebagai seorang pemimpin dan berusaha mendorong bawahan untuk berkembang dan sukses.

Dari pendapat diatas, maka dikatakan bahwa kepemimpinan merupakan kunci keberhasilan suatu organisasi. Pemimipin merupakan pemegang peranan sentral dalam suatu organisasi dan merupakan penggerak bagi sumber-sumber, alat-alat, manusia dan bahan lainnya dalam organisasi. Pentingnya kepemimpinan dalam organisasi, termasuk di dalamnya adalah organisasi pemerintahan, maka dalam organisasi pemerintahan dibutuhkan seorang pemimpin yang handal untuk dapat membuat keputusan-keputusan kearah pencapaian tujuan.

Untuk mencapai tujuan organisasi maka pemimipin harus mampu menggerakkan dan mengarahkan pegawai atau bawahannya yang bekerja di dalam organisasi agar berprestasi yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan demikian fungsi pemimpin atau atasan dalam suatu organisasi, diantaranya menggerakkan dan mengendalikan perilaku pegawai yang bekerja di dalam organisasi tersebut. Sehingga mereka dapat melaksanakan kegiatan secara baik dan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.

Agar kondisi demikian tercapai, maka pemahaman terhadap perlunya kepemimpinan harus ditambah dengan pemahaman tentang teknik kepemimpinan. Hal ini penting karena tidak semua bawahan atau pengikut mau dengan begitu saja didorong dan diarahkan oleh pemimpin. Jadi karena pentingnya teknik kepemimpinan ini pada bawahan, maka perlu diterapkan teknik kepemimpinan yang tepat sehingga dengan demikian bawahan atau pengikut benar-benar bekerja dengan baik dan bertanggung jawab dalam mencapai tujuan organisasi.        

Teknik Kepemimpinan
Teknik kepemimpinan dapat diartikan sebagai kemampuan atau keterampilan seorang pemimpin dalam menerapkan teori-teori kepemimpinan ditengah praktek kehidupan dalam organisasi tertentu serta melengkapi konsep-konsep pemikirannya, prilaku sehari-hari bahkan peralatan yang dipergunakan. Teknik kepemimpinan juga dirumuskan sebagai cara bertindaknya pemimpin dengan bantuan alat-alat fisik dan macam-macam kemampuan psikis untuk mewujudkan kemampuannya.

Teknik dalam kepemimpinan antara lain adalah sebagai berikut:
a.   Teknik persuasif
Teknik persuasif dalam merupakan strategi yang diterapkan dengan membujuk bawahannya untuk melaksanakan tugas atau bekerja lebih rajin. Bujukan biasanya termasuk strategi lunak dan baik (be good approach), maka dilakukan dengan lemah lembut.

Pimpinan dapat menerapkannya dengan melakukan perjanjian dan menanamkan kesadaran betapa pentingnya menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan bersama. Bawahan pada dasarnya telah mengetahui apa saja yang menjadi rencana dan tujuan organisasi tempat mereka bekerja. Sehingga bujukan atau ajakan dari pimpinan merupakan panggilan atau peringatan kepada bawahannya untuk tetap bekerja dengan baik dan terarah.

Dengan demikian orang lain yang dipimpin oleh pemimpin teknik seperti ini diharapkan akan bekerja dengan rajin sebagai balas budi atau pun untuk memperoleh kerelaan pembayaran lebih besar, rutin dan lancar. Hal ini cukup sulit dilaksanakan karena hanya berpengaruh selagi sang pemimpin senantias bermanis muka dan selalu memberikan hadiah. Akan tetapi akan hal ini berpengaruh cukup besar kepada bawahan yang memiliki jiwa solidaritas dan memiliki sifat bertanggung jawab terhadap segala aspek kehidupannya, dan teknik ini adalah teknik yang paling tepat untuk diterapkan.
 
b.   Teknik komunikatif
Teknik komunikatif dalam memperlancar pekerjaan mencapai tujuan adalah dengan melakukan hubungan yang sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu komunikasi, yaitu apa yang diinginkan oleh Atasan sebagai pemberi pesan sama dengan apa yang diterima oleh bawahan dan masyarakat. Itulah sebabnya disebut dengan komunikasi karena secara istilah yaitu “commune”  yang  berarti “sama”, kalau tidak demikian akan terjadi berbagai kesalahan antara lain sebagai berikut:
1.      Kesalahan persepsi (misperception)
2.      Kesalahan penafsiran (misinterpretation)
3.      Kesalahpahaman dalam mengartikan (misunderstanding)
4.      Kesalahan dalam menyamakan komunikasi (miscommunication)
 
Pemimpin yang menerapkan teknik ini harus selalu memberi kesempatan kepada bawahannya untuk bertanya, memberi masukan, berdialog dalam suatu komunikasi yang dua arah (two way traffic), meskipun memakan waktu yang cukup lama.
 
Akan tetapi pemimpin tersebut pernah / telah mengkomunikasikan wacana sebelumnya, ketika ingin melakukan suatu tindakan atau perintah diperlukan perintah tegas, tanpa adanya tanya jawab dan bantahan dalam komunikasi satu arah (one way traffic). Hanya saja banyak perintah yang diberikan dengan tegas atau terburu-buru akan membingungkan bawahannya. Jadi pemimpin harus memiliki media komunikasi yang baik dan benar seperti antara lain; Selalu menggunakan bahasa yang baik dan benar; menuliskan pesan yang jelas (mudah dimengerti); menggunakan alat komunikasi yang tepat guna; dll. Bila perlu pemimpin tersebut dapat mempergunakan bahasa setempat untuk menciptakan suasana akrab atau memudahkan pemahaman bagi bawahan yang kesulitan memahami instruksi yang diberikan.
 
c.    Teknik fasilitas

Teknik ini dilakukan dengan memberikan sejumlah fasilitas kepada bawahan untuk memperlancar pekerjaannya yang akhirnya bawahan akan terikat oleh pemberian tersebut, hal ini disebut dengan kekuatan pemberian (reward power). Misalnya sebagai berikut :

  1. Pemberian uang misalnya kenaikan gaji, honorer, lembur dan berbagai tunjangan sebelum melakukan pekerjaan akan membuat bawahan bekerja lebih serius.
  2. Memberi fasilitas transportasi seperti mobil / motor dinas
  3. Mengadakan fasilitas rumah dinas
  4. Membelikan peralatan tertentu yang berfungsi untuk membantu bawahan untuk menyelesaikan pekerjaannya
  5. Memberikan promosi jabatan
  6. Dan lain-lain.

 
d.   Teknik motivasi

Teknik motivasi  ini dilakukan dengan berbagai cara seperti; memenuhi kebutuhan fisik bawahan atau masyarakat, seperti kebutuhan sandang, pangan dan papan; memberi rasa aman kepada bawahan atas gangguan dari pihak luar; memberikan rasa nyaman dalam bergaul kepada bawahan; memberikan penghormatan yang tepat pada bawahan dan masyarakat seperti diakuinya hak minoritas dan didengarnya pendapat mereka; menjanjikan dan akhirnya memberikan penghargaan kepada bawahan yang berprestasi; memberikan sugesti lansung kepada bawahan untuk terus bekerja optimal dengan cara memberikan kesadaran kepada bawahan bahwa pekerjaan yang dilakukannya adalah untuk kepentingan bersama.
 
e.    Teknik keteladanan
 
Teknik keteladanan merupakan strategi pemimpin  dengan memberikan contoh yang baik kepada bawahannya dalam berbagai aspek. Banyak hal yang menjadi sebab bahwa pemimpin tersebut memiliki keteladanan yang patut dicontoh, yang akhirnya menumbuhkan rasa malu pada bawahannya jika tidak mampu mencontoh pimpinannya. Contohnya seperti ; pemimpin tidak pernah datang terlambat, bahkan datang ke tempat kerja lebih cepat dari pada bawahannya; selalu berpakaian yang rapi; tutur kata yang santun dan ramah; selalu mencapai bahkan melampaui target yang telah direncanakan; dan masih banyak lagi contoh yang berhubungan dengan keteladanan pemimpin tersebut.

Berdasarkan teori dan konsep kepemimpinan di atas penguasaan teknik-teknik kepemimpinan tersebut akan mendorong setiap pemimpin dan anggota kelompok untuk melaksanakan tugas dan kewajiban serta tanggung jawab yang tinggi, Sehingga pemimpin dapat mengetahui kualitas apa yang akan merangsang mereka untuk bekerja sebaik mungkin dan mampu membangkitkan semangat kerja yang tinggi, sehingga tercapainya kualitas kerja, khususnya dalam mencapai visi dan misi organisasi atau instansi tempat mereka bekerja.
 
Bawahan sendiri memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga seorang pemimpin harus dapat memilah teknik yang tepat untuk diterapkan kepada bawahannya tersebut. Untuk itu pemimpin harus smart (cerdas) di dalam mengarahkan bawahan agar semangat kerja bawahan dapat terjaga dengan baik. (Adr)


Artikel Terkait

27 Komentar :

Obat Kelenjar Tiroid Tradisional [15 Juli 2014 - 09:22:57 WIB]
"berita nya sangat menarik gan,, terimakasih banyak sudah bersedia berbagi berita
"
Obat Tradisional Maag Kronis [30 Agustus 2014 - 07:44:43 WIB]
"Terimakasih atas informasi yang telah disajikan, kami tunggu informasi selanjutnya tentunya yang lebih menarik
"
Herbal Maag Akut [04 September 2014 - 09:01:26 WIB]
"Informasi yang sangat menarik untuk di baca
"
Obat Tradisional Demam Berdarah [09 September 2014 - 11:32:14 WIB]
"Terimakasih atas informasinya
"
Obat Tradisional Demam Berdarah [09 September 2014 - 15:52:32 WIB]
"Informasi yang sangat bermanfaat sekali
"
Obat Tradisional Hepatitis A [10 September 2014 - 07:57:40 WIB]
"Informasi yang sangat bermanfaat sekali
"
Tradisional Perut Kembung  [13 September 2014 - 07:24:20 WIB]
"Selamat pagi kawan, semangat untuk hari ini !!!
Informasi yang sangat menarik.
"
Obat Tradisional Penyakit Tipes  [15 September 2014 - 07:18:48 WIB]
"Terimakasih infonya, kami tunggu info selanjutnya.
"
Obat Tradisional Penyakit Hepatitis C [18 September 2014 - 14:18:24 WIB]
"Terimakasih atas informasinya, semoga bermanfaat untuk semua :-)
"
Gula Aren  [19 Januari 2016 - 11:20:45 WIB]
"nice info
"
Obat Tradisional Penyakit Parkinson Mujarab [22 September 2014 - 07:28:07 WIB]
"Terimakasih atas informasinya, di tunggu informasi selanjutnya
"
Obat Tradisional Penyakit Parkinson Mujarab [22 September 2014 - 10:36:22 WIB]
"Terimakasih atas informasinya, di tunggu informasi selanjutnya
"
Obat Tradisional Radang Usus  [24 September 2014 - 07:10:14 WIB]
"Informasi yang sangat sangat menarik untuk di simak, Thanks nya :-)
"
Obat Tradisional Pengapuran Tulang [25 September 2014 - 10:12:34 WIB]
"Jangan patah semangat dalam menghadapi masalah, semua pasti ada jalan keluarnya :-)
Semagat kawan !!!
"
Pengobatan Tradisional Step/Kejang  [25 September 2014 - 15:59:21 WIB]
"Informasinya bermanfaat sekali, Thanks Ya.
"
Gula Aren  [15 Januari 2016 - 13:42:42 WIB]
"terima kasih atas informasinya, kami tunggu informasi yang selanjutnya.
"
GrosirBlangkoUndangan [10 Desember 2015 - 16:22:04 WIB]
"infonya menarik
"
Pengobatan Herbal Sinusitis [10 November 2014 - 10:00:38 WIB]
"Semuanya mudah bagi yang memampukan diri. Tapi, semuanya sulit bagi yang suka mengeluh. Belajarlah untuk diam.
"
Pengobatan Alami Penyakit Darah Tinggi [11 November 2014 - 11:02:46 WIB]
"Mengharap terkadang seperti menggenggam mata pisau. Semakin kencang digenggam, semakin menyayat.
"
Cara Mengobati Jantung Berdebar [11 November 2014 - 15:16:23 WIB]
"Senyum mampu menyelesaikan banyak masalah, dan diam mampu membuat kita terhindar dari banyak masalah.
"
Pusat Ace Maxs [25 Desember 2014 - 07:25:16 WIB]
"Selamat pagi. . selamat menjalankan aktivitasnya kembali ya. Tetap semangat dan semoga makin sukses. Amiin
"
Manfaat Gold G [19 Februari 2015 - 08:56:32 WIB]
"Informasinya sangat menarik untuk dibaca terimakasih dan sukses terus.
"
Cara Mengatasi Kanker Paru Paru [20 April 2015 - 13:59:58 WIB]
"Informasinya sangat menarik untuk dibaca terimakasih dan sukses terus
"
Cara Manyembuhkan Asam Lambung [20 April 2015 - 14:54:10 WIB]
"Informasinya sangat menarik untuk dibaca terimakasih dan sukses terus
"
Cara Menyembuhkan Alergi [25 April 2015 - 14:37:36 WIB]
"Informasinya sangat menarik untuk dibaca terimakasih dan sukses terus
"
Cara Mengatasi Darah Tinggi [05 Mei 2015 - 12:56:47 WIB]
"Informasinya sangat menarik untuk dibaca terimakasih dan sukses terus.
"
Sona [23 Maret 2017 - 15:54:49 WIB]
"terimakasih infomasinya sangat bermanfaat
"

Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)