Banner_BKP2D_2017.jpg Selamat_Hari_Raya1440h.jpg




Sekilas Info

 
BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH
KABUPATEN PELALAWAN MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H / 2019 M
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN,
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN 
 

Kalender

Tips dan Trik Meningkatkan Kinerja Komputer / Laptop
Senin, 07 Oktober 2013-14:23:34WIB
Kategori: Teknologi - Dibaca: 1902 kali

 

Komputer

 

Komputer atau Laptop merupakan suatu media kerja yang sudah menjadi kebutuhan utama saat ini. Perangkat tersebut sudah bukan termasuk kategori barang mewah lagi. Bahkan rata-rata kepemilikan komputer atau laptop terbilang cukup merata di dalam masyarakat. Hanya saja beberapa tipe komputer/laptop tertentu harganya cukup mahal. Hal ini biasanya disebabkan brand (merek) yang sudah cukup terkenal, material produk yang lebih mewah/eksklusif, atau pun dikarenakan di dalam komputer tersebut terdapat banyak software (program) tambahan yang cukup mahal harganya.

Dalam mempergunakan perangkat komputer ataupun laptop pada umumnya di awal pemakaian akan berjalan cukup baik. Program akan berjalan dengan lancar dan ringan. Jika dalam penggunaan awal komputer atau laptop yang anda miliki tersebut agak lamban, bisa saja karena spesifikasi dan kemampuan komputer tersebut memang rendah, atau karena beberapa hal tidak terduga, misalnya produknya mengalami kesalahan setelan awal; produk yang kita miliki adalah produk gagal (karena tidak semua produk itu sempurna); kerusakan yang tidak terduga(misal : konslet, jatuh, tersiram air, tersambar petir, dll).

Seiring perjalanan waktu komputer pasti kinerjanya akan menurun, meskipun kita mempergunakan sewajarnya dan tidak “memaksa” komputer bekerja nonstop sekalipun. Produk terkenal maupun diklaim tercanggih seperti apa pun tidak selamanya bekerja dengan baik. Ketika perangkat sudah tidak bekerja secara maksimal, pekerjaan anda pasti akan terganggu. Untuk itu berikut beberapa langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kinerja komputer yang anda :

1.   Hapus atau uninstall program yang tak diperlukan
suatu program akan mempergunakan resource, baik di harddisk maupun RAM. Dengan melakukan uninstall program atau aplikasi yang tidak diperlukan sangatlah penting, karena program-program lebih besar memakan space di hard disk Anda. Bahkan, beberapa program akan selalu aktif dan selalu melakukan update secara otomatis ketika komputer Anda terhubung dengan internet. Hal ini akan memperlambat kecepatan komputer terutama ketika sedang melakukan browsing.

Untuk melakukan uninstall, dapat dilakukan dengan membuka menu, lalu klik control panel, lalu klik Program and Features. Maka akan tampil semua program yang telah terinstal di komputer/laptop anda. Cari program yang anda anggap tidak perlu (contoh : game yang tidak anda sukai), lalu anda klik kanan, maka akan muncul tulisan Uninstall. Lalu anda klik perintah tersebut, lalu ikuti perintah yang diarahkan oleh komputer anda.

Hati-hati, jangan sembarangan uninstal program, sebaiknya hanya yang benar-benar anda ketahui saja. Karena apabila salah uninstal, berakibat gangguan pada program yang lain, bahkan ke komputer itu sendiri.

2.   Jangan mempergunakan  widget desktop yang tidak perlu 

Widget desktop membuat penampilan komputer anda menjadi menarik, dan juga memudahkan anda yang ingin cepat membuka feature tertentu tanpa harus mencarinya di menu. Tapi dengan adanya widget juga mempengaruhi RAM didalam menjalankan komputer anda. Dengan mengurangi bahkan menghilangkannya sama sekali dapat membantu peningkatan kecepatan proses komputer itu sendiri.

3.   Kurangi shortcut di layar utama anda

Shortcut apabila terlalu banyak di layar juga mempengaruhi proses loading komputer anda. Anda dapat menghapus shortcut tersebut dengan cara klik kanan tampilan shortcut tersebut, lalu klik delete, lalu yes. Hanya menu Recycle Bin  yang tidak dapat dihapus dengan cara tersebut. Recycle Bin bisa saja dihilangkan dari desktop anda dengan cara tertentu, tapi hal ini tidak penulis sarankan, karena dikhawatirkan akan menyulitkan anda sendiri.

4.   Gunakan Anti Virus yang handal

Virus dapat mempengaruhi kinerja komputer/laptop, bahkan merusak file maupun program yang dipergunakan. Untuk itu pastikan anda mempergunakan antivirus yang cukup handal, dan pstikan juga antivirus anda tersebut selalu update. Anti virus free (gratis) bukan berarti tidak baik, banyak antivirus free yang cukup mumpuni didalam penggunaan sehari-hari. Anda dapat browsing di google antivirus free apa yang cukup mudah digunakan dan tangguh menghadapi virus komputer.

 

5.   Lakukan Disk Cleanup

Disk Cleanup ini akan membersihkan file-file temporary (sementara)  yang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapat menghemat ruang hardisk komputer. Caranya adalah : pada My Computer  pilih C: (sesuai dengan hardisk yang kita ingin bersihkan), Klik Kanan lalu pilih Properties, klik Disk Cleanup, kemudian berikan checklist pada Temporary Internet Files and Recycle Bin, lalu klikOK, lalu pada menu berikutnya klik delete files.

 

6.   Defragment Hard Disk Anda
Dalam penggunaan Komputer, kita pasti melakukan penambahan file, penghapusan file, menjalankan program, dll. Pada prakteknya akan semakin besar kemungkinan bahwa Windows menempatkan bagian-bagian file yang sama di lokasi yang berbeda pada hard disk. I

Dengan menjalankan disk defragment dapat membantu menata kembali ruang yang terpisah-pisah ini. Caranya : pada start menu pilih all programs, lalu pilih accessories, klik system tools, lalu pilih Disk Defragmenter. Pilih Hard disk yang ingin anda defragment, lalu klik defragment disk. Tunggu hingga benar-benar selesai.

Apabila anda belum pernah melakukan defragment, proses ini biasanya akan berjalan cukup lama, maka ketika anda melakukan defragment sebaiknya pada waktu yang sudah anda pastikan tidak mengganggu pekerjaan anda.

Apabila anda telah melakukan defragment secara berkala (misalnya sekali seminggu atau dua kali seminggu) proses ini tidak akan terlalu lama lagi.

7.   Bersihkan semua file di Recycle Bin
Recycle Bin merupakan tempat penyimpanan sementara sebelum sebuah file benar-benar dihapus. Ketika melakukan proses hapus (delete) manual hanya mengirimkan file tersebut pada folder ini, dengan tujuan apabila hal tersebut dilakukan tanpa sengaja, file yang terhapus tersebut dapat dipanggil kembali. Jadi dengan mengirim file ke folder ini tidak akan mengurangi space pada hard disk anda sebelum anda menghapusnya kembali dengan cara klik kanan pada icon Recycle Bin, lalu pilih Empty Recycle Bin, lalu pilih Yes. Atau dengan Cara lain, yaitu buka folder Recycle Bin, lalu hapus satu persatu file yang anda pastikan tidak diperlukan lagi.

Ada cara lain agar tidak banyak file yang menumpuk pada folder Recycle Bin, yaitu apabila anda ingin menghapus suatu file, tekan tombol Shift lalu tekan tombol delete (jangan lepas tombol Shift nya sambil menekan tombol deletenya), lalu Yes. File akan terhapus permanen tanpa harus singgah di Recycle Bin. Pastikan anda melakukan tindakan ini kepada file yang anda anggap benar-benar tidak diperlukan lagi.

Tetapi apabila anda telah melakukan disk cleanup seperti di atas, biasanya file di Recycle Bin ini sudah kosong

8.   Tambah kapasitas  Random Acces Memory (RAM)
Menambah memori RAM adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk mempercepat proses pada komputer / laptop anda, pemasangannya pun cukup mudah. Bagi yang khawatir dalam menggantinya, anda dapat meminta bantuan dati teknisi di tempat anda membeli memory tersebut, biasanya tidak akan dikenakan biaya tambahan. Harga memory bervariasi, tergantung dari tipe/model dan kapasitas memory RAM yang anda beli. Modul memori pasokan random access memory (RAM) untuk program dukungan. Dengan memori lebih, komputer dapat menghabiskan jumlah alloting sedikit waktu sederhana memori untuk semua program itu berjalan


          Demikian sejumlah langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kinerja komputer atau laptop anda. Masih ada beberapa langkah lain yang dapat ditempuh, akan tetapi cukup beresiko apabila salah di dalam pelaksanaannya. Bukannya semakin baik, tapi semakin lamban, bahkan membuat komputer atau laptop anda error. Mudah-mudahan cara di atas berguna bagi pembaca dan membuat komputer atau laptop anda fresh kembali. (Adr)

Artikel Terkait

0 Komentar :


Tulis Komentar :
Nama
Email
Komentar
(Masukkan 6 kode diatas)