Banner_BKP2D_2017.jpg Banner_Dirgahayu_RI_Ke-74.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Tips Rambut Sehat dan Kuat dibalik Hijab
Rabu, 26 Maret 2014-15:13:08WIB
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 1467 kali

Berhijab saat ini tidak hanya menjadi salah satu kewajiban umat muslim perempuan tetapi telah menjadi sebuah tren dalam berbusana. Perkembangan tren berjilbab saat ini memadukan berbagai jenis kerudung dan beragam kreasi cara memakai jilbab sehingga umat muslim perempuan dapat tampil cantik namun tetap sopan namun tetap menutup aurat.

Beberapa wanita  yang berhijab, cenderung mengabaikan kesehatan rambutnya. Hampir semua berpikir, ”Buat apa repot mengurus rambut saya? Tidak ada yang akan melihatnya juga.” Ditambah dengan cuaca yang panas, dapat akibatkan kulit kepala gatal, rambut bercabang, dan rambut kering bahkan sampai rontok.

Namun tahukah Sobat bahwa rambut di balik hijab membutuhkan perawatan khusus agar tidak rontok? Yuk, kita simak tips sehat agar rambut tetap indah dengan berhijab.



Kesehatan Rambut di Balik Hijab

Agar dapat terus tumbuh dengan sehat, sehelai rambut membutuhkan kelembaban yang tepat. Rambut membutuhkan tingkat kelembaban yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kulit, yakni 15-17% dibandingkan dengan 10%. Apabila tingkat kelembaban ini tidak terpenuhi, rambut akan menjadi kering dan rapuh sehingga mudah rontok.

Pengguna Hijab menutup seluruh rambut di kepala sehingga mengurangi sirkulasi udara untuk rambut, menyebabkan rambut cepat kering dan rusak. Pemilihan bahan untuk kerudung yang terlalu tebal, serta teknik memakai kerudung yang semakin rumit dan berbelit-belit sehingga rambut seakan tercekik karena kurangnya sirkulasi udara.

Maka dapat kita simpulkan bersama bahwa rambut di balik hijab membutuhkan perawatan khusus agar dapat tetap tumbuh dengan sehat. Perawatan yang dibutuhkan tidaklah rumit ataupun membutuhkan biaya yang mahal.

10 Tips Jitu agar Rambut Sehat dan Kuat dibalik Hijab

  • Bersihkan rambut dengan berkeramas saat mandi, minimal berkeramas tiap 2-3 hari sekali. Fokus bersihkan bagian kulit kepala. Pijat bagian kulit kepala dengan shampoo dan saat mencuci rambut, tahan keinginan Sobat untuk menggosok-gosok rambut, biarkan air mengalir yang membersihkan rambut Sobat.
  • Gunakan conditioner tiap habis berkeramas. Conditioner digunakan pada bagian ujung rambut, tidak perlu diberikan pada kulit kepala.
  • Keringkan rambut dengan cara menutupnya dengan handuk. Lagi-lagi tahan gejolak Sobat untuk menggosok rambut, biarkan handuk dan udara yang mengeringkan rambut secara alami. Hindari juga menggunakan jilbab saat rambut masih basah setelah mandi. Rambut yang terlalu lembab juga akan menjadi rapuh.
  • Kurangi penggunaan Hair dryer, dan Curling iron. Apabila terpaksa, gunakan dalam tingkat panas yang paling rendah
  • Hindari ikatan rambut yang terlalu tegang karena dapat mengakibatkan rambut cepat rontok. Ikat rambut dengan menggunakan karet rambut khusus dan tidak perlu terlalu tegang. Gunakan jepit rambut karena tidak terlalu kuat menarik rambut.
  • Lupakan mitos, “Sisirlah rambut 100 kali per hari.” Sikat atau sisir rambut hanya saat ingin menghiasnya. Gunakan sisir dengan mata sisir yang lebar dan hindari gaya menyisir yang terlalu menarik rambut. Rambut adalah mahkota, perlakukanlah rambut Sobat dengan lembut.
  • Pilih jilbab dengan bahan yang tidak panas dan nyaman digunakan. Bahan katun shiffon atau kaus dapat menjadi pilihan karena bahan tersebut memiliki pori-pori yang dapat melancarkan sirkulasi udara bagi rambut. Hindari menggunakan jilbab warna hitam atau gelap, khususnya di siang hari karena warna tersebut sangat mudah menyerap sinar matahari.
  • Kenakan model jilbab yang praktis. Hindari pemakaian model jilbab yang terlalu bertumpuk. Biarkanlah rambut bernapas.
  • Minum air dalam jumlah yang cukup untuk menjaga kelembaban kulit dan rambut.  Minum air sesuai jumlah kebutuhan harian Sobat, kira-kira 6-8 gelas tiap harinya, dan yang paling terakhir adalah 
  • Konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang tepat untuk kesehatan rambut. Sel – sel yang membentuk setiap helai rambut memerlukan pasokan nutrisi secara teratur. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral secara seimbang untuk tetap memiliki rambut yang berkilau dan kuat.
Apa saja gizi yang harus dipenuhi untuk membuat rambut tetap sehat dan terlihat indah ? Berikut Penjelasannya :

- Protein

seperti rambut terbuat dari protein, pastikan Anda memiliki cukup asupan protein untuk rambut yang kuat dan sehat. Kekurangan protein akan membuat rambut cenderung kering, rapuh dan lemah. Diet protein yang sangat rendah dapat menyebabkan rambut rontok. Pilih ayam, ikan, produk susu dan telur sebagai sumber protein yang sangat baik, serta sumber lain seperti kacang-kacangan.

- Zat Besi

Zat besi merupakan mineral yang sangat penting untuk rambut Anda, dan kekurangan zat besi (anemia) merupakan penyebab utama rambut rontok karena folikel rambut dan akar diberi makan oleh suplai darah yang kaya nutrisi. Saat kadar besi (serum ferritin) berada di bawah titik tertentu, Anda mengalami anemia. Hal ini akan mengganggu pasokan nutrisi ke folikel yang mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Produk hewani seperti daging merah, ayam, dan ikan memberikan zat besi dengan bioavailabilitas yang tinggi.
Sementara untuk vegetarian dapat mengonsumsi kacang-kacangan, brokoli, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

- Vitamin C

Vitamin C membantu penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga makanan yang tinggi akan  vitamin C, baik untuk dikonsumsi. Vitamin C juga merupakan antioksidan sehingga mudah  digunakan oleh tubuh. Sumber terbaik vitamin C adalah blackcurrant, lemon, blueberry, brokoli, jambu biji, kiwi, jeruk, papaya, stoberi, dan ubi jalar. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen  yang memperkuat kapiler yang memasok poros rambut.

- Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah lemak yang penting bagi tubuh kita yang tidak dapat dibentuk  sendiri oleh tubuh, karena itulah harus diperoleh dari asupan yang kita makan. Omega-3  ditemukan dalam sel-sel yang melapisi kulit kepala dan juga menyediakan minyak untuk mejaga  kulit kepala dan rambut terhidrasi.

- Vitamin A

Vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sebum. Sebum adalah zat berminyak  yang diciptakan oleh kelenjar rambut subaceous dan memberikan kondisioner alami untuk kulit kepala yang sehat. Tanpa sebum, kita mungkin mengalami kulit kepala gatal dan rambut kering.
Produk hewani dan sayuran berwarna kuning/oranye mengandung betakaroten (pembentuk vitamin A) yang tinggi, seperti wortel, labu, dan ubi jalar.

- Seng dan Selenium

Perlindungan kulit kepala melibatkan mineral penting lainnya, terutama seng dan selenium. Kekurangan seng dapat menyebabkan rambut rontok dan kering serta pengelupasan kulit kepala. Sereal dan biji-bijian merupakan sumber zat seng yang baik bersama dengan tiram, daging sapi, dan telur.

- Vitamin E

Sinar matahari dapat merusak rambut kita sama halnya seperti dapat merusak kulit, jadi pastikan  untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E untuk memberikan perlindungan kepada rambut Anda. Kacang-kacangan adalah sumber dari segala gizi, menyediakan seng, selenium, dan vitamin E. jadi cobalah memasukkannya sebagai menu diet sehat Anda.

- Biotin

Biotin adalah vitamin B yang larut dalam air. Terlalu sedikit kandungan biotin dalam tubuh dapat menyebabkan rambut rapuh dan rontok. Makanan yang kaya akan biotin adalah biji-bijian,  hati dan kuning telur.

- Perawatan alami

Minyak Zaitun (Olive Oil) Minyak Zaitun memiliki banyak nutrisi yang dapat yang dapat membantu untuk membuat rambut menjadi lebih subur sekaligus mencegah kerontokan rambut. Minyak Zaitun antara lain mengandung banyak vitamin E yang membantu untuk menstimulasi sirkulasi darah dikulit kepala, yang membawa berbagai nutrisi yang diperlukan oleh folikel. Selain itu, mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin akan membantu anda untuk mendapatkan tambahan vitamin D. Vitamin D berperan sebagai hormon steroid yang bekerja untuk mencegah kerontokan rambut yang diakibatkan masalah hormonal.

Untuk penyubur rambut, minyak zaitun bisa membantu menyuburkan rambut supaya rambut lebih hitam dan lebat. Caranya cukup dicampurkan dengan shampoo yang anda pakai kemudian dibilas sampai bersih.

Sebagaimana Firman Allah SWT : ‘’Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam – tanaman; zaitun dan segala macam buah – buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.’’ (An-Nahl:11)

Nah, Tips-tips barusan tidak rumit, bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, rambut pasti akan tetap sehat dan indah walau di balik hijab. (Dyn)


Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)